Cara Ternak Kacer Koloni Agar Cepat Bertelur

Cara ternak kacer koloni memang agak berbeda dari ternak burung biasa. Khususnya untuk masalah kandang dan proses perjodohan. Tapi secara garis besar, persiapan yang Anda butuhkan kurang lebih sama saja.

 

Jangka waktu produksi burung kacer sendiri tergolong cepat. Sehingga bisnis ternak kacer banyak ditekuni kicau mania baik sebagai usaha sampingan maupun sebagai ladang penghasilan utama dengan omzet jutaan rupiah per bulan.

 

Bukan hanya itu, sampai saat ini peminat burung kacer di Indonesia juga tidak habis-habis.

 

Jadi jika Anda juga mau mulao ternak kacer koloni, mari kita pelajari bersama caranya dalam artikel berikut ini.

 

Persiapan Ternak Kacer Koloni

Persiapan yang paling utama untuk ternak kacer tentunya indukan. Jika Anda hanya ingin ternak kecil-kecilan, satu pasang indukan kacer saja sebenarnya sudah cukup. Tapi karena ingin ternak koloni, Anda bisa membeli beberapa indukan betina dan 1 indukan jantan.

 

Karena tidak seperti lovebird, kacer jantan bisa kawin dengan banyak betina sekaligus dalam waktu yang berdekatan. Jadi ternak kacer 1 jantan 2 betina sudah jadi hal umum untuk mempercepat produksi.

 

Untuk masalah kandang, ada beberapa ukuran kandang ternak kacer dari kayu yang bisa Anda cari di Google. Kami sarankan membuat sesuai kelipatan indukan betinanya.

 

Misalnya jika punya tiga indukan betina, maka buat kandang kacer sebanyak 6 kotak. Masing-masing ukuran kotak tidak perlu terlalu besar, tapi jangan terlalu sempit juga.

 

Jadi, nanti kacer bisa dicampur berdasarkan indukannya agar tidak berantem. Sedangkan 3 kandang lainnya bisa dipakai untuk proses mengawinkan dan produksi telur yang berikutnya.

 

Bagaimana Cara Ternak Kacer Biar Cepat Bertelur?

Setelah persiapannya selesai semua, berikutnya proses menjodohkan kacer agar cepat bertelur.

 

Cara menjodohkan kacer pun tidak begitu jauh dengan burung pada umumnya. Tapi jika ingin cepat bertelur, kami punya beberapa trik yang bisa Anda ikuti.

 

Pastikan Kandang Bersih dan Sudah Disiapkan Sarangnya

Yang pertama, pastikan kandang yang Anda buat dalam keadaan bersih dan sudah disiapkan segala perlengkapannya, seperti:

  • Kotak untuk sarang
  • Potongan-potongan sabut kelapa halus
  • Daun pohon pinus kering
  • Potongan kain
  • Sarang yang sudah setengah jadi

Kacer betina akan tinggal di kandang ternak koloni ini duluan. Dan dengan dikelilingi oleh bahan pembuat sarang, Anda jadi bisa tahu kapan kacer siap kawin dengan jantannya.

Jika Anda membuat kandang ternak kacer di dalam rumah, pastikan kandangnya mudah untuk dibersihkan. Sebab area dalam rumah yang lebih lembab bisa membuat kotoran burung membawa penyakit baik ke orang rumah maupun ke kacer itu sendiri.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Proses Penjodohan

Sekarang kandangnya sudah siap. Anda juga sudah melihat ciri-ciri kacer betina siap kawin.

Lalu, apa yang harus dilakukan?

Yang pertama adalah dengan mengenalkan kacer jantan ke betina dulu. Cara yang paling mudah adalah dengan menggantungkan sangkar kacer jantan di depan yang betina. Awalnya jaraknya bisa agak jauh, tapi lama kelamaan jadi makin dekat dan makin dekat lagi.

Kalau kacer jantan dan betina sudah bisa nempel dan gak berantem, artinya sudah waktunya kawin.

Cara mengawinkan yang paling aman adalah dari sore hari.

Jadi, Anda masukan kacer jantan ke sangkar yang betina dari sekitar jam 6 atau setelah maghrib. Kemudian perhatikan dulu apakah kacer berantem atau tidak. Kadang, kacer betina dan jantan bisa jadi malah kejar-kejaran di dalam sangkar.

Jika memang tidak berjalan mulus, pisahkan dulu.

Tapi jika berjalan sesuai rencana, tinggalkan burung dan pisahkan lagi besok pagi.

 

Ulangi Proses Kawin Sampai Bertelur

Dari sejak kacer dikawinkan sampai ngisi, biasanya perlu diulangi 2 atau 3 kali. Tapi waktu kacer betina sudah tidak kelihatan dari luar sangkar lagi, artinya dia sudah mengerami telur.

Lalu bagaimana cara agar kacer jantan cepat ngisi? Nah, Anda bisa coba berikan pakan berikut ini untuk keduanya.

  1. Apel
  2. Biji-bijian
  3. EF
  4. Telur rebus
  5. Pisang

Memberikan multivitamin tambahan juga bisa membantu mempercepat proses kacer jantan ngisi indukan betina. Salah satu vitamin yang baik untuk ternak kacer koloni adalah Maxiplus. Harganya juga murah dan bisa dikirim kemana saja.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kacer jantan bisa langsung dikawinkan dengan indukan yang berikutnya waktu indukan yang satu sudah ngisi.

Anda mungkin ingin memberi jeda 1 atau 2 hari dulu untuk perkenalan. Jangan langsung dimasukan ke kandang indukan kacer yang lain kalau memang belum pernah dikenalkan sebelumnya.

Umumnya, indukan kacer untuk satu ekor jantan bisa mencapai 3 ekor saja. Jika lebih dari itu, kacer tidak akan ingisi lagi setelah indukan-indukan yang berikutnya.

 

Penutup

Nah, jadi seperti itulah cara singkat ternak kacer koloni agar cepat bertelur. Jangan lupa selama proses mengawinkan dan mengerami, pastikan indukan tidak stress, jangan banyak dilihat, dan kandangnya harus selalu bersih.

Leave a Comment