Atasi Cucak Ijo Mangap dalam 3 Jam dengan Cara Ini

Ada banyak penyebab kenapa cucak ijo mangap ketika di gantangan ataupun ketika sedang dimaster di rumah. Beberapa di antaranya berhubungan dengan birahi burung yang terlalu tinggi atau karena masalah mental yang kurang fighter.

 

Walaupun sebenarnya ada beberapa penyebab lain kenapa cucak ijo suka melet dan mangap, tapi kedua penyebab itulah yang paling sering membuat cucak ijo Anda jadi tidak mau bunyi.



 

Waktu burung mangap di gantangan, pastinya hal itu sangat memalukan. Sebab cucak ijo Anda akan dilihat oleh semua orang yang ada di arena. Oleh karena itu, jangan sampai kejadian yang sama terulang lagi dengan cara mempelajari bagaimana cara mengatasinya dalam artikel berikut ini.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Cucak Ijo Mangap?

Sebelum mempelajari cara agar cucak ijo tidak mengap di gantangan, Anda perlu tahu bagaimana menyembuhkan melet pada burung.

 

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti sebagai obat burung mangap dan tidak mau bunyi.

 

 

Dimandikan Pakai Air Dingin

Cara yang pertama adalah dengan mandikan burung pakai air dingin. Cara ini sangat efektif untuk menurunkan birahi cucak ijo agar burung kalem lagi dan normal lagi.

Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan untuk memandikan burung pakai air dingin, yaitu:

  1. Siapkan mangkok kecil berisi air dingin, kemudian masukan ke sangkar cucak ijo agar burung mandi sendiri
  2. Masukan air dingin ke botol sprayer, kemudian semprotkan ke burung dari belakang secara perlahan

Anda bisa mengunakan cara kedua jika ternyata burung tidak mau mandi sendiri.

 

Berikan Ulat Bambu

Ulat bambu adalah salah satu EF untuk menurunkan birahi cucak ijo. Karena salah satu penyebab cucak ijo sering loncat loncat dan mangap adalah karena over birahi. Sehingga yang pertama kali harus dilakukan adalah menurunkan birahinya dulu.

Ulat bambu juga bisa menjadi obat alamu burung mengap mengap. Caranya, Anda hanya perlu memberikan 2 sampai 3 ekor ulat bambu saat birahinya sedang naik.

 

Pindahkan ke Kandang Umbaran

Jika cucak ijo Anda mangap-mangap di gantangan dan Anda punya kandang umbaran di rumah, coba pindahkan burung ke kandang umbaran dulu setelah dimandikan. Selain agar bulunya cepat kering, kandang umbaran juga lebih luas sehingga burung bisa bebas bergerak.

Semakin banyak burung bergerak dan loncat-loncat, maka birahinya semakin cepat turun. Nantinya Anda juga bisa menggunakan kandang umbaran ini untuk melatih mental burung agar tidak melet lagi di gantangan.

 

Dikrodong Waktu Malam

Setelah birahinya turun abis dari kandang umbaran, masukan burung ke sangkar lagi dan tutup pakai krodong. Pastikan sangkar burung di taruh di tempat yang sepi, tidak banyak dilewati orang, dan tidak ada hewan liar seperti kucing dan tikus.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Cara Agar Cucak Ijo Tidak Melet Lagi di Gantangan

Setelah tahu bagaimana cara mengatasi cucak ijo yang melet di gantangan, sekarang Anda perlu belajar bagaimana cara agar burung tidak mangap dan bikin malu lagi di gantangan.

 

Nah, berikut ini kami punya beberapa tips yang bisa digunakan.

 

Temukan Settingan yang Pas

Salah satu penyebab kenapa cucak ijo mangap & melet waktu pertama kali digantang adalah karena settinganya belum pas. Masalah settingan ini bukanlah hal yang bisa langsung pas waktu pertama kali dicoba.

Jadi temukan dulu settingan yang pas dengan cara mencoba-coba settingan cucak ijo yang tersebar di internet. Kemudian modifikasi agar sesuai dengan cucak ijo di rumah Anda.

 

Banyak-banyak Latber dan Latihan Umbaran

Latber adalah cara paling bagus untuk melatih metnal burung cucak ijo. Jadi agar burung tidak stress dan kalah mental di gantangan, sering-sering latber dengan cucak ijo teman Anda.

Selain itu sering-sering juga latihan di kandang umbaran agar staminanya makin joss. Sebab kadang ada cucak ijo yang awalnya bongkar isian di gantangan, tapi kemudian langsung mangap karena staminanya habis. Latihan umbaran ini sendiri baiknya dilakukan maksimal 2 sampai 3 kali seminggu.

 

Sering Ajak ke Arena Lomba Walaupun Tidak Ikut

Mengajak cucak ijo ke arena lomba juga bisa membiasakan burung melihat burung lain. Sehingga nantinya tidak kaget waktu digantang dan dikelilingi oleh cucak ijo lain yang lebih gacor.

 

Beri Multivitamin Sebelum Digantang

Yang terakhir, berikan multivitamin sebelum burung dibawa ke gantangan. Anda bisa lakukan tahap ini di rumah atau waktu menunggu giliran di arena lomba.

Multivitamin terbukti dapat meningkatkan birahi burung, membuatnya tidak stress, dan staminanya jadi makin joss. Pilihan vitamin untuk cucak ijo sendiri ada banyak, salah satu yang paling terkenal contohnya seperti Maxiplus.

 

Penutup

Jadi seperti itulah cara mengatasi cucak ijo mangap sekaligus cara agar kasus yang sama tidak terulang lagi. Mangap waktu pertama kali digantangan sebenarnya adalah hal normal. Jadi jangan sampai malu yang dirasakane membuat trauma dan jadi tidak mau ikutan lomba lagi.

Leave a Comment