Cucak Ijo Giras? Ini Cara Menjinakannya yang Paling Gampang

Cucak ijo giras bakal susah dimaster dan dilatih. Karena tiap dekati, burung bakal langsung nyamber seperti mau nyerang, padahal oleh pemiknya sendiri. Beberapa dari Anda mungkin ada yang sedang punya masalah serupa kaya gini.

 

Pada dasarnya, cucak ijo memang tidak hidup berdampingan langsung dengan manusia. Tidak seperti hewan peliharaan lain seperti kucing, anjing, kelinci, dan lainnya.



 

Cucak ijo jinak hanya bisa dimiliki kalau Anda sering berinteraksi dengan burung tersebut dari kecil. Tapi bagaiman dengan burung bakalan yang ditangkap dari hutan? Tenang saja, kami punya tips membuat cucak ijo bakalan giras jadi jinak dalam artikel berikut ini.

 

Kenapa Cucak Ijo Susah Jinak?

Kalau Anda beli cucak ijo lolohan dan tetep galak waktu sudah dewasa, mungkin kesalahannya ada pada perawatan sehari-hari. Karena seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, secara naluri burung akan selalu menyerang tangan yang masuk ke kandang.

 

Cucak ijo melakukan hal tersebut karena tidak terbiasa dan merasa terancam.

 

Jika Anda sudah dekat dengan burung dan ia sudah tidak merasa terancam lagi, maka cucak ijo tidak akan nyerang alias jadi jinak.

 

Kalau masih juga nyerang, mungkin penyebabnya adalah hal berikut ini.

  • Cucak ijo jarang dipancing pakai siulan
  • Burung tidak terbiasa dengan keberadaan manusia
  • Cucak ijo Anda tipe yang agresif
  • Burung pernah trauma

Kalau memang Anda punya cucak ijo yang tipe agresif, hal ini sebenarnya sangat bagus. Karena mental fighternya lebih kuat dan ga gampang ngembang waktu di gantangan.

 

Gimana Cara Mengatasi Cucak Ijo Giras?

Sebenarnya cara membuat cucak ijo jinak dan gacor sangat mudah. Tapi, butuh waktu yang agak lama karena prosesnya tidak bisa instan. Semakin rutin Anda melakukan cara-cara yang akan kami bagikan ini, maka semakin cepat cucak ijo agresif jadi jinak.

 

Nah, berikut ini adalah cara membuat cucak ijo giras jadi nurut.

 

1. Terapi Lapar

Cara pertama yang paling efektif adalah dengan terapi lapar. Untuk cara terapi lapar cucak ijo, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Biarkan cucak ijo lapar dengan cara memberi makan lebih telat 1 atau 2 jam dan mengosongkan tempat pakannya
  • Kemudian, bawa alat lolohan dan beri makan burung dengan cara diloloh
  • Ulangi terus cara ini setiap Anda punya waktu

Sebenarnya terapi lapar ini lebih efektif kalau cucak ijo dirawat dari kecil. Tapi kalaupun Anda baru beli waktu sudah dewasa, metode ini tetap bisa membuat burung cucak ijo agresif jadi jinak.

 

2. Mandikan Pakai Sprayer 2x Seminggu

Selanjutnya, mandikan cucak ijo pakai sprayer kira-kira 2 kali seminggu. Tidak perlu terlalu sering, tapi jangan sampai tidak pernah sama sekali juga.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Ketika sedang mandi, cucak ijo akan lebih kalem dan tidak begitu agresif. Anda bisa pancing dengan memegang burung atau bersiul-siul di sambil menyemprotkan air. Tapi sebelum melakukan cara ini, pastikan cucanya sedang cerah dan ada matahari agar cucak ijo bisa langsung dijemur.

 

3. Gantung Sangkarnya di Depan Pintu

Jika Anda menggantung sangkar burung di depan pintu, oromatis dia akan melihat orang setiap kali ada yang lewat. Cara ini dilakukan untuk membiasakan cucak ijo dengan keberadaan dan interaksi manusia.

Ketika digantung, jangan kerodong sangkarnya. Biarkan cara sangkarnya terbuka sambil diangin-angin. Atau jika burung cucak ijo macet bunyi dan giras, Anda bisa master burung sambil melakukan cara ini.

 

4. Sering Siul di Dekat Sangkar Burung

Tiap kali Anda lewat depan sangkar burung, cobalah bersiul atau setidaknya menengok cucak ijo Anda. Cara ini juga bisa membuat burung jadi terbiasa dengan interaksi manusia.

Pada awalnya, burung pasti akan agresif dan nabrak-nabrak sangkar. Tapi dengan dibiasakan setiap hari lah, cara mengatasi cucak ijo nabrak kandang yang paling efektif. Atau kalau Anda terlalu sibuk, coba minta tolong ke anak atau istri untuk melakukannya.

 

5. Sering-sering Dijemur

Tidak menutup kemungkinan cucak ijo susah jinak karena dia sedang sakit atau tubuhnya ada banyak kuman dan kutu. Sehingga mood burung jadi tidak bagus, cucak ijo jadi sering telat panas, dan jadi langsung giras waktu didekati.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah menjemur cucak ijo. Untuk cara yang satu ini kalau bisa harus Anda lakukan setiap hari dari pagi sampai sekitar jam 10.

 

6. Sering Diberi Jangkrik dari Tangan

Yang terakhir, coba berikan jangkrik langsung dari tangan. Cara ini akan membuat cucak ijo mengenali tangan pemiliknya.

Jika Anda takut dipatok, gunakan sarung tangan dengan warna mencolok, misalnya merah atau orange. Tapi nantinya burung hanya akan mengenali warna sarung tangannya, bukan pemiliknya.

 

Akhir Kata

Jika cara mengatasi cucak ijo giras sudah dilakukan semua dan burung sudah jinak, sekarang waktunya memberi multivitamin Maxiplus agar dia makin gacor. Anda juga bisa memberi multivitamin langsung dari tangan agar burung makin jinak.

Leave a Comment