Update Harga Burung Kakatua Jambul Kuning, Raja, Putih, Import

Harga burung kakatua memang cukup mahal, namun sangat digemari. Kakatua memang sangat lucu dan menggemaskan sehingga cocok banget untuk peliharaan dirumah.

Apakah kamu berminat membeli untuk dijadikan hewan kesayangan dirumah? Sebelum itu cek informasi harga berbagai jenis burung kakatua disini!

Jenis dan Harga Burung Kakatua

Jenis burung kakatua tertentu begitu banyak peminatnya. Salah satu faktornya yakni merupakan hewan endemik yang keberadaannya langka.

1. Burung Kakatua Galah

Harga burung kakatua Galah kisaran 20 hingga 30 juta rupiah. Kakatua Galah adalah burung endemik Australia yang gagah dengan tubuh yang cukup besar. Di habitat aslinya, burung ini cukup banyak sehingga dijual bebas.

Harga burung kakatua galah tembus 30 juta

Harga Kakatua Galah yang relatif mahal ini dikarenakan hewan impor yang membutuhkan perawatan khusus. Jadi, di Indonesia saat ini hanya kalangan tertentu saja yang memeliharanya.

Kendati bandrol harga burung kakatua Galah relatif mahal, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Burung kakatua Galah ini bisa dilihat kebun binatang dengan koleksi jenis burung yang lengkap.

2. Kakatua Jambul Kuning

Sebagai pecinta kicau, Anda pasti tidak asing lagi dengan kakatua jambul kuning. Populer sebagai burung eksotis yang cantik, membuatnya lebih diminati.

Kakatua jambul kuning semakin banyak diminati

Tampilan fisik cantik dengan bulu putih bersih yang hampir menutupi seluruh tubuh dengan ciri khas jambul kuningnya. Mempunyai karakter yang tenang, hewan ini cocok untuk menjadi koleksi Anda. Harga burung kakatua Jambul Kuning kisaran 2,5 juta hingga 5 juta rupiah.

Populasi kakatua jenis ini kian menurun. Maka, Anda perlu memberikan perawatan secara benar agar satwa cantik ini bisa tumbuh dengan baik. Kepemilikan satwa ini juga tidak sembarangan, sesuai dengan ketetapan pemerintah.

Untuk saat ini anda bisa membeli kakatua jambul kuning di beberapa penangkaran, saran saya mending beli yang masih loloh biar nanti besarnya bisa jinak sama kita.

Anda juga harus memiliki sertifikat resmi dari penangkar. Tanpa sertifikat tersebut, maka Anda akan terkena pasal atas pembelian satwa ilegal.

3. Burung Kakatua Jambul Orange

Jenis lain yang tak kalah populernya di kalangan pecinta burung yakni kakatua Jambul Orange. Habitat asli burung cantik ini berada di Pulau Sumba. Anda bisa memelihara kakatua Jambul Jingga ini dengan legal, sebab populasinya masih terjaga.

Kakatua jambul orange dengan harga yang terjangkau

Tampilan fisik burung ini hampir serupa dengan kakatua jambul kuning. Hanya warna jambulnya saja yang berbeda. Harga Burung Kakatua jambul orange ini berkisar antara 2 juta sampai 4 juta rupiah.

Banyak orang menyukai Kakatua jambul orange sebab bisa menirukan suara manusia. Tentunya Anda harus memiliki perlengkapan dan mengetahui info perawatan sebelum memelihara kakatua Jambul Orange. Sehingga burung kakatua terawat dengan baik.

4. Burung Kakatua Jambul Putih

Jenis kakatua jambul putih atau kakatua putih satu ini dapat Anda miliki dengan merogoh kocek yang dalam. Meskipun mempunyai ciri fisik yang menyerupai jambul orange dan kuning, namun harganya jauh berbeda. Harga burung kakatua jambul putih tiap ekornya menyentuh 25 juta rupiah.

Kakatua putih merupakan jenis kakatua dengan rekor harga tertinggi

Kakatua jambul putih adalah satwa endemik Indonesia. Habitat aslinya dari wilayah Maluku Utara. Yang mana termasuk hewan langka, tak heran harganya dibandrol begitu tinggi. Selain itu prosedur kepemilikan secara legal kakatua jambul putih ini tidak mudah dan ribet.

5. Burung Kakatua Jambul Hitam

Selain jenis jambul putih, harga burung kakatua paling tinggi yakni Jambul Hitam atau kakatua Raja. Burung yang dikenal Black palm cockatoo termasuk satwa langka. Habitat asli burung ini yaitu di Papua dan hutan hujan Australia.

Kakatua raja atau kakatua jambul hitam dengan kasta kakatua tertinggi

Tinggi burung kakatua jambul hitam dewasa bisa mencapai 60 cm. Selain karena tampilan fisiknya yang menarik, cara mendapatkan pun tidak mudah.

Kisaran harga burung kakatua jambul hitam dewasa sebesar 200 juta rupiah lebih. Sementara untuk anakan  kakatua jambul hitam antara 50 juta hingga 100 juta rupiah per ekor.

Tabel Harga Semua Jenis Kakatua

Jenis KakatuaHarga (Estimasi)
Kakatua galahRp. 20.000.000 - Rp. 30.000.000
Kakatua jambul kuningRp. 2.500.000 - Rp. 5.000.000
Kakatua Jambul orangeRp. 2.000.000 - Rp. 4.000.000
Kakatua putihRp. 20.000.000 - Rp. 25.000.000
Kakatua Raja /Jambul hitamRp. 50.000.000 - Rp. 200.000.000

Informasi diatas bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli burung favorit. Harga burung kakatua tiap jenis berbeda, mulai dari yang ramah kantong hingga yang begitu mahal.

Harga sewaktu-waktu bisa berubah karena kondisi pasar ataupun faktor lainnya, tapi range harga standar tidak jauh dari referensi diatas.

Leave a Comment