5 Langkah Mudah Cara Menjinakan Lovebird Giras Dengan Terapi Lapar

Burung lovebird Anda belum juga gacor dan konslet padahal sudah dilatih berbulan – bulan? Mungkin itu karena lb masih giras dan takut dengan orang maupun lingkungan sekitar. Jadi terapkan dulu cara menjinakan lovebird giras sebelum mulai memaster dan melatih bunyinya.

 

Memang ada banyak jenis cara untuk menjinakan Lovebird liar atau bakalan yang masih giras. Mulai dari terapi air liur, terapi selotip sayap, terapi mandi, dan lain – lain. Tapi cara tersebut terbilang ekstrem yang bisa menyakiti burung lb Anda.

 

Oleh karena itu, kita akan menggunakan cara menjinakan lovebird liar yang paling aman, yaitu dengan terapi lapar. Tanpa harus menyiksa burung maupun Anda sebagai pemiliknya.

 

7 Langkah Menjinakan Lovebird Giras dengan Terapi Lapar

Terapi lapar ini bisa Anda terapkan di berbagai jenis burung, baik burung kicau seperti lovebird, murai, kacer, maupun burung peliharaan lainnya seperti burung hantu atau elang. Intinya adalah Anda harus berani dan sering – sering berinteraksi dengan burung.

 

Nah untuk lebih lengkapnya, ikuti 7 langkah mudah terapi lapar untuk menjinakan lovebird berikut ini.

1. Kosongkan Tempat Pakan di Sangkar dan Biarkan Burung Lapar

Tujuan utama dari metode terapi lapar lovebird ini adalah untuk memperbanyak interaksi burung dengan manusia. Tetapi karena lb yang giras akan mematuk tangan Anda ketika didekati, maka kita akan membuat kondisinya menjadi lapar dahulu.

Kosongkan tempat pakan di sangkar agar lovebird merasa lapar. Dalam kondisi ini, umumnya ia menjadi lebih tenang karena tidak punya banyak tenaga.

 

2. Beri Pakan Menggunakan Metode Hand Feeding

Karena dalam kondisi lapar lovebird lebih tidak aggressive, Anda bisa mulai interaksi dengan burung. Salah satu caranya adalah dengan melakukan hand feeding atau memberi pakan dari tangan melalui pintu sangkarnya.

Dalam kondisi lapar ini pula, burung akan memakan pakan dari manapun. Termasuk ketika diberi pakan langsung dari tangan.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

3. Terapkan Latihan Terapi Lapar di Dalam Ruangan

Karena nantinya pintu sangkar akan dibuka selama proses hand feeding, sebaiknya Anda melakukan terapi ini dalam ruangan yang tertutup. Karena menghindari lovebird kabur atau terbang ketika sedang diberi pakan dari tangan.

Meskipun nantinya, lovebird yang sudah terbiasa dengan hand feeding akan selalu menghampiri tangan Anda walaupun dalam ruangan terbuka atau di outdoor sekalipiun.

 

4. Lakukan Terapi Lapar Setiap Hari Setiap 1 – 4 Jam Sekali

Agar cara menjinakan lovebird giras ini bisa selesai dengan cepat, Anda perlu melakukan terapi lapar setiap hari selama 2 minggu hingga 1 bulan. Bila Anda sibuk, boleh isi tempat pakan di sangkar lovebird setengah dari porsi biasanya. Sehingga lb masih lapar dan bisa dilakukan hand feeding.

Tetapi pastikan Anda melakukan terapi lapar dan hand feeding ini setiap hari tanpa ada hari yang terlewat sekali pun. Sebab bila terlewat, jadwal terapinya akan menjadi kacau dan umumnya lovebird menjadi makin aggressive karena terlalu lapar.

 

5. Jangan Takut Dipatuk

Lovebird merupakan jenis burung yang bisa membaca karakteristik dan perasaan manusia. Jadi bila Anda takut dipatuk atau ragu – ragu dalam melakukan hand feeding, maka ia juga akan takut dan tidak mau makan dari tangan langsung.

Jadi, usahakan untuk tidak takut memberi makannya dari tangan. Bila patukan lovebird terlalu sakit, Anda boleh menggunakan sarung tangan berwarna cerah seperti kuning atau orange untuk melindungi tangan.

 

Kesimpulan

Itulah 5 langkah mudah cara menjinakan lovebird giras dengan terapi lapar. Bila Anda punya burung lovebird lain yang sudah jinak, proses terapi ini bisa menjadi lebih cepat bila menggunakan lb jinak sebagai pancingan.

Leave a Comment