7 Rahasia Cara Ternak Burung Kacer Biar Cepat Bertelur

Dengan rahasia cara ternak burung kacer biar cepat bertelur, keuntungan yang Anda dapatkan dari hasil ternak bisa meningkat berkali-kali lipat. Usaha ternak ini bahkan bisa jadi penghasilan utama walaupun awalnya hanya sekedar iseng atau hobi saja.

 

Ditambah lagi, pasar burung kacer masih cukup cerah di Indonesia. Karena peminatnya cukup banyak, tidak butuh waktu lama sampai kacer hasil ternakan kita terjual baik dalam usia anakan maupun yang sudah gacor.



 

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membagikan rahasia ternak kacer agar cepat bertelur yang bisa Anda coba.

 

7 Cara Ternak Burung Kacer Biar Cepat Bertelur

Ada 7 cara supaya burung kacer cepat bertelur, di antaranya:

  1. Sangkar
  2. Kualitas indukan
  3. Usia
  4. Penjodohan
  5. Perawatan
  6. Pengeraman
  7. Perawatan anakan

Mari bahas secara detail ketujuh kunci di atas berikut ini.

 

Ukuran Sangkar

Jika modalnya ada, kami sarankan gunakan sangkar semi permanen dengan ukuran 50 x 50 x 50 per kandang dengan 15 cm x 15 cm x 15 cm untuk sangkar. Menyediakan 1 saja sudah cukup untuk model seperti ini karena hanya akan digunakan oleh indukannya.

Sedangkan untuk anakannya, siapkan lagi satu sangkar koloni dengan ukuran 100 x 90 x 170 cm. Ukuran sangkar seperti ini bisa menampung hingga 5 ekor anakan kacer dengan nyaman.

 

Kualitas Indukan

Agar kacer bisa cepat bertelur, pilihlah indukan yang sehat, tidak ada cacat, dan badannya tidak terlalu kurus maupun obesitas. Jika indukan jantannya gacor, itu bisa jadi nilai plus.

Kacer yang badannya terlalu kurus artinya kekurangan gizi ketika kecil, sedangkan yang obesitas akan sulit bertelur karena lemak yang ada di dalam badannya. Kriteria ini juga berlaku untuk burung jantan maupun betina, jadi pastikan Anda mencari indukan yang sehat secara dan berkualitas secara fisik.

 

Usia Indukan

Walaupun indukan kacer sangat sehat, gacor, dan badannya ideal, tetap saja mereka tidak akan kawin jika belum cukup usianya. Pertanyaannya, umur berapa kacer bisa diternak dan kawin?

Usia kawin burung kacer minimal adalah 10 bulan, jadi agak lama jika Anda merawat burung kacer dari anakan. Untuk mempercepat kacer biar cepat kawin, Anda bisa membeli burung yang usianya sudah di atas 10 bulan. Usia 1 tahun adalah umur yang paling pas untuk kacer betina agar tidak mati waktu memproduksi telur.

 

Penjodohan

Jika sudah masuk ke umur kacer bisa diternak, proses perkawinan burung kacer tidak akan memakan waktu yang lama.

Rahasianya adalah melakukan perkawinan kacer waktu sedang musim kawin, yaitu antara bulan Januari hingga Juni. Selama periode bulan ini, birahi kacer jantan dan betina akan terus meningkat, sehingga proses perkawinannya jadi semakin cepat.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Jangan lupa, cara mengawinkan kacer juga harus benar. Perbanyak memberikan vitamin dan makanan kacer agar cepat birahi yang mengandung protein tinggi.

 

Perawatan Kacer Bertelur

Waktu sudah produksi, Anda perlu memberikan perawatan kacer bertelur khusus. Salah satu yang paling penting adalah memisahkan kacer jantan dan betina agar tidak berantem. Dan jika masih musim kawin, kita bisa mengawinkan kacer jantan dengan indukan betina yang lain dengan jarak 1 minggu.

Pastikan di dalam sangkar sudah ada kapas-kapas atau ranting yang dibuat oleh indukan betina sebelumnya sebagai sarang tempat bertelur. Selain itu, berikan pakan biji-bijian yang banyak untuk indukan betina dan kurangi pakan yang meningkatkan birahi.

 

Perawatan Pengeraman

Selama proses pengeraman, Anda hanya perlu memastikan tidak ada hewan lain di sekitar sangkar. Gunakan racun tikus atau alat-alat yang bisa mengusir hama agar tidak masuk ke rumah.

Selain itu, pastikan di sekitar sangkar tidak terlalu berisik, jauhkan indukan jantan atau burung kicau lain dari dekat sangkar yang ada telurnya. Jangan terlalu sering diintip juga karena bisa membuat indukan stress. Jika terlihat tanda-tanda indukan birahi lagi, segera pisahkan telurnya dan erami pakai inkubator.

 

Perawatan Anakan

Setelah telur kacer menetas, Anda bisa memilih 2 metode, yaitu:

  • Biarkan indukannya merawat sendiri selama 1 – 2 minggu, lalu dipisahkan
  • Langsung dipisahkan dan diloloh sendiri semuanya

Dengan cara pertama, hanya anakan kacer yang sehat saja yang akan dirawat oleh indukan. Jadi kacer yang kira-kira tidak bisa bertahan akan dibiarkan mati.

Sedangkan dengan cara kedua, semua anakan bisa bertahan jika Anda melolohnya dengan benar. Tapi dibutuhkan budget dan tenaga ekstra untuk meloloh paling tidak 3 anakan kacer secara bersamaan tiap hari sampai mereka bisa makan sendiri.

 

Akhir Kata

Seperti itulah rahasia cara ternak burung kacer biar cepat bertelur. Dalam jangka waktu 2 minggu, indukan betina kacer bisa kawin lagi dengan yang jantan, dan anakannya sudah bisa dijual. Jangan lupa berikan Maxiplus pada indukan maupun anakan kacer sejak mereka bisa makan sendiri agar tidak terserang penyakit waktu antibodinya masih sangat lemah.

Leave a Comment