9 Cara Merawat Cililin Bakalan Agar Cepat Gacor dan Jinak

Bila anda memiliki rencana membeli burung cicilin, pastikan dulu anda mengetahui cara merawat cililin. Sebab merawat burung kicau yang satu ini terbilang cukup rumit dan perlu ketelatenan tinggi. Bila salah, cililin bisa langsung macet bunyi karena stress.

Mengingat harga cililin yang lumayan mahal, pastinya anda ingin merawat burung ini dengan baik. Per ekor cililin bakalan saja bisa dijual dengan harga Rp.1.500.000,-

Cara merawat burung cililin bahan

Oleh karena itu, anda perlu mengerti dahulu cara merawat burung cililin bakalan agar gacor dengan benar sebelum membelinya. Nah, berikut ini kita punya beberapa cara merawat cililin bahan agar cepat gacor dan tidak macet bunyi.

Cara Merawat Cililin Bakalan

1. Biasakan Cililin Makan Voer

Makanan burung cililin di alam liar sebenarnya adalah biji – bijian dan serangga kecil. Tetapi, anda perlu melatih cililin makan voer untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Cara mengajari cililin makan voer adalah dengan memberi sedikit demi sedikit voer disamping memberikan serangga.

2. Jadikan Jangkrik dan kroto Sebagai Extra Fooder

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, jangkrik, kroto, ulat hongkong, dan serangga kecil lainnya merupakan makanan alami cililin. Tetapi dalam cara merawat cililin yang benar, anda boleh memberikan semua extra fooder agar cililin merasa nyaman dalam sangkar.

3. Perhatikan Durasi Penjemuran

Penjemuran sangat penting dalam melatih mental dan kicauan cililin. Tetapi, anda juga perlu memperhatikan durasi penjemuran dan kondisi sinar matahari.

Sebab bila terlalu lama, cililin bisa kepanasan karena sinar matahari secara langsung. Jadi, usahakan jangan jemur cililin lebih dari jam 10.

4. Rajin Bersihkan Sangkar Cililin

Cara merawat cililin yang berikutnya adalah dengan rutin membersihkan sangkar. Sebab sangkar yang kotor akan menjadi sarang virus dan penyakit untuk burung cililin dan menyebabkan ia macet bunyi.

Biasakan membersihkan sangkar cililin minimal seminggu 3 kali. Dan ganti pakan dan minumnya setiap hari agar tetap bersih dan sehat.

5. Mandikan Cililin

Kemudian anda juga perlu rutin memandikan cililin agar tubuhnya tidak diserang oleh kutu. Memandikan cililin bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan menyemprotkan air ketubuhnya secara perlahan, atau dengan menyediakan cepuk air agar burung mandi sendiri.

Yang penting, jangan sampai cililin tidak mandi dalam 1 minggu penuh.

6. Berikan Vitamin Tambahan

Memberi vitamin pada burung cililin bisa menjadi salah satu cara mengobati cililin sakit dan mencegah penyakit datang lagi. Seperti yang kita ketahui, salah satu penyebab ciliin macet bunyi adalah karena ia terserang penyakit.

Ada banyak jenis vitamin untuk cililin yang bisa anda beli. Salah satunya yang paling terpercaya adalah vitamin yang benar-benar racikan dokter hewan.

7. Berikan Cicak Kecil

Banyak orang tidak menyadari bahwa ada manfaat cicak untuk burung cililin. Yaitu untuk membuatnya semakin gacor dan mudah mengingat isian burung lain. Tetapi cililin hanya akan memakan ekor cicak saja, karena ekor cicak merupakan makanan yang disukai semua burung.

8. Berikan Buah – Buahan Tambahan

Ada beberapa jenis buah yang disukai cililin. Contohnya seperti pepaya, pisang, atau apel. Buah – buahan ini juga bisa mencegah cililin terkena penyakit dan terserang virus.

9. Tempatkan Sangkar Burung di Sisi Tembok

Cara merawat cililin yang terakhir adalah dengan menempatkannya di sisi tembok yang tidak terkena angin langsung. Sehingga di malam hari cililin tidak perlu di kerodong.

Itulah 9 cara merawat cililin agar cepat gacor dan tidak sering macet bunyi. Bila dirasa terlalu berat dan mahal membeli cililin, anda bisa mencari burung kicau murah yang suaranya bagus sebagai masteran.

Categories Cililin
 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
   

Leave a Comment