√ Cara Seting Koloni Lovebird yang Benar Agar Ngekek Panjang

Setting lovebird koloni untuk lomba sangat populer saat ini, alias lagi ngetrend (karena hampir semuanya pakai setingan ini).

Perlu anda ketahui, bahwa perawatan ini pertama kali dilakukan oleh lovebird awe we. Setelah terbongkar, banyak orang meniru settingan ini untuk lovebirdnya.

Selain rawatannya mudah, juga bisa diterapkan untuk lovebird dewasa, maupun Lovebird balibu atau LB paud.

Perawatan sistem untulan biasanya di berikan pada lovebird yang fighternya kurang. Karena pengalaman saya menyeting lovebird fighter dengan koloni atau untulan malah durasinya jadi pendek.

Seting Lovebird Koloni

Memang settingan ini harus mengambil resiko, jika cocok maka lovebird anda akan menjadi semakin bagus. Namun, jika tidak cocok, hanya akan buang-buang waktu saja. Jadi pikirkan matang-matang dulu ya.

Yang paling cocok menggunakan setingan ini adalah lovebird jantan  (karena mudah naik biarahi saat digantangkan).

Mari kita simak baik-baik ya,

 

Cara Seting Lovebird Untulan

Yang harus anda lakukan adalah memberikan teman koloni (wajib) jenis kelamin berlawanan untuk lovebird dewasa, dan sesama jenis tidak masalah untuk lovebird balibu.

Jika gacoan anda berjenis kelamin jantan dewasa, anda harus memberikanya teman koloni betina dewasa. Beda dengan balibu karena balibu belum mengenal birahi.

Main koloni bagi dewasa bisa membuatnya konslet saat digantangan. Pejantan ngekek saat digantangkan mencari cari betina sambil ngekek tanpa putus seperti lovebird awe we.

Baca juga : Cara seting konslet untuk lovebird jantan 100% berhasil

 

Manfaat Seting Koloni Untuk Lovebird

Koloni bagi lovebird dewasa bisa menstabilkan kondisi birahinya. Hasrat birahinya akan tersalurkan saat kondisinya overbirahi.

Cara mengoloni lovebird dewasa bukan hal mudah, pasti awalnya akan berantem jika langsung di koloni. Teknik mengoloni sebenarnya sama dengan teknik penjodohan lovebird.

Taruh harianya berdampingan dengan sangkar yang berbeda. Awalnya pasti akan panjang panjangan ngekek, tapi biarkan saja itu adalah ciri pengenalan diri mereka.

Setelah tidurnya berhimpitan dengan sangkar yang berbeda, langkah selanjutnya adalah menyatukan mereka dalam satu sangkar.

Hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai menyatukan mereka dalam kandang yang sama. Contohnya anda menyatukan mereka dengan cara mengambil betina dan memasukan ke dalam sangkar penjantan atau sebaliknya. Hal ini adalah kesalahan besar dan fatal.

Mengapa saya sebut sebagai kesalahan besar, bukanya mereka sudah jodoh ? Ya memang mereka akan berjodoh, namun jika disatukan dalam sangkar asli salah satu dari mereka, pasti sang tamu akan kalah. Contoh seperti diatas, betina pasti akan di gelut atau berkelahi dan penjodohan pun akan gagal.

Cara menyatukan yang benar adalah memasukan jantan dan betina secara bersamaan ke dalam sangkar yang baru, baru dalam arti bukan sangkar harian mereka. Dijamin pasti mereka mau berjodoh dan siap untuk seting koloni.

Berikut adalah setingan koloni untuk lovebird yang benar.

Perawatan harian cukup seperti biasa saja, mandi jemur embun rutin dilakukan, tidak perlu krodong untuk perawatan hariannya.

 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
 

 

Perawatan Lomba Lovebird Koloni

 

  • H-1 mandi malam berdua
  • Hari H mandi pagi. Jika kondisi birahi maka jangan dijemur. Begitu sebaliknya
  • Angin angin kan dan tanpa krodong.
  • Saat di lapangan, mandikan berdua biar didis sesuka hatinya
  • Sesudah kering angin angin kan biarkan mereka ngekek saut sautan.
  • Kurang 1 sesi pisah kan teman koloninya, saat memisahkan jangan sampai keliatan. Jika keliatan akibatnya akan ngejar ngejar saat di gantang.

 

Perawatan Harian Lovebird Koloni

Perawatan harian setingan koloni untuk dewasa cukup campurkan saja mereka berdua baik di kandang bulat maupun di kandang kotak. Kami rekomendasikan di kandang kotak karena bisa diberi glodok dan leluasa dalam bergerak agar kondisinya tetap prima. Mandi jemur sesuai dengan kebiasaan yang anda lakukan saja.
Untuk perawatan harian seting koloni untuk lovebird balibu atau paud anda boleh mencampurkan lebih dari 3 burung dalam 1 kandang. Pemasteran dilakukan setiap jam 1 siang – jam 2 siang. Untuk mandi dan jemur silahkan sesuaikan dengan kebiasaan anda.

Keunggulan Seting untulan

Keunggulan setting koloni untuk lovebird dewasa maupun balibu adalah simpel dalam perawatan harian maupun perawatan settingan lomba. Sobat tidak perlu pusing pusing memikirkan settingan yang pas untuk lovebird koloni.
Keunggulan yang ke-2 adalah membuat kondisi birahi gacoan anda selalu stabil untuk lovebird dewasa baik jantan maupun betina. Mengapa pamankicau bilang stabil, karena hasrat sex yang menjadikannya birahi selalu terlampiaskan, beda dengan setingan tunggal atau fighter yang selalu memendam hasrat birahinya.

Kekurangan dari setting koloni cuma satu, yaitu agak ribet karena harus membawa 2 lovebird dan harus memisahkan terlebih dahulu ketika akan lomba.

Baca juga : Cara seting tunggal untuk lovebird paud agar ngekek tanpa jeda

Cukup seperti itu setingan koloni untuk lovebird, setingan paling mudah tapi sangat manjur. Tidak perlu ribet mikir setingan lovebird. Burung adalah hiburan kita untuk melepas stres pekerjaan. Jangan sampai burung malah membuat kita stres karena mencari setingan gantangan.
Cukup sekian pengalaman cara seting koloni lovebird yang benar dari saya selaku sekretaris ripperclub paman kicau. Semoga setingan cocok dengan gacoan anda.
   

1 thought on “√ Cara Seting Koloni Lovebird yang Benar Agar Ngekek Panjang”

Leave a Comment