6 Perbedaan Cucak Rowo Jantan dan Betina Secara Jelas dan Akurat

Perbedaan cucak rowo jantan dan betina terbilang cukup sulit bila dilihat dengan sekilas. Sebab burung ini merupakan jenis hewan monomorfik alias hewan yang sulit dibedakan jenis kelaminnya bila hanya dilihat dari anatomi dan bentuk tubuh.

Cara yang paling mudah untuk membedakannya adalah dengan melakukan DNA Sexing atau melakukan tes DNA. Cara ini sangat akurat karena dilakukan oleh peneliti professional.

Hanya saja, biaya nya cukup mahal dan memakan waktu yang lama. Sedangkan untuk para peternak, mereka harus bisa mengetahui cucak rowo jantan dan betina dengan cepat ketika ingin dijual.

Oleh karena itu, bila anda seorang peternak cucak rowo atau ingin membeli cucak rowo, berikut ini adalah ciri fisik cucak rowo jantan dan betina yang wajib anda ketahui.

Ciri Cucak Rowo Jantan

Ciri utama dari burung cucak rowo jantan tentunya adalah kicauannya yang paling nyaring. Tetapi, ciri ini baru bisa anda ketahui setelah mendengar selama 2 atau 3 jam suaranya. Sedangkan untuk ciri fisiknya, anda bisa memperhatikan beberapa bagian ini.

1. Bulu Ekor Lebih Panjang

Bulu di ekor burung yang jantan berukuran lebih panjang. Warna di ekornya juga lebih pekat dengan kondisi bulu yang saling rapat. Sehingga tidak banyak jeda antara satu bulu dan bulu yang lain.

2. Warna Bulu Lebih Gelap

Bulu di bagian punggung dan sayap cucak rowo yang jantan biasanya berwarna coklat ke abu-abuan atau warna gelap lainnya. Terdapat pula coretan warna putih di punggungnya.

Sedangkan pada bagian leher dan di bawah dagu burung, warnanya putih bersih dan lebih cerah.

3. Kepala Lebih Besar dan Bulat

Bentuk kepala cucak rowo jantan dan betina juga sebenarnya berbeda. Memang bila dilihat secara sekilas keduanya memiliki kepala yang mirip.

Namun ternyata, kepala cucak rowo jantan lebih bulat sempurna. Pada bagian dahinya juga agak menonjol. Dan ketika sudah dewasa, akan ada belahan bulu pada kepalanya.

Ciri Burung Cucak Rowo Betina

Berbeda dengan cucak rowo jantan, kicauan cucak rowo betina lebih pelan dan merdu. Bahkan jenis yang betina sangat jarang bunyi dan hanya berkicau ketika sedang birahi saja. Nah untuk ciri fisiknya, anda bisa melihat dari beberapa bagian ini.

1. Sifat dan Postur Tubuh

Cucak rowo betina cenderung lebih sering diam dan terlihat malas. Padahal, ini memang sifat aslinya saja.

Selain itu postur tubuhnya juga tidak terlalu tegap. Jadi penampilannya kurang energik.

2. Supit Udang

Supit udang adalah sebutan untuk bagian belakang burung atau lebih tepatnya di bagian dalam ekor. Untuk mudahnya, supit udang ini berada di dekat anus burung.

Pada cucak rowo betina, supit udangnya lebih lemas dan agak renggang. Sedangkan pada burung jantan bentuknya lebih keras dan rapat.

3. Warna

Yang terakhir adalah warnanya. Bagian punggung cucak rowo betina memiliki warna coklat dan kekuningan. Sedangkan pada bagian dagu dan lehernya berwarna putih ke abu – abuan.

Kesimpulan

Jika hanya dilihat sekilas, memang agak sulit untuk mengetahui perbedaan cucak rowo jantan dan betina. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan DNA test seperti yang disampaikan sebelumnya.

Tetapi cara mengetahui perbedaan cucak rowo jantan dan betina yang paling cepat adalah dengan memperhatikan bagian – bagian tubuh yang sudah disebutkan di atas. Cara ini juga sangat efektif bila anda ingin membeli cucak rowo di penangkaran.


Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment