Cucak Ijo Macet Bunyi? Pakai 13 Cara Ini Biar Gacor Lagi

Burung cucak ijo Anda tiba-tiba macet bunyi? Atau cucak ijo bunyi kalau tidak ada orang saja? Jika iya, segera kembalikan kicauan merdunya dengan cara yang akan kami bagikan di dalam artikel berikut ini.

 

Sebagai burung kicau, tentu akan ada masa dimana cucak tidak mau bunyi. Dalam beberapa kasus bahkan cucak ijo macet bunyi dan giras secara tiba-tiba. Padahal kemarin-kemarin nurut saja seperti biasa dan mau dipancing suara agar bunyi.



 

Jika hal ini juga terjadi pada cucak di rumah Anda, mari ketahui bagaimana cara mengatasinya di sini.

 

Kenapa Cucak Ijo Tiba-tiba Macet Bunyi?

Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab cucak ijo diam saja. Misalnya bisa karena burung stress, burung sedang sakit, atau bahkan cucak ijo Anda trauma pernah jatuh sangkarnya.

 

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa penyebab cucak ijo ga bunyi yang bisa terjadi pada burung Anda.

  • Burung sedang mabung
  • Cucak ijo stress melihat orang
  • Burung sedang sakit
  • Obesitas alias berat badannya berlebihan
  • Kurang birahi
  • Kalah mental
  • Terlalu sering dipancing

Karena ada banyak penyebabnya, maka cara membuat cucak ijo biar bunyi lagi juga ada banyak.

 

Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi dengan Cepat

Setelah tahu apa saja penyebabnya, sekarang kita akan melihat bagaimana cara mengatasi cucak ijo stres dan macet bunyi. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasinya.

 

1. Kontrol Birahinya

Jika tiba-tiba cucak ijo bunyi cek cek, bisa jadi karena birahinya tidak stabil. Bisa jadi cucak ijo birahinya terlalu tinggi alias over birahi ataupun kurang birahi.

Untuk mengatasinya, berikan settingan cucak ijo yang tepat. Jika memang cucak ijo over birahi, biasanya burung akan melet. Jadi berikan dulu ulat bambu untuk menurunkan birahinya sebelum disetting lagi. Tapi jika tidak, Anda bisa langsung mulai settingan baru yang lebih mantap.

 

2. Berikan Jamu Cucak Ijo

Ada banyak pilihan jamu cucak ijo macet bunyi. Mulai dari yang sudah dikemas maupun yang dibuat secara alami.

Dengan bantuan jamu cucak ijo, birahi burung bisa naik lagi, staminya jadi joss lagi, dan burung makin sering bongkar isian.

 

3. Cek Apakah Cucak Ijo Sedang Mabung

Jika tiba-tiba cucak ijo macet bunyi dan giras, mungkin ia sedang mabung alias molting. Pada masa ini, burung akan merontokan semua bulunya dan diganti dengan bulu yang baru.

Pada kasus seperti ini, tidak ada yang bisa Anda lakukan. Jadi pastikan saja cucak ijo dikerodong dan ditaruh di tempat yang lebih tenang. Sebab jika burung stress, bisa-bisa mabung tidak selelsai sesuai jadwal dan hasilnya jadi banyak yang botak.

 

4. Latih Mental Cucak Ijo

Kadang, cucak jio bunyi kalau tidak ada orang saja. Hal ini dikarenakan mentalnya kurang fighter dan takut waktu dilihat orang lain.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Cara mengatasi cucak ijo kurang fighter adalah dengan latber alias latihan bersama. Anda bisa cari komunitas cucak ijo terdekat dari rumah untuk mengatur jadwal latber dengan salah satu anggotanya.

 

5. Pastikan Burung Tidak Sedang Sakit

Salah satu penyebab cucak ijo bunyi krek krek dan tubuhnya tiba-tiba lemas bisa jadi karena sedang sakit. Sebab cucak ijo adalah jenis burung yang sering sakit jika tidak diberi multivitamin.

Ada banyak penyakit yang bisa menyerang cucak ijo. Mulai dari yang ringan seperti nyisik, hingga yang mematikan seperti diare dan cacingan. Anda perlu pelajari ciri-ciri cucak ijo sakit untuk tahu penyakit apa yang menyerang burung tersebut.

 

6. Kontrol Berat Badannya

Cara mengatasi burung cucak rante macet bunyi yang berikutnya adalah dengan memastikan burung tidak obesitas. Salah satu ciri cucak ijo obesitas adalah malas bunyi, ukurannya lebih besar dibandingkan cucak ijo lain di toko, dan jarang gerak.

Jika memang cucak ijo Anda obesitas, sering-sering latih di kandang umbaran saja. Mengurangi porsi makan burung juga bisa jadi cara yang bagus, tapi kurangi porsinya secara perlahan.

 

 

Ramuan Jamu Cucak Ijo Macet Bunyi

Sekarang agar cucak ijo macet bunyi bisa bongkar isian lagi, kami akan memberikan ramuan jamu cucak ijo agar langsung buka paruh.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Madu
  • Jahe
  • Jangkrik

Untuk membuat jamunya, ikuti langkah berikut.

  1. Pertama, campurkan madu ke air minum cucak ijo
  2. Kemudian aduk air hingga larut
  3. Sekarang ambil satu ekor jangkrik dan potong kepalanya
  4. Lalu potong jahe seukuran voer, kemudian masukan ke dalam badan jangkrik
  5. Berikan jangkrik ke cucak ijo

Jamu ini baiknya diberikan saat cucak ijo sedang dijemur. Jadi birahinya bisa naik karena terkena matahari juga karena jamu tradisional.

 

Akhir Kata

Nah, seperti itulah cara mengatasi cucak ijo macet bunyi agar bongkar isian lagi. Jangan lupa, berikan Maxiplus sebagai multivitamin tambahan agar cucak ijo makin gacor dan tembakannya ngeplong.

Leave a Comment