4 Cara Menghapus Akun Akulaku Secara Permanen

Dengan cara menghapus akun Akulaku, Anda bisa terhindar dari resiko terjerat hutang online oleh aplikasi pinjol ini. Meskipun banyak orang bilang Akulaku adalah aplikasi yang bisa membantu keuangan di saat mendesak, tetapi di sisi lain Anda juga bisa terkena jeratan tagihan bila tidak hati-hati dalam menggunakannya.

 

Sebagai aplikasi pinjol sendiri, Akulaku bisa dibilang sangat terkenal dan menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Bahkan perusahaan ini sudah mengembangkan sayap ke beberapa negara Asean seperti Filipina.



 

Tapi Walaupun sudah terkenal, masih banyak saja yang menganggap Akulaku penipuan atau scammer. Sebab banyak kasus dimana nasabahnya mendadak diberikan tagihan hingga puluhan juta karena denda dan bunga yang tidak masuk akal.

 

“Selalu Baca dan Pahami Dulu Syarat dan Ketentuan Aplikasi Akulaku Sebelum Registrasi dan Melakukan Pinjaman Online”

 

Kenapa Harus Hapus Akun Akulaku?

Seperti yang dikatakan tadi, aplikasi ini bisa menjadi penolong sekaligus penjebak kondisi finansial Anda. Karena jika dilihat dari iklan-iklan yang tersebar di media sosial maupun di papan reklame, kebanyakan yang disebutkan hanyalah dana instant, cicilan ringan, tanpa kartu kredit, tanpa jaminan, dan lain-lain.

 

Namun dibalik itu, sebagai KTA (Kredit Tanpa Agunan) Akulaku menetapkan bunga yang sebagian orang menganggap jumlahnya diluar akal sehat. Walaupun hanya sekitar 0,8%, tetapi bunga ini dihitung per hari dan bersifat compounding interest.

 

Artinya hampir 20% dari tagihan yang Anda terima di akhir bulan adalah hanya dari bunga saja. Contohnya jika Anda mengajukan KTA Asetku sebesar 1 juta rupiah, akan ada biaya tambahan sebesar 200 ribu untuk bunga.

 

Nominal tersebut tentunya tidak bisa dianggap enteng jika pinjaman dilakukan terus menerus. Apalagi jika Anda mengajukan pinjaman hanya sekedar untuk berfoya-foya atau membeli barang yang diinginkan meskipun tidak terlalu penting untuk kehidupan sehari-hari.

 

Dan satu hal lagi yang perlu Anda ingat, kartu kredit merupakan benda yang paling berbahaya di dunia ini. Sebab Anda akan mengeluarkan uang tanpa merasa mengeluarkan uang. Bagaimana artinya?

 

Jika Anda belanja dengan uang cash atau debit, akan ada rasa dimana uang Anda berkurang atau saldo limit di ATM mulai berkurang. Sehingga Anda menahan diri untuk membeli barang lain karena sadar harus berhemat untuk kebutuhan yang lain.

 

Sedangkan dengan mengajukan kredit, apalagi online, hal tersebut tidak akan Anda sadari. Alhasil, Anda akan terus belanja semua yang diinginkan tanpa merasa mengeluarkan uang. Dan di akhir bulan, ketika tagihan dari semua barang yang dibeli sudah muncul, barulah Anda merasa tersiksa karena harus membayar semua kreditnya.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menghapus Akun Akulaku

Sebelum mengetahui cara menghapus akun Akulaku, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami dulu. Di antaranya adalah:

  • Menghapus akun Akulaku tidak akan mengembalikan atau menghapus data yang sudah Anda kirim
  • Semua tagihan dan kredit yang sudah diajukan tetap harus dibayar meskipun akun sudah dihapus
  • Jika ada keterlambatan, Akulaku akan tetap menetapkan denda ke tagihan Anda

Artinya dengan hapus akun Akulaku, bukan berarti semua tagihan dan kredit Anda menjadi lunas. Oleh karena itu, kami sarankan Anda lunasi dulu semua tagihan yang masih ada di dalam akun sebelum menghapusnya.

 

Sebab jika Anda sudah terlanjut hapus akun sebelum tagihan lunas, nantinya akan sulit ketika ingin cek berapa sisa tagihan yang masih harus dibayar.

 

Cara Menghapus Akun Akulaku Secara Permanen

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus akun Akulaku permanen. Yaitu melalui aplikasi, email, CS atau datang langsung ke kantor pusatnya. Untuk penjelasan tiap caranya, silahkan Anda pahami di bawah ini.

 

Melalui Aplikasi

Cara menghapus akun Akulaku yang pertama ini mungkin tidak akan langsung menghilangkannya secara permanen. Sebab dalam aplikasi Akulaku sendiri tidak ada opsi untuk menghapus akun. Tetapi Anda tetap bisa menonaktifkan akun dengan cara berikut ini.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"
  • Pertama-tama pastikan semua tagihan Akulaku sudah lunas
  • Lalu masuk ke halaman Profile dan pilih Log Out
  • Sekarang masuk ke pengaturan HP dan pilih menu Aplikasi
  • Cari dan klik aplikasi Akulaku
  • Tekan tulisan Storage atau Penyimpanan lalu klik Clear Data
  • Sekarang Uninstall aplikasi Akulaku

Berdasarkan aturan aplikasi, akun yang sudah tidak aktif selama beberapa tahun tidak akan bisa diakses lagi alias akan dihapus permanen.

 

Melalui Email

Cara menghapus akun Akulaku yang berikutnya adalah dengan menghubungi admin Akulaku melalui email. Untuk Anda yang belum tahu, Akulaku menyediakan layanan aduan melalui email resmi mereka.

Jika Anda ingin mengajukan penghapusan akun melalui email, silahkan langsung kirim pesan ke cs.id@akulaku.com dengan isi permintaan menghapus akun permanen.

Umumnya email akan dibalas selama jam kerja yaitu senin sampai jum’at dari jam 9 pagi hingga 3 sore.

Namun karena akan ada banyak pengguna lain yang mengirim email dengan kepentingan yang berbeda-beda, pesan yang Anda kirim mungkin akan dibalas lebih lama. Paling lambat, Anda akan mendapatkan balasan sekitar 1 minggu setelah email dikirim.

 

Cara Menghapus Akun Akulaku dari Customer Service

Cara hapus akun Akulaku yang berikutnya dan paling cepat adalah dengan menghubungi langsung customer service Akulaku untuk menyampaikan permintaan penghapusan akun.

Nomor customer service Akulaku yang bisa Anda hubungi adalah 1500-920. Sama seperti admin pada email, layanan pesan melalui telpon ini juga hanya aktif pada hari senin sampai jum’at dari jam 9 pagi hingga 15 sore.

Anda mungkin akan ditanya mengenai alasan ingin hapus akun Akulaku. Cukup jawab alasan tersebut dengan jujur, lalu tunggu prosesnya hingga selesai.

 

Melalui Kantor Langsung

Cara menghapus akun Akulaku yang terakhir ada dengan datang langsung ke kantor cabang terdekat. Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta, kantor Akulaku terletak di Sahid Sudirman Center lantai 11, Jalan Jend. Sudirman No.86, RT10/RW11, Karet Tengsin, Tanah Abang, Kota Jakarta Selatan.

Anda bisa mengunjungi gedung ini melalui ojek online, kendaraan umum maupun dengan kendaraan pribadi.

Selain itu, Kantor Akulaku hanya buka di hari kerja saja dari jam 9 pagi hingga 5 sore dan tutup di jam istirahat.

 

Kapan Harus Menutup Akun Akulaku?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, pastikan dulu semua tagihan sudah dibayar sebelum menutup akun Akulaku. Selain itu, pastikan juga sudah tidak ada pembayaran terjadwal yang Anda atur.

 

Menutup akun Akulaku bisa dilakukan kapan saja. Tapi mungkin Anda harus mulai mempertimbangkan hal ini ketika sudah mulai kewalahan ketika membayar tagihan di akhir bulan, sering telat dan terkena denda, atau sering belanja-belanja barang yang tidak digunakan dan akhirnya hanya menjadi sampah.

 

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai cara menghapus akun Akulaku secara permanen. Di sini, kami tidak menyarankan Anda mengikuti atau mengajukan pinjaman online ke aplikasi pinjol manapun. Jadi semua yang terjadi setelah atau saat Anda mengajukan kredit online adalah di luar tanggung jawab kami.

Leave a Comment