9 Cara Bikin Cucak Ijo Telat Panas jadi Gacor di Trek

Jika cucak ijo telat panas ketika mau dibawa ke gantangan, pastinya performa burung jadi tidak maksimal. Yang harusnya mendapat nilai bagus, burung jadi tidak segacor yang Anda persiapkan di rumah. Memang tetap bongkar isian, tapi hasilnya tidak memuaskan.

 

Telat panas biasanya terjadi karena kurang persiapan di hari H. Walaupun dari jauh-jauh hari sudah dimaster, latihan umbaran, dan minum multivitamin, tapi kalau hari H-nya tidak disiapkan dengan baik maka hasilnya nihil.



 

Oleh karena itu dalam artikel kali ini mari kita pelajari bagaimana persiapan burung sebelum naik gantangan yang benar untuk menghindari cucak ijo telat panas.

 

Penyebab Cucak Diam Saat di Trek

Penyebab utama cucak ijo lambat panas hingga kurang respon lawan saat di arena tentunya dipengaruhi oleh birahinya. Jika birahinya tidak naik, maka akan burung akan sulit panas.

 

Tapi, ada beberapa alasan lain kenapa cucak ijo telat panas, misalnya:

  • Sedang sakit atau sedang tidak enak badan
  • Mentalnya belum siap untuk dibawa ke trek
  • Demam panggung
  • Salah settingan

Kalau cucak ijo Anda salah settingan, kemungkinan yang bisa terjadi ada 2. Antara cucak ijo over birahi hingga mangap melet, atau cucak ijo didis di gantangan.

 

Cara Mengatasi Cucak Ijo Telat Panas di Gantangan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, masalah telat panas ini disebabkan rata-rata karena kurang persiapan di hari H. Oleh karena itu kami punya persiapan yang bisa Anda lakukan agar burung siap dibawa ke kontes.

 

1. Berikan EF Sesuai Settingan Dulu Waktu di Rumah

Pertama, berikan 2 ekor jangkrik waktu belum berangkat ke arena trek. Jika waktu malamnya Anda sudah memberi jangkrik, maka di pagi hari berikan 1 ekor saja.

Jangkrik ini nantinya akan menjadi pancingan agar cucak ijo makin cepat panas di siang hari nanti. kalau Anda berangkat di atas jam 6 atau 7 pagi, cucak ijo bisa diembun dulu minimal selama 30 menitan sambil dipancing pakai suara betina.

 

2. Berikan Multivitamin

Selanjutnya, berikan multivitamin dulu sebelum berangkat ke lokasi. Jika Anda belum pernah berikan multivitamin apapun ke cucak ijo atau masih cari-cari vitamin untuk cucak ijo biar gacor, cobalah gunakan Maxiplus.

Tentunya Anda perlu menyiapkan multivitamin ini dari jauh-jauh hari. Selain itu, tes dulu mana vitamin yang cocok dengan burung dan mana yang tidak. Tapi jangan berikan 2 vitamin secara bersamaan.

 

3. Berangkat Pakai Krodong Sangkar dan Jangan Ngebut

Ada 2 pendapat mengenai cara membawa cucak ijo ke lokasi yang benar. Ada yang bilang harus di full krodong, ada juga yang bilang dikrodong setengah.

Dua-duanya sebenarnya sama saja. Asalkan Anda tidak ngebut bawa motornya, burung tidak akan stress dan jadi macet bunyi di lokasi.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

4. Buka Krodong agar Burung Beradaptasi

Setelah sampai di lokasi, buka krodong di tempat yang sepi. Lalu jalan ke sekitar lokasi dengan membawa sangkar burung. Hal ini bisa membuat cucak ijo beradaptasi dan melihat cucak ijo lain yang akan jadi saingannya.

Setelah jalan-jalan, cari tempat yang terkena sinar matahari agar cucak ijo bisa dijemur dulu. Kemudian berikan lagi 2 atau 3 ekor jangkrik agar makin panas.

 

5. Digantang Paling Pertama

Sampai tahap ini harusnya cucak ijo Anda sudah mulai bunyi. Tapi ada satu cara membuat cucak jio buka paruh yaitu dengan digantang paling pertama.

Kebiasaan menggantang burung paling terakhir sebenarnya hanya membuat cucak ijo telat panas jika tidak terus-terusan dipancing. Kalau Anda mau gantang terakhir, harusnya burung dicas atau ditrek dengan burung lain agar emosinya makin panas.

Kalau dibiarkan saja, cucak ijo malah akan dingin lagi. Jadi waktu dinaikan ke gantangan, burung sudah lewat momen birahinya dan performanya tidak maksimal. Oleh karena itu cara nenggar cucak ijo agar birahinya panas terus adalah dengan digantang paling awal agar ia langsung ketemu cucak ijo lainnya.

 

Tips Agar Cucak Ijo Ga Sulit Panas di Arena

Kami juga punya beberapa tips untuk Anda yang punya cucak ijo yang susah panas.

 

Yang pertama, cari setelah cucak ijo yang sulit panas di internet. Ada banyak pilihan yang bisa dicoba satu per satu. Eksperimen dengan cara melihat karakter cucak ijo di rumah Anda. Jika sudah ketemu settingan yang pas, dijamin ga ada lagi masalah cucak ijo kurang respon lawan.

 

Yang kedua adalah sering-sering dilatih mentalnya dengan dibawa ke arena. Walaupun tidak ikut kontes, paling tidak cucak ijo akan terbiasa dikelilingi banyak burung yang lebih gacor. Metode ini adalah cara membuat cucak ijo figher dan agar mentalnya ga gampang drop.

 

Penutup

Cucak ijo telat panas di gantangan itu hal biasa. Yang perlu Anda lakukan adalah belajar dari kesalahan dan mencoba mengatasinya agar tidak terulang lagi dengan cara yang sudah dipelajari tadi.

Leave a Comment