Apakah Virus Corona Bisa Menular & Terjadi Pada Burung? Ini Jelasnya

Akhir-akhir ini virus Corona atau Covid-19 menyebar begitu luas di sekitar 180 Negara, termasuk Indonesia. Berhubung di Indonesia sendiri sudah terdapat banyak korban (ODP, PDP, maupun Postif), kita sebagai pecinta burung juga merasa was-was.

Apa benar nanti burung peliharaan bisa tertular virus corona dan bisa menularkan kepada kita sebagai pemilik? Itu menjadi pertanyaan dan dilema bagi kicaumania.

Dampak  negatif  didunia burung kicau juga sangat terasa, dimulai sepinya jual-beli burung dipasar, online bahkan EO Gantangan juga sudah mulai tutup.

Menurut Pendapat Para Ahli Di Dunia

“Virus corona yang umum pada unggas dan ternak di seluruh dunia tidak melompat ke manusia, tetapi yang ditemukan pada satwa liar adalah masalah lain”. Kata seorang ahli yang kami dilansir dari trubus.id

Saat ini, AFCD tidak memiliki bukti bahwa hewan peliharaan dapat terinfeksi virus COVID-19 atau dapat menjadi sumber infeksi bagi manusia.

“Hingga saat ini belum ada bukti yang menyatakan bahwa hewan peliharaan dapat terinfeksi atau menyebarkan virus corona pada orang lain”. Di lansir dari CNN Indonesia

“Selain mempertahankan praktik kebersihan yang baik, pemilik hewan peliharaan tidak perlu khawatir dan jangan tinggalkan hewan peliharaan dalam kondisi apapun,” oleh juru bicara AFCD

Hal Yang Terbaik Dilakukan Untuk Burung Peliharaan

Para ahli mengingatkan bahwa setiap orang harus menjaga kebersihan dengan hewan peliharaannya, termasuk burung kicau. Tindakan lain adalah anda juga harus selalu menjaga kebersihan sangkar burung agar tidak mudah terinveksi virus.

Bisa juga menyemprotkan desinvektan di sekitar sangkar burung, hal ini akan membunuh segala kuman & virus yang menempel pada sangkar.

Anda tidak perlu khawatir mengenai isu yang mengatakan bahwa burung kicau peliharaan bahaya dan bisa menularkan virus.

Tindakan Pencegahan Terbaik

Sebagai pencegahan terbaik agar kita tidak merasa was-was terhadap burung peliharaan dirumah, silahkan untuk diterapkan.

  1. Selalu menjaga kebersihan sangkar setiap hari
  2.  Memberikan desinvektan  disekitar sangkar burung
  3. Selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer ketika kontak langsung dengan burung maupun setelah memegang sangkar.
  4. Melakukan perawatan yang baik agar burung tetap sehat
  5. Memberikan multivitamin agar menjaga daya tahan tubuh burung
    Segera ambil tindakan jika terdapat burung sakit dirumah.

 

Perlu anda ketahui virus ini berbeda dengan virus flu burung yang melanda Indonesia pada tahun 2006 yang mengakibatkan seluruh unggas dimusnahkan dan merosotnya pamor burung kicau.

Dengan penjelasan oleh para ahli diatas, anda tidak perlu khawatir akan bahaya virus ini. Tetap jaga kebersihan hewan peliharaan maupun diri anda sendiri, walaupun burung tidak menularkan virus ini, setidaknya kita harus tetap waspada untuk mencegah.

Semoga bermanfaat

Refensi : CNN Indonesia


Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment