7 Cara Merawat Cililin Mabung Dengan Benar Agar Cepat Tuntas

Mabung merupakan salah satu kondisi yang paling umum dialami burung cililin, oleh karena itu anda perlu mengetahui cara merawat cililin mabung. Sebab bila tidak dirawat dengan benar, masa mabung bisa menjadi lama dan bisa macet bunyi pasca mabung.

Merawat cililin mabung

Oleh karena itu, agar tidak terjadi hal buruk yang tidak diinginkan, sebaiknya anda semua harus tahu bagaimana cara merawat cililin mabung berikut ini.

Cara Merawat Cililin Mabung

1. Berhenti Menjemur Cililin

Karena pada saat mabung semua bulu di tubuh burung cililin akan rontok, Cililin harus banyak istirahat dan tidak perlu dijemur terlebih dahulu.

2. Biarkan Cililin Mandi Semaunya

Cara merawat cililin mabung yang berikutnya adalah biarkan cililin mandi sesukanya selama ia masih dalam masa mabung.

Anda sediakan saja cepuk air kecil di dalam sangkarnya. Bila sewaktu-waktu ia merasa panas, cililin akan mandi sendiri dengan cepuk air secukupnya.

3. Bersihkan Sangkar 2 Hari Sekali

Dalam masa mabung, cililin akan lebih mudah terserang penyakit dari kotoran di sekitarnya. Oleh karena itu, usahakan untuk rutin membersihkan sangkar cililin minimal 2 hari sekali.

Bila anda sibuk, usahakan untuk mengganti saja cepuk air dan wadah kotoran burung yang di pasang di bawah sangkar. Sehingga kotoran dari tubuhnya tidak mengendap dalam sangkar terlalu lama. Sebab kedua hal itulah yang paling mudah membawa penyakit.

4. Perbanyak Pemberian EF

Ada beberapa oranh yang bilang bahwa burung mabung harus di stop pemberian EF, menurut saya hal itu merupakan kesalahan besar. Ketika mabung, burung sangat membutuhkan banyak nutrisi, jika asupan nutrisinya berkurang maka proses mabungnya akan terganggu dan menjadi kurang sempurna.

5. Perbanyak Vitamin

Agar daya tahan tubuh cililin tetap terjaga, anda juga perlu memberikan vitamin pada burung. Anda boleh menggunakan vitamin yang dicampur dengan EF maupun dengan air minum.

6. Full Krodong Setiap Hari

Saat mabung, burung sangat membutuhkan ketenangan di lingkungan sekitarnya. Tujuan pengerodongan ini adalah untuk membuat cililin menjadi tenang, dan merasa nyaman di dalam sangkar walaupun lingkungan sekitar yang berisik maupun ramai.

7. Tempatkan Sangkar Di Tempat Yang Sunyi

Cara merawat cililin mabung yang terakhir adalah dengan menempatkan sangkar burung di tempat yang sunyi. Hal ini dilakukan agar cililin bisa beristirahat dengan baik tanpa diganggu.

Demikianlah 7 cara merawat ciilin mabung agar cepat tuntas dan bisa gacor lagi. Lakukan semua langkah ini dengan benar agar bulu burung yang tumbuh akan menjadi semakin bagus dan kembali berkicau dengan gacor.

Categories Cililin
 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
 

Leave a Comment