Cara Ternak Kacer 1 Jantan 2 Betina Minimalis

Ternak kacer 1 jantan 2 betina adalah hal yang sudah umum dilakukan. Bahkan dengan menyiapkan 2 betina untuk satu indukan jantan, proses produksi telur jadi lebih cepat. Sehingga cocok untuk Anda yang ingin ternak kancer di dalam rumah, tapi bisa tetap mendapat untung dengan cepat.

 

Jika kandang yang disiapkan lebih besar, tentunya jumlah indukan betina untuk setiap burung jantan juga bisa tambahkan. Burung kacer jantan sendiri bisa kawin dengan 3 hingga 5 betina secara bergiliran.

 

Nah, kalau Anda penasaran bagaimana cara ternak kacer satu jantan dan 2 betina, mari kita pelajari caranya bersama dalam artikel berikut ini.

 

Apakah Bisa Ternak Kacer 1 Jantan 2 Betina?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ternak kacer dengan indukan betina lebih banyak dibanding jantannya sudah jadi praktik umum dikalangan para peternak.

 

Karena tidak seperti lovebird, burung kacer bisa kawin dengan lebih dari satu betina. Kalau pasangannya sedang mengerami telur, kacer jantan bisa langsung dikawinkan lagi dengan indukan betina yang berikutnya untuk memulai proses produksi yang baru.

 

Dengan begitu telur yang bisa dihasilkan dalam satu waktu bisa lebih cepat. Dan kalau dijadwalkan secara berdekatan antara kawin dengan betina pertama dan betina kedua, waktu telurnya menetas tidak akan terlalu jauh. Hal ini memudahkan Anda jika ingin menjual anakan kacer secara borongan dengan jumlah yang lebih banyak.

 

Kalau memang mau dijadwalkan agak jauh, jadinya pemasukan dari hasil jualan kacer bisa terus masuk ke rekening tiap bulan. Sehingga keuntungan lebih stabil dari waktu ke waktu.

 

Bagaimana Cara Menjodohkan Kacer 2 Betina 1 Jantan?

Untuk menjodohkan kacer jantan secara poligami, tentunya harus dilakukan terpisah. Agar lebih jelas, ikuti langkah berikut ini.

  1. Pertama, kawinkan kacer jantan dengan indukan betina seperti biasa
  2. Pastikan kacer jantan sudah ngisi dan kacer betina sudah bertelur
  3. Kemudian pisahkan kacer jantan ke sangkar sendiri
  4. Anda bisa tunggu 1 atau 2 hari sambil diberi Maxiplus agar tenaganya ngumpul lagi
  5. Sekarang baru kenalkan kacer jantan yang sama ke indukan betina yang berbeda
  6. Ikuti terus langkah mengawinkan kacer seperti biasa sampai yang betina bertelur

Cara ini bisa diulangi berkali-kali. Tapi jika pasangannya terlalu banyak, kacer jantan tidak akan ngisi di indukan betina yang akhir-akhir.

 

Itulah mengapa jika Anda punya kandang ternak kacer yang lebih besar, siapkan 2 indukan jantan jika ingin produksinya makin cepat.

 

Tips Ternak Kacer 1 Jantan 2 Betina

Sekarng untuk anda yang mau coba sendiri ternak kacer dengan 2 betina atau lebih, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba.

 

Beri Jarak Antar Perkawinan

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Anda perlu memberi jarak sekitar dua atau tiga hari antar perkawinan indukan kacer jantan dengan tiap indukan betina. Hal ini bisa membuat proses perkawinan jadi semakin efektif.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Jika dilakukan tanpa jeda, biasanya kacer jantan tidak akan bisa ngisi kacer betina yang berikutnya. Sehingga proses kawin memakan waktu jauh lebih lama. Bahkan bisa seminggu lebih sampai akhirnya kacer betina bertelur dan mulai mengerami.

Selain itu, Anda bisa memberikan vitamin tambahan, menjemur kacer, atau memberi pakan untuk meningkatkan birahi dan stamina selama masa jeda.

 

Perbanyak Pakan Biji-bijian

Selanjunyta, perbanyak pakan biji-bijian untuk indukan kacer jantan. Sebab biji-bijian bisa membuat kacer cepat ngisi indukan betina.

Pakan biji-bijian ini bisa berupa banyak jenis, misalnya:

  • Kwaci
  • Jemawut
  • Kacang hijau
  • Jagung kering
  • Biji sorgum

Beberapa toko ada yang sudah menjual pakan biji-bijian dalam satu kemasan  campuran lengkap. Anda bisa memilih jenis pakan tersebut kalau mau simpel.

Tapi jika mau yang lebih efektif, berikan kacang hijau, jemawut, dan sorgum secara bergantian tiap hari untuk kacer jantan.

 

Jangan Terlalu Banyak Indukan Betina

Tips yang satu ini juga sudah sempat disinggung sebelumnya. Karena indukan kacer jantan tidak bisa ngisi dengan semua betina, sebaiknya Anda jangan kawinkan dengan betina terlalu banyak tanpa istirahat.

Umumnya tiap kacer jantan hanya bisa ngisi tiga sampai empat indukan betina dalam satu jangka waktu produksi. Tetapi ukuran kekuatan tiap kacer juga berbeda-beda. Ada yang bisa ngisi sampai 5 indukan betina, ada yang ngisi tiga indukan betina saja jumlah telurnya sudah sedikit.

Untuk tahu apakah indukan jantan masih bisa dikawinkan lagi atau tidak, Anda bisa melihat dari jumlah telur hasil kawin dengan indukan yang paling terakhir.

Biasanya telur kacer bisa mencapai 4 biji per satu kali kawin. Jika jumlahnya hanya tinggal satu atau dua, artinya kacer jantan sudah tidak bisa dikawinkan lagi. Biarkan kacer jantan istirahat sekitar 3 minggu sampai proses produksi yang berikutnya.

 

Penutup

Nah, sekarang silahkan Anda coba sendiri cara ternak kacer 1 jantan 2 betina seperti yang sudah kami bagikan ini. Jangan lupa bagikan cerita hasil ternak Anda di kolom komentar di bawah.

Leave a Comment