Cucak Ijo Didis di Gantangan? 17 Cara Ini Bikin Langsung Konslet

Kasus cucak ijo didis di gantangan pastinya bikin malu kita, sebagai yang merawat dan mendaftarkannya ke lomba. Apalagi kalau di arena gantangan, cucak ijo akan dilihat bukan hanya oleh juri, tapi oleh seluruh peserta yang lain. Jadi kasus seperti ini tidak boleh terulang kembali.

 

Cucak ijo didis di gantangan sebenarnya hal yang normal. Jika Anda baru pertama kali ikut kontes CI, biasanya burung perlu beradaptasi dulu dan mengumpulkan pengalaman-pengalaman sebelum jadi juara.



 

Jadi jangan trauma kalau cucak ijo Anda didis waktu sedang kontes.

 

Di sisi lain, Anda juga perlu cari cara agar bisa buat cucak ijo konslet sampai bisa menarik perhatian juri. Bagaimana caranya, mari baca cara membuat cucak ijo anti didis dalam artikel berikut ini.

 

Apa Penyebab Cucak Ijo Didis di Gantangan?

Ada banyak hal yang bisa membuat burung cucak ijo tiba-tiba didis dan macet bunyi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kurang dijemur
  • Jarang dimandikan
  • Overbirahi atau kurang birahi karena settingan kurang pas
  • Sakit karena sangkar jarang dibersihkan
  • Kurang vitamin dan mineral
  • Kalah mental
  • Jarang dimaster
  • Keseringan dikrodong
  • Burung nyisik

Umumnya, kasus cucak ijo didis ini diikuti dengan gejala lain yaitu angkat kaki. Penyebab cucak ijo angkat kaki saat di gantangan juga kurang lebih sama.

 

Cara Ampuh Menghilangkan Didis Cucak Ijo

Cara membuat cucak ijo bongkar isian dan nembak di gantangan saat kontes adalah dengan sering-sering dipancing biar bunyi di rumah. Tapi, latihan biasa saja tidak cukup.

 

Anda juga perlu mengikuti tips membuat cucak ijo anti didis yang akan kami bagikan di bawah ini.

 

1. Terapi Air Garam

Cara ampuh menghilangkan didis cucak ijo yang pertama adalah dengan mandi air garam. Cara ini cukup mudah karena yang perlu disiapkan hanyalah garam dan air saja.

Jika cucak ijo Anda biasa mandi di cepuk atau wadah, tuangkan air dan garam secukupnya aduk hingga larut. Setelah itu, masukan cepuk ke sangkar dan biarkan burung mandi sendiri. Dengan cara cucak ijo mandi air garam ini, sisik di bulunya akan terangkat sehingga burung tidak didis lagi.

 

2. Rajin Dimandikan

Mandi air garam memang bagus untuk bulu cucak ijo. Tapi jika keseringan, bulunya bisa rusak dan jadi tidak mengiklap.

Oleh karena itu setelah mandi air garam, mandikan cucak ijo dengan air biasa. Pastikan dalam seminggu, setidaknya burung mandi 3 kali. Baiknya cucak ijo mandi di pagi hari agar siangnya bisa dijemur sambil dimaster.

 

3. Rajin Bersihkan Sangkar Burung

Nyisik yang jadi penyebab cucak ijo didis di gantangan juga bisa disebabkan karena sangkarnya jarang dibersihkan. Sehingga banyak kotoran yang membuat burung jadi sakit kulit.

Jika Anda sedang sibuk sampai tidak punya waktu untuk membersihkan sangkar cucak ijo. setidaknya bersihkan wadah kotorannya saja. Sebab disitulah sumber penyakit yang bisa menyerang cucak ijo.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

4. Cari Settingan yang Pas

Cara merawat cucak ijo kepala kuning agar gacor dan ngeplong yang berikunya adalah dengan mencari settingan yang pas. Dengan begitu birahinya akan terkontrol, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

Kalau terlalu tinggi, jadinya cucak ijo birahi melet, sedangkan kalau terlalu rendah cucak ijo tidak akan bunyi sama sekali.

 

5. Berikan Multivitamin Tambahan

Selain dengan perawatan dari luar seperti sering dijemur dan dimandikan, Anda juga perlu merawat cucak ijo dari asupan nutrisinya agar tidak didis. Salah satu caranya adalah dengan memberi multivitamin.

Multivitamin yang baik untuk cucak ijo salah satunya adalah Maxiplus. Karena selain bisa membuat burung anti didis, vitamin ini juga bisa mengatasi cucak ijo macet bunyi.

 

6. Sering Dilatih Mental FIghter-nya

Kalau Anda mau membuat cucak ijo bongkar isian di gantangan, latih mentalnya agar tidak takut dengan burung lain. Karena bisa jadi cucak ijo didis karena dia takut saat bertemu burung yang lebih gacor di gantangan.

Untuk melatih mental burung sendiri satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan latber.

 

7. Rajin Dimaster Isiannya

Selain masalah mental, cucak ijo juga harus punya banyak isian agar makin panjang durasinya waktu konslet. Jadi, latihlah isian cucak ijo Anda dengan cara dimaster setiap hari.

Cara memancing cucak ijo agar gacor dan punya banyak isian yang paling mudah adalah dengan menggunakan suara MP3. Anda bisa mencari banyak isian cucak ijo nembak ngeplong di internet.

 

8. Kurangi Dikrodong Kecuali Waktu Malam

Terakhir, kurangi waktu krodong cucak ijo kecuali saat malam dan saat burung sedang sakit. Sebab terlalu banyak dikrodong membuat hawa di dalam sangkar burung jadi lembab, yang mana membuat bulunya jadi cepat rusak dan nyisik.

Jadi, sering-sering dijemur dan hanya pasang krodong saat malam saja.

 

Akhir Kata

Seperti itulah cara mengatasi cucak ijo didis di gantangan. Cara-cara di atas juga bisa digunakan sebagai cara merawat bruung cucak ijo betina agar gacor.

Leave a Comment