Durasi Lovebird Betina Berkurang? Begini Tips Mengatasinya!

Gak ada habisnya juga nih bahas masalah lovebird, kemaren ada yang tanya ke saya, “paman durasi LB betina saya kok jadi pendek ya padahal tadinya 50 detik, sekarang jadi 5 detik, mohon solusinya paman“.

Sebenarnya kasus durasi ngekek berkurang yang terjadi pada lovebird betina adalah masalah umum yang sering terjadi. Saya yakin deh, bukan cuma dia aja yang ngalamin, pasti sobat semua juga pernah ngalamin.

Apakah durasinya bisa dipulihin lagi? Jawabanya sangat bisa! Buktinya udah banyak lovebird betina saya yang demikian, tapi semuanya bisa kembali ngekek panjang.

Sebagai pengetahuan anda, yuk kita bahas dulu mengenai penyebab hilangnya durasi ngekek pada LB betina agar bisa anda hindari.

 

Penyebab Durasi Lovebird Betina Berkurang

 

1. Over Birahi

Masalah utama yang membuat hilangnya durasi pada LB betina adalah kondisi birahinya yang over alias OB. Seperti yang saya bahas sebelum-sebelumnya kalo LB betina tidak bisa main di kondisi birahi yang tinggi.

Sehingga kalo ia sudah OB, pasti akan banyak masalah yang anda dapati pada gacoan LB betina. Bukan hanya durasi saja, kadang ia tidak mau ngekek, banyak tingkah di lapangan, galak, dan lain sebagainya.

Tentunya penyebab OB sangat beragam, sebagai contoh adalah setingan yang terlalu tinggi seperti menggunakan pakan racikan, dan EF berlebih. Selain itu sering mendengar koloni LB lain atau sering digantang juga bisa membuat kondisi birahinya meningkat.

 

2. Kesalahan Perawatan

Masih ada hubungannya dengan poin nomor 1 diatas, kesalahan perawatan juga bisa membuat durasinya hilang atau berkurang. Kesalahan yang saya maksut adalah kurangnya anda dalam memperhatikan kondisi birahinya.

Semisal anda melihat lagak-lagak birahi tinggi pada LB, tapi tidak segera melakukan tindakan. Sehingga kondisi birahinya semakin naik dan akhirnya terjadi Over Birahi.

Setelah tahu penyebab utamanya, langsung saja mari kita kupas sampai habis mengenai terapi pemulihan durasi lovebird betina.

 

Cara Memulihkan Durasi Lovebird Betina

1. Lakukan Pengembunan Setiap Hari

Terapi pertama yang wajib anda lakukan adalah pengembunan, sudah bukan rahasia lagi kalo embun pagi benar-benar sangat bagus untuk menyetabilkan birahi lovebird.

Tapi momok utama saat ingin melakukan terapi ini adalah malas bangun pagi, mulai sekarang ayo semangat bangun pagi biar bisa ngembunin gacoan hehe. Gausah pagi-pagi deh, embunin jam 5 sampai jam 6.15 saja udah cukup kok.

 

2. Mandi Pagi Secara Rutin

Perawatan khusus selanjutnya setelah pengembunan adalah mandi pagi. Anda bisa memandikan lovebird pada jam 6.15 atau jam 6.30 WIB. Pemandian sangat simpel, gunakan semprotan dan semprot ia hingga basah kuyup. Walaupun yang punya belum mandi gapapa deh yang penting si LB udah mandi (kebiasaan kicaumania) wkwkwk.

Sambil dimandiin, jangan lupa untuk membersihkan sangkar dari kotoran maupun sisa kulit milet. Oh iya, ganti juga air minumnya dengan yang baru untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai sangkar udah bersih kok air minumnya masih kotor kaya air comberan.

 

3. Kurangi Waktu Penjemuran

Nah setelah mandi jangan dijemur dulu, tunggu hingga bulunya udah benar-benar kering baru deh kalo mau dijemur. Perlu saya garis bawahi ya, lakukan penjemuran maksimal selama 10 menit selama durasinya belum pulih.

Kenapa kok cuma sebentar paman? Kan bagus buat ngelatih nafas LB. Yah cape deh om, bagus sih bagus, tapi kalo kondisinya lagi OB kok dijemur lama ya malah makin parah jadinya.

Gak percaya? Coba aja sendiri tapi resiko ditanggung penumpang ye wkwkwk. Udah ikut anjuran pak dokter pamankicau aja, maksimal 10 menit.

 

4. Berikan Glodok Selama Terapi

Nah ini yang masih rahasia dan banyak orang belum tau, memberikan glodok untuk pemulihan durasi LB betina. Anda bisa menggunakan glodok bambu di kandang kapsul, maupun menggunakan glodok biasa di kandang kotak, sembarang deh asal anda suka aja.

Apakah di glodok setiap hari paman? Iya jelas dong, jangan lupa rawatan diatas diterapin juga. Durasi pengglodokan ini sesuaikan dengan kondisi LB anda, kalo durasinya udah pulih bisa cabut glodok atau pindah ke sangkar semula.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Kalo tidak di glodok gimana paman? Tidak masalah juga kok, ini hanya solusi tambahan untuk mempercepat pemulihan durasinya.

Baca : Metode Seting Glodok Rahasia Stabilkan Birahi Lovebird

 

5. Harian Non Kerodong

Setelah melakuan ritual-ritual diatas, selanjutnya anda bisa memasukan lovebird ke dalam rumah atau diangin-anginkan didepan rumah. Yang penting tempatkan lovebird di tempat yang teduh dan adem, kalo bisa yang semilir angin.

Selama proses ini, cukup diablak (non kerodong) setiap hari. Biar apa paman? Biar ia gak sumpek, karena kerodongnya mambu gak pernah dicuci wkwkwk becanda paman.

 

6. Berikan Pakan Polosan

Terlalu sering memberikan pakan racikan juga tidak bagus untuk LB betina, maka dari itu cukup berikan ia pakan polos. Apa itu pakan polosan? Yakin belum tau? Pakan polosan itu sebutan bagi milet putih kiloan yang masih murni (belum dicampur bahan apapun).

Selain itu anda bisa berhenti memberikan EF jagung dan kangkung terlebih dahulu. Sebagai gantinya, berikan saja EF berupa timun atau mentimun. Sudah tau manfaat timun kan? Kalo belum tau, baca dulu nih manfaat timun untuk Lb.

 

7. Jangan Dengarkan Suara Koloni Lovebird

Cemrowet suara koloni lovebird ternyata sangat memancing birahi, entah apa yang menyebabkan terpancingnya birahi saya juga tak tau. Oleh sebab itu, jauhkan terlebih dahulu dengan koloni lovebird sampai ia tidak bisa mendengar suaranya.

Kalo susah ya anda bisa nitipin ke temen dulu atau ke rumah tetangga untuk sementara waktu. Jangan lupa, kasih rokok sebungkus dulu biar mereka mau di titipin burung.

 

8. Jangan Digantang Dulu

Yang terakhir adalah jangan digantang terlebih dahulu hingga ia benar-benar pulih. Wong dengar suara banyak lovebird di kandang koloni aja gak boleh, apalagi mau digantang.

Stop dulu hasrat gantangan anda yang meronta-ronta, oh saya lupa kan sekarang gantangan pada libur gara-gara corona. Jadi pas banget nih buat pulihin durasi lovebird dirumah.

Gimana sudah jelas apa belum paman? Pastinya udah jelas dong, kan saya udah bahas secara lengkap dan super detail.

Begitulah terapi yang saya lakukan untuk mengembalikan durasi lovebird betina yang hilang atau berkurang. Menurut pengalaman saya sih memakan waktu seminggu sampe 2 minggu, pastinya juga sesuai kondisinya masing-masing.

Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan semuanya ya, kalo masih bingung atau pengen tanya sesuatu silahkan tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa bagikan ya, Terimakasih.

     

Leave a Comment