10 Perbedaan Cililin Jantan dan Betina Secara Jelas dan Akurat

Mengetahui perbedaan cililin jantan dan betina akan sangat membantu anda dalam memilih burung cililin terbaik. Apalagi bila anda ingin membeli burung ini untuk masteran. Sebab jenis kelamin akan berpengaruh pada kualitas kicauannya.

Perbedaan Cililin Jantan dan Betina

Bila ditanya, pilih mana antara cililin jantan atau betina untuk masteran? Tentu semua kicau mania akan menjawab cililin jantan. Sebab memiliki kualitas kicauan yang gacor dan mental yang bagus.

Biasanya, cililin betina dibeli bila anda ingin ternak cililin. Mengingat harga burung cililin khususnya harga cililin cokelat jantan lumayan tinggi.

Nah agar tidak tertukar ketika ingin membeli cililin, berikut ini kita akan membagikan apa saja perbedaan cililin jantan dan betina.

Ciri Burung Cililin Jantan

1. Jambul

Ada satu ciri cililin hitam maupun coklat yang paling identic yaitu jambulnya atau tangkar ongklet. Tetapi ada beberapa berbedaan pada tangkar ongklet cililin jantan dan betina.

Cililin jantan memiliki jambul yang terlihat lebih panjang. Jumlah bulu jambulnya juga cenderung lebih lebat. Bisanya, bentuknya akan semakin jelas ketika ia memasuki usia dewasa.

2. Ukuran Tubuh

Berikutnya, ukuran tubuh cililin jantan dan betina juga berbeda. Ukuran tubuh cililin jantan terlihat lebih besar dan tubuhnya lebih panjang dibandingkan cililin betina.

Selain itu, postur tubuh cililin jantan juga lebih gagah dan tegap seperti membusungkan dadanya. Di alam liar, hal ini digunakan untuk menarik perhatian burung cililin betina.

3. Kaki

Bila anda memiliki cililin trotol jantan, mungkin anda bisa merasakan bahwa cengkraman kakinya lebih kuat dan erat. Hal ini bisa semakin dirasakan bila anda sedang memandikan cililin atau sedang membersihkan sangkarnya.

Selain itu bentuk kaki cililin jantan juga lebih panjang dan diameternya lebih besar.

4. Suara

Perbedaan cililin jantan dan betina berikutnya dan yang paling jelas adalah suara kicauannya. Cililin jantan memiliki suara kicauan yang berirama dan nyaring.

✓ Bikin Lovebird Makin Gacor dengan Bosch-Max ®✓ Vit Rahasia Burung Jawara itu Maxiplus ®

5. Tingkah Laku

Yang terakhir, cililin jantan memiliki tingkah yang lebih aktif. Birahinya juga mudah naik dan membuanya semakin aktif. Hal ini bahkan sudah terlihat ketika cililin masih anakan.

Ciri Cililin Betina

1. Jambul

Untuk cililin betina, ukuran jambulnya terlihat lebih kecil dan tipis. Jambulnya juga tidak banyak tumbuh ketika ia sudah dewasa.

2. Ukuran Tubuh

Dibandingkan cililin jantan, ukuran tubuh cililin betina terlihat lebih kecil. Postur tubuhnya juga lebih bulat dan seperti membungkuk.

3. Kaki

Kaki cililin betina juga lebih kecil dan cengkramannya lebih lemah dibandingkan burung jantan. Ukuran kaki burung betina juga lebih pendek dan lebih banyak bagian yang tertutupi bulu.

4. Suara

Sudah jelas bahwa suara cililin betina lebih kecil dan kurang berkualitas. Melatih cililin betina juga agak sulit. Dan isian yang dikeluarkan kurang bervariasi serta sering putus.

5. Tingkah Laku

Sebenarnya tingkah laku cililin jantan dan betina tidak jauh berbeda. Keduanya sama – sama akan lincah bila sedang dalam kondisi birahi.

Namun, birahi cililin betina lebih sulit untuk meningkat. Sehingga ia lebih sering diam karena kondisi birahi rendah.

Kesimpulan Perbedaan Cililin Jantan dan Betina

Dari penjelasan di atas, kita sudah tahu bahwa perbedaan cililin jantan dan betina paling banyak terlihat dari suara, jambul, ukuran tubuh, kaki, dan tingkah laku. Agar lebih mudah dalam memilih burung, sebaiknya anda membeli cililin trotolan alias hasil ternak.

Categories Cililin
   

Leave a Comment