6 Kunci Utama Agar Cucak Rowo Rajin Bunyi dan Ropel Panjang

Ada beberapa perawatan dan syarat khusus agar cucak rowo rajib bunyi ropel panjang. Sebab burung cucak rowo bukanlah tipe burung yang bisa dipelihara seperti biasa dan bisa langsung gacor.

Agar Cucak Rowo Rajin Bunyi Ropel Panjang

Apalagi jika anda ingin cucak rowo anda bisa ropel panjang. Ada perawatan khusus yang perlu anda jalani dan akan memakan waktu yang cukup lama hingga kicauannya terbukti berkualitas. Jadi, bukan artinya cucak rowo anda tidak bisa gacor dan ropel. Hanya saja perawatannya akan memakan waktu.

Nah untuk lebih jelasnya, anda bisa mengetahui beberapa syarat agar cucak rowo cepat bunyi ropel panjang berikut ini.

Agar Cucak Rowo Ropel Panjang

1. Pilih Anakan Cucak  Rowo Dengan Gen Berkualitas

Bisa dibilang, kualitas kicauan dan kegacoran cucak rowo adalah faktor genetic alias turun menurun. Bila indukan cucak rowo sudah terbukti bisa ropel panjang, maka kemungkinan besar anakannya juga akan memiliki bakat yang sama.

Jadi, pastikan anakan cucak rowo yang anda beli memiliki gen yang baik agar cucak rowo rajin bunyi ropel panjang ketika sudah dewasa. Bila tidak ada indukan yang gacor, lebih baik anda beli cucak rowo bakalan dari hutan asli.

2. Perhatikan Lingkungan Di Sekitarnya

Berikutnya anda juga perlu memperhatikan lingkungan di sekitar sangkar cucak rowo. Sebab suara di lingkungan cucak rowo bisa berpengaruh pada isiannya.

Contohnya bila sangkar cucak rowo berada di dekat jalan dan sering mendengar suara kendaraan, isiannya akan menjadi kurang berkualitas dan tidak jelas. Usahakan sangkar burung ditempatkan di dekat tempat yang terdengar suara alami seperti suara jangkrik atau suara burung liar.

Jadi isian burung cucak rowo akan mengikuti suara – suara alami dari binatang lain yang ia dengar.

3. Jinakan Cucak Rowo

Syarat agar cucak rowo rajib bunyi ropel panjang adalah dengan cara menjinakan cucak rowo. Sehingga nantinya ia akan lebih mudah dimaster dan disetting.

Cara menjinakan cucak rowo sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari sering memberi makan dari tangan, bersiul – siul di depan sangkarnya, hingga rutin memandikan cucak rowo.

4. Beri Voer Yang Tepat

Tidak semua jenis pakan dan voer bisa dicerna oleh perut burung cucak rowo. Bahkan beberapa jenis cucak rowo dengan harga yang mahal juga tidak selalu cocok dengan burung.

Voer yang paling tepat untuk cucak rowo adalah yang memiliki kadar protein dari 12% hingga 18%. Keterangan ini biasanya dituliskan di kemasan voer.

5. Berikan Perawatan Harian Dengan Konsisten

Kunci agar cucak rowo bisa rajin bunyi dan ropel panjang adalah dengan memberikan perawatan harian yang benar dan konsisten. Bila anda malas, cucak rowo justru bisa macet bunyi. Dan cara merawat cucak rowo macet bunyi akan lebih sulit lagi.

Jadi, pastikan anda konsisten dalam memberikan perawatan burung cucak rowo khususnya ketika mabung.

6. Setting Cucak Rowo 2 Minggu Sekali

Untuk melatih bunyinya, anda bisa melakukan penyettingan pada burung cucak rowo minimal 2 minggu sekali. Jangan terlalu sering juga karena bisa membuat burung kelelahan.

Cara setting cucak rowo sebenarnya tidak jauh berbeda dengan burung kicau lain. Yaitu dengan di angin – anginkan dulu pada pagi hari sambil diberi 3 ekor jangkrik. Kemudian di jemur selama 30 menit dan diberi lagi 3 ekor jangkrik.

Kemudian, tempatkan cucak rowo di tempat yang terbuka namun teduh dan biarkan ia mengeluarkan isiannya.

Demikianlah beberapa syarat agar cucak rowo rajin bunyi ropel panjang. Seperti yang telah disampaikan di atas, kuncinya adalah konsisten dan sabar. Sebab perawatan cucak rowo bisa memakan waktu hingga berminggu – minggu bahkan berbulan – bulan sampai cucak rowo gacor.


Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment