Bikin Cucak Ijo Ngantuk jadi Seger Lagi Pakai Cara Ini

Selain pada lovebird, cucak ijo ngantuk bisa menjadi masalah yang banyak dialami oleh para kicau mania di Indonesia. Karena ngantukan, burung jadi jarang bunyi, lesu, dan seperti lemas seharian. Kadang cucak ijo terlihat seperti sedang sakit karena tidak mau makan & minum sama sekali.

 

Memang ada banyak masalah yang bisa terjadi ketika memelihara burung cucak ijo. Mulai dari cucak ijo nyekukruk, sering minum, hingga berak air dan putih. Oleh karena itu Anda perlu mempelajari bagaimana cara mengatasi masalah-masalah ini.



 

Nah untuk kali ini, yang akan kita bahas adalah cara mengatasi cucak ijo ngantuk sampai tidak mau bunyi seharian beserta penyebabnya.

 

Ciri-ciri Cucak Ijo Ngantukan, Bukan Sakit Parah

Ciri cucak ijo ngantuk dan sakit memang sangat mirip. Secara garis besar, burung sama-sama tidak akan banyak gerak, tidak respon, dan tidak banyak makan. Tapi ada beberapa gejala yang lebih jelas untuk mengetahui apakan cucak ijo Anda sakit atau memang ngantukan saja. Di antaranya:

  • Burung masih mau makan tapi hanya sedikit dan jadinya cucak ijo sering minum
  • Burung tidak sering buang air, biasanya wadah kotorannya tidak sekotor waktu burung masih normal
  • Pernapasan burung masih teratur.

Jika cucak ijo di rumah Anda tidak mau makan sama sekali, buang airnya sering bahkan berak cair, dan nafasnya seperti sesak, maka kondisinya bukan ngantuk tapi memang sakit.

 

Cara Mengatasi Cucak Ijo Ngantuk

Nah setelah memastikan bahwa cucak ijo Anda hanya ngantuk saja dan bukan sakit parah, sekarang waktunya mengetahui cara mengatasi masalah ini agar burung gacor lagi.

 

Perbanyak Jemur

Selain untuk meningkatkan birahi, sinar matahari juga menjadi sumber energi utama untuk burung kicau. Jika tidak pernah dijemur, burung akan sering lesu bahkan warna bulunya terlihat jauh lebih pudar dibandingkan cucak ijo yang sering dijemur.

Jika memang Anda orang yang sibuk dan tidak punya banyak waktu, setidaknya luangkan waktu 15 menit dari jam 8 pagi sambil siap-siap berangkat kerja. Nanti di hari-hari weekend, barulah jemur burung bisa sampai setengah jam atau satu jam.

 

Sering-sering Ganti Air Minumnya

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ketika ngantukan burung cucak ijo jadi sering minum. Oleh karena itu pastikan air minumnya bersih dengan cara diganti tiap 2 atau 3 jam sekali.

Jika bisa, isi tempat minum burung dengan air matang. Sehingga airnya lebih bersih dan burung tidak sakit perut. Sebab dalam kondisi seperti ini, cucak ijo jadi lebih mudah terserang penyakit. Sebagai gantinya, Anda tidak perlu memberi pakan terlalu banyak jika memang tidak pernah habis.

 

Berikan Multivitamin

Memberi multivitamin juga bisa mengatasi masalah cucak ijo ngantuk sampai tidak mau bunyi sama sekali. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral di dalam multivitamin ini juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi burung agar tidak sakit walaupun jarang makan.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Sebenarnya ada banyak pilihan multivitamin untuk cucak ijo. Tapi jika Anda belum pernah coba memberikan merk apapun sama sekali, kami sarankan coba berikan merk yang terkenal dan sudah terbukti dulu seperti Maxiplus.

 

Pancing dengan Suara Betina

Selanjutnya, coba panjing cucak ijo Anda dengan suara betina yang sudah gacor. Mungkin salah satu penyebab cucak ijo tidak aktif dan sering ngantuk adalah karena tidak ada burung lain yang memancing baik dari luar rumah maupun burung peliharaan lain.

Oleh karena itu Anda bisa coba memberikan suara pancingan cucak ijo betina agar burung lebih aktif. Suara pancingan ini bisa Anda temukan di Youtube dan di berbagai website secara gratis.

 

Rutin Berikan EF

Kadang cucak ijo yang jarang diberikan EF jadi lebih lesu dan tidak banyak bertingkah. Oleh karena itu walaupun tidak mau dimaster atau tidak sering ikut kontes, berikan setidaknya 3 atau 4 ekor jangkrik setiap hari kepada cucak ijo.

Seperti yang Anda ketahui, EF bisa menjadi peningkat birahi burung agar tidak terlalu rendah. Sebab jika burung kurang birahi,

 

Pindahkan ke Kandang Umbaran 3 Hari Sekali

Terakhir, pindahkan cucak ijo ke kandang umbaran sekitar 3 hari sekali. Atau minimal lakukan acara ini 1 minggu sekali untuk melatih fisik dan stamina burung.

Jika dipindahkan ke sangkar yang lebih besar, burung akan jadi lebih aktif karena bisa terbang kesana-kemari. Anda juga bisa pancing menggunakan jangkrik agar cucak ijo datang ke jangkrik tersebut, kemudian pindah ke sisi lain dan pancing lagi pakai jangkrik agar burung terbang ke jangkrik bolak-balik.

 

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara mengatasi cucak ijo ngantuk agar segar dan gacor lagi. Jika burung sudah mulai mau buka paruh lagi, sering-sering dimaster dan dijaga agar birahinya selalu stabil. Dengan begitu cucak ijo akan aktif terus dan makin gacor.

Leave a Comment