17 Cara Merawat Kucing Anggora Kecil di Jakarta [Panduan Lengkap]

Karena perbedan suhu yang cukup besar antara Turki dan Jakarta, cara merawat kucing anggora kecil di Jakarta juga berbeda dengan di negara aslinya. Sebab, suhu merupakan faktor yang sangat penting pada perkembangan kucing, khususnya bila anggora masih sangat kecil.

 

Kebanyakan kucing anggora yang kirim langsung dari Turki biasanya berusia 2 sampai 3 bulan. Pada usia ini, sebenarnya kucing sudah bisa makan dan minum sendiri.



 

Tapi karena daya tahan tubuhnya yang belum sekuat anggora dewasa, maka perbedaan suhu, kondisi udara, serta lingkungan sekitar akan memengaruhi kesehatannya.

 

17 Cara Merawat Kucing Anggora 2 Bulan Tanpa Induk

Agar kucing bisa bertahan dan tetap sehat sampai dewasa, ada 17 langkah yang perlu kita semua lakukan untuk merawatnya, yaitu:

  1. Posisikan kandang di tempat yang tertutup dan tidak terlalu panas
  2. Sediakan kasur dengan permukaan lembut
  3. Jauhkan dulu dari kucing dewasa atau hewan lain
  4. Berikan susu secara teratur
  5. Buat kucing sendawa
  6. Lakukan grooming dengan jadwal
  7. Ajari menggunakan litter box
  8. Bantu kucing buang air
  9. Memberikan vaksin
  10. Periksakan ke dokter hewan dengan teratur
  11. Berikan makanan keras setelah cukup umur
  12. Jangan berikan ikan
  13. Ajak berinteraksi secara aktif
  14. Sisir rambutnya 3 hari sekali
  15. Mandikan ketika kucing sudah di atas 5 bulan
  16. Sikat giginya dua minggu sekali
  17. Potong kukunya setiap sudah panjang

Memang terlihat banyak, tapi jangan khawatir. Proses merawat kucing anggora kecil ini sangat menyenangkan.

 

Nah untuk lebih lengkapnya untuk setiap langkah di atas, mari kita bahas lebih detail lagi di bawah ini.

 

Posisikan Kandang di Tempat yang Tertutup dan Tidak Terlalu Panas

Posisi kandang kucing anggora harus di tempat di dalam ruangan yang tertutup, punya sirkulasi udara yang baik, dan tidak terlalu panas. Jika kucing masih kecil dan bulunya masih sedikit, kami sarankan jangan pakai AC dulu di kandangnya.

 

Sediakan Kasur dengan Permukaan Lembut

Ada banyak penjual kasur khusus untuk anak kucing anggora yang bisa Anda beli online. Tapi jika harganya terlalu mahal, gunakan saja bantal dengan sprei dan handuk kecil yang seratnya tidak rontok untuk selimut kucing.

 

Jauhkan Dulu dari Kucing Dewasa atau Hewan Lain

Selama bulan-bulan pertama, jauhkan dulu anak anggora dari hewan lain, termasuk sesama kucing. Biarkan dulu dia beradaptasi dengan lingkungan barunya.

 

Berikan Susu Secara Teratur

Karena belum bisa makan, berikan susu secara teratur menggunakan dot khusus kucing selama 2 atau 3 jam sekali. Kita juga perlu membiasakan kucing minum di mangkuk sendiri secara perlahan jika dia sudah bisa jalan dengan lancar.

Jangan lupa, pastikan berikan susu untuk anak kucing baru lahir tanpa induk yang bisa dibeli di toko online atau petshop terdekat.

 

Buat Kucing Sendawa

Anak kucing anggota harus dibuat sendawa dengan cara dipijat-pijat bagian perutnya ke atas. Bila diasuh sama induknya, ia akan menjilat-jilat perut anak kucing sampai ia sendawa.

 

Lakukan Grooming dengan Jadwal

Agar bulunya tumbuh dengan bagus, lakukan grooming secara rutin dengan jadwal. Minimal, kita harus grooming kucing 1 atau 2 kali seminggu sejak masih kecil.

Gunakan sisir yang halus atau sisir khusus kucing agar tidak menyakiti kulitnya.

 

Ajari Menggunakan Litter Box

Karena tidak ada induknya, maka kita harus mengajarinya menggunakan litter box sebagi bagian dari cara merawat anak kucing 3 bulan.

Melatih kucing anggora agar bisa pup di litter box bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan berbicara langsung kepada kucing.

 

Bantu Kucing Buang Air

Mirip dengan membuat kucing sendawa tadi, kita juga perlu membantu kucing buang air dengan memijat perutnya ke bagian bawah.

Lakukan tahap ini di litter box agar kucing tahu dimana tempat pipis dan pupnya.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Memberikan Vaksin

Vaksin jadi hal paling penting yang wajib diberikan ketika usia kucing sudah di atas 3 bulan. Umumnya, dokter akan memerisakan kondisi kesehatannya juga ketika ingin divaksin.

 

Periksakan ke Dokter Hewan dengan Teratur

Ketika jatah vaksin sudah selesai, kita tetap harus memeriksakan kucing anggora paling tidak 2 kali setahun. Dengan begitu bila ada penyakit bisa langsung diberikan tindakan.

 

Berikan Makanan Keras Setelah Cukup Umur

Sebenarnya, anak kucing anggora sudah bisa makan dry food di usia 2 bulan. Namun jika mau aman, berikan makanan kering setelah usianya di atas 3 bulan saja.

 

Jangan Berikan Ikan

Jika mau punya anggora yang bulunya bagus, jangan pernah berikan ikan utuh maupun yang sudah dipotong-potong pada kucing. Sebab makanan tersebut bisa bikin bulunya rontok.

 

Ajak Berinteraksi Secara Aktif

Sejak usia 2 bulan, anak anggora harus sering diajak interaksi, misalnya bercanda, lari-larian, bermain dengan bola, dan lainnya. Jika sudah besar, kita bisa belikan treadmill untuk olahraga kucing.

 

Sisir Rambutnya 3 Hari Sekali

Walaupun sudah mulai dewasa, bulu kucing anggora harus tetap disisir 3 hari sekali agar tidak kusut dan menggumpal.

 

Mandikan Ketika Kucing Sudah di Atas 5 Bulan

Di usia lebih dari 5 bulan, kucing sudah hampir dewasa. Sehingga kita bisa mulai memandikannya.

Namun jika Anda belum pernah memandikan kucing sama sekali, kami sarankan bawa ke vet atau pet shop agar dimandikan oleh profesional.

 

Sikat Giginya Dua Minggu Sekali

Untuk perawatan yang ini, kita bisa lakukan sendiri.

Gunakan sikat gigi khusus kucing untuk membersihkan gigi kucing anggora. Kami sarankan lakukan 2 atau 3 minggu sekali agar giginya bersih dan tidak cepat hancur.

 

Potong Kukunya Setiap Sudah Panjang

Terakhir, potong kukunya setiap sudah panjang. Sama seperti ketika dimandinkan, langkah ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman dulu.

 

Akhir Kata

Setelah tahu cara merawat kucing anggora kecil di Jakarta, sekarang kita tidak perlu takut lagi kalau mau adopsi kucing dari bayi. Selama dirawat dengan telaten dan penuh kasih sayang, kucing pasti bisa bertahan sampai dewasa.

Leave a Comment