10 Perbedaan Cucak Jenggot dan Kapas Tembak Yang Wajib Anda Ketahui

Banyak orang kesulitan dalam melihat perbedaan cucak jenggot dengan kapas tembak. Sebab bila hanya dilihat sekilas, keduanya memiliki tubuh yang sangat mirip. Bahkan hampir tidak ada bedanya sama sekali.

Baik cucak jenggot dan kapas tembak juga sama – sama berasal dari famili Pycnonotidae alias jenis burung cucak. Keduanya juga memiliki kicauan yang bagus.

Perbedaan cucak jenggot dan kapas tembak baru bisa anda lihat bila diperhatikan secara seksama. Salah satu yang paling mencolok adalah dari karakteristik, sifat, dan bunyi kicauannya.

Perbedaan cucak jenggot dan kapas tembak

Nah agar tidak bingung dalam memilih antara burung cucak jenggot dan burung kapas tembak, berikut ini adalah beberapa perbedaan cucak jenggot dengan kapas tembak serta kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Ciri Burung Cucak Jenggot

Sesuai dengan namanya, ciri khas dari cucak jenggot tentunya adalah janggut yang ada di bawah paruhnya. Janggut yang dimiliki burung ini biasanya berwarna putih ke abu – abuan.

Tetapi bukan hanya itu, ada pula beberapa ciri burung cucak jenggot yang lain yang perlu anda semua ketahui. Di antaranya :

1. Warna Bulu

Burung cucak jenggot memiliki warna bulu coklat atau kuning gelap. Hampir seluruh tubuhnya juga memiliki warna tersebut, kecuali di bagian badan bawahnya.

2. Kepala

Selain janggut, cucak jenggot juga memiliki bulu jambul yang ada di bagian atas kepalanya. Jambul ini juga berwarna coklat gelap dan bentuknya tegak, terlihat jelas.

3. Sifat dan Karakteristik

Burung cucak jenggot adalah jenis burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun hal ini justru membuat kicauannya kurang baik.

Sebab burung , khususnya yang jantan, akan menjadi kurang gacor ketika ia sudah nyaman dan mental petarungnya kurang keluar.

4. Kicauan

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, sifat burung cucak jenggot yang mudah beradaptasi mempengaruhi kualitas kicauannya.

Sebenarnya cucak jenggot adalah burung yang gacor, apalagi bila sudah dimaster. Hanya suaranya agak patah – patah dan isiannya monoton.

Ciri Burung Kapas Tembak

Berbeda dengan cucak jenggot, burung kapas tembak atau merbah belukar ini tidak memiliki janggut di bawah paruhnya. Tetapi, ia memiliki jambul yang sangat mirip.

Selain itu juga terdapat beberapa ciri lain yang menjadi perbedaan cucak jenggot dan kapas tembak. Di antaranya :

  • Jambul kapas tembak tidak setegak cucak janggut dan tidak begitu terlihat
  • Burung kapas tembak memiliki warna tubuh coklat tua dan keabu – abuan
  • Kapas tembak memiliki mental petarung yang sangat kuat
  • Suara kicauannya juga sangat gacor

Tetapi ada satu hal yang terkadang kurang disukai para kicau mania dari burung kapas tembak. Yaitu suaranya yang terlalu kasar dan isiannya terkesan monoton. Tetapi kekurangan ini bisa ditutup dengan kegacoran dan mental fighternya di perlombaan.

Kesimpulan Perbedaan Cucak Jenggot dan Kapas Tembak

Jadi ada 4 hal utama yang menjadi perbedaan antara kedua burung kicau ini. Yaitu :

  1. Jambul dan jenggot
  2. Warna tubuh
  3. Mental dan sifat
  4. Kicauan

Bila anda bertanya “ Bagus cucak jenggot atau kapas tembak untuk dilombakan?”, keduanya sama – sama bagus. Sebab ada kelebihan dan kekurangan kapas tembak dan cucak jenggot masing – masing. Selain itu harga cucak jenggot dan kapas tembak juga tidak jauh berbeda.

Jadi setelah mengetahui apa saja perbedaan cucak jenggot dan kapas tembak, sekarang giliran anda yang memilih ingin jenis burung mana yang ingin dilombakan.


Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment