18 Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan Betina Secara Jelas Dan Akurat

Beberapa orang mungkin kesulitan dalam melihat perbedaan cucak jenggot jantan dan betina. Sebab burung ini masuk dalam jenis burung monomorfik, alias burung jantan dan betina memiliki bentuk fisik yang sama.

Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan betina

Yang membedakan cucak jenggot jantan dan betina adalah kegacoran saat dirumah. Cucak jenggot jantan cenderung lebih gacor dibanding betina saat dirumah atau tidak melihat burung sejenis.

Tapi bila anda ingin membeli cucak jenggot untuk dilombakan. Memilih burung CJ betina akan meningkatkan kemungkinan cucak jenggot anda menjadi jawara.

Nah, agar tidak salah dalam memilih jenis kelamin cucak jenggot, ada baiknya anda mempelajari perbedaan fisik cucak jenggot jantan dan betina berikut ini.

Ciri Burung Cucak Jenggot Betina

1. Suara Kicauan Lebih Pelan

Suara cucak jenggot betina lebih pelan dengan nada panjang. Kebanyakan cucak jenggot betina juga bisa mengeluarkan besetan – besetan alaminya tanpa perlu dilatih.

2. Ngleper Jika Bertemu Burung Sejenis

Bila cucak jenggot betina ditempatkan di dekat burung sejenis, ia akan menampilkan perilaku khasnnya yaitu mengetarkan kedua sayap atau disebut ngeleper.

3. Bentuk Supit Udang Renggang

Supit udang burung betina lebih renggang seperti terbuka. Hal ini akan lebih mudah dirasakan ketika burung sudah pernah bertelur, karena supit udangnya akan semakin melebar.

4. Bisa Bertelur Meskipun Tanpa Pasangan

Beberapa dari anda mungkin sudah tau bahwa ada burung betina yang bisa bertelur tanpa pasangan. Hal ini juga bisa terjadi pada cucak jenggot betina. Tetapi tentunya telur akan kosong karena tidak dibuahi oleh jantan.

Biasanya CJ betina akan bertelur jika usianya sudah diatas 8 bulan. Hal ini terjadi karena kondisi yang OB maupun kelebihan extra fooder.

5. Ukuran Tubuh Terlihat Pendek

Ukuran tubuh cucak jenggot betina lebih kecil dan pendek. Bentuk tubuhnya juga terlihat lebih bulat.

6. Bentuk Kepala Kecil dan Bulat

Dibandingkan burung jantan, bentuk kepala burung yang betina lebih kecil dan agak bulat. Selain itu bagian paruhnya juga lebih pipih dan pendek.

7. Ukuran Ekor Lebih Pendek

Cucak jenggot betina memiliki bentuk ekor yang lebih pendek. Bentuknya juga lebih melengkung ke atas.

8. Mata Tampak Kecil

Pada jenis kelamin betina, bentuk matanya lebih kecil dan terlihat tipis. Selain itu matanya juga tidak terbuka semua, melainkan seperti sayu.

9. Warna Bulu Dada Lebih Putih

Yang terakhir adalah warna bulu bagian dadanya. Pada CJ betina, bulu bagian dada di dominasi oleh warna putih, oleh karena itu CJ betina terlihat kusam.

Ciri Burung Cucak Jenggot Jantan

1. Lebih Gacor Saat Dirumah

Baik suara cucak jenggot jantan maupun betina sebenarnya sama – sama gacor. Hanya saja, cucak jenggot yang jantan lebih gacor dan volumenya keras.

Sebagian besar CJ jantan juga mengeluarkan suara ngepik yang sangat keras.

2. Perilaku Khas Yang Tegap

Untuk cucak jenggot yang jantan, perilaku khasnya adalah suka membusungkan dada bila didekatkan dengan betina baik yang gacor maupun yang biasa.

3. Sering Munting Saat Dilombakan

Berbeda dengan disangkar, perilaku cucak jenggot jantan di lapangan menjadi lebih aktif dan cenderung atraktif alias banyak bergerak. Apalagi bila ia melihat burung pejantan lain. Sehingga ia tidak fokus berkicau.

Inilah penyebab cucak jenggot jantan kurang cocok dilombakan.

4. Supit Udang Rapat

Bila anda pegang, bentuk supit udang cucak jenggot yang jantan lebih rapat dan tertutup.

5. Bulu Ekor dan Sayap Tampak Panjang

Untuk yang jantan, bulu di sayap dan ekornya cenderung lebih panjang dan bentuknya lurus rapih. Sehingga CJ jantan terlihat sangat gagah.

6. Ukuran Tubuh Lebih Panjang

Ukuran tubuhnya lebih besar dan terlihat lebih kekar. Dan tentunya jika dipandang dari kejauhan, CJ jantan mempunyai bentuk tubuh yang ideal dan simetris.

7. Postur Tubuh Tampak Gagah

Postur tubuh cucak jenggot jantan lebih tegap dengan dada membusung. Khususnya ketika ia sedang bertengger dan berkicau.

8. Bentuk Mata Besar Dan Menyorot 

Jika anda amati bentuk matanya, mata CJ jantan akan terlihat besar dan melotot. Ini adalah ciri khas dari burung jantan yang mempunyai mentak bagus.

9. Bulu dada Di Dominasi Warna Kuning

Warna bulu CJ jantan terlihat sangat cerah dan bagus karena warna bulu bagian dadanya di dominasi oleh warna kuning. Ciri ini tampak jelas jika dilihat dari dekat.

Kesimpulan

Jadi setelah mengetahui apa saja perbedaan cucak jenggot jantan dan betina, anda bisa tahu burung yang mana yang paling cocok untuk anda pelihara.

Sebenarnya baik yang jantan dan betina sama bagusnya. Jika ingin dijadikan masteran pilih cucak jenggot jantan, tapi kalo mau buat lomba, pilih cucak jenggot betina karena mudah untuk seting birahinya.

 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
   

Leave a Comment