13 Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina Secara Jelas dan Akurat

Bila anda ingin memelihara burung jalak suren, anda perlu tau dulu perbedaan jalak suren jantan dan betina. Apalagi bila anda ingin memeliharanya untuk burung ocehan, bukan untuk diternak dan diloloh untuk dijual.

Sebab jenis kelamin burung ini akan sangat mempengaruhi kualitas kicauannya. Dan sudah pasti, burung jalak suren jantan memiliki kicauan yang lebih bagus dibandingkan yang betina.

Kicauan pada burung sebenarnya digunakan untuk menarik pasangan lawan jenisnya. Sehingga burung akan lebih gacor bila ia sedang dalam kondisi birahi tinggi. Tak heran, burung jalak suren yang sedang birahi bisa mengeluarkan isian – isian yang sangat gacor dan bervariasi.

Nah, agar tidak salah dalam memilih burung jantan dan betina, kalian sebaiknya memperhatikan ciri burung jalan suren jantan dan betina berikut ini.

Ciri Burung Jalak Suren Jantan

1. Ukuran Tubuh Lebih Besar

Ciri burung jantan yang pertama pada jalak suren adalah ukuran tubuhnya. Pada burung yang jantan, tubuhnya jelas terlihat lebih besar bahkan sejak masih anakan.

Ketika sudah dewasa, tubuhnya juga berbentuk seperti lebih lonjong dan memanjang.

2. Bentuk Paruh Panjang Dan Tebal

Bentuk paruh pada burung pejantan juga lebih panjang ke depan. Bila anda pegang, rasanya paruhnya juga lebih kokoh dan keras.

3. Bentuk Ekor Panjang dan Rapat

Ekor jalak suren jantan juga berbentuk lebih panjang dibandingkan yang betina. Posisi bulu – bulunya juga lebih rapat.

4. Warna Sangat Cerah Dan Tajam

Perbedaan burung jalak suren jantan dan betina yang berikutnya bisa anda lihat dari warna bulunya. Sebab pada burung yang jantan, terdapat bulu dengan warna yang lebih cerah dan pekat pada beberapa bagian tubuhnya. Contohnya seperti di punggung, dada, dan di atas kulit mata.

5. Suara Kicauan Gacor dan Bervariasi

Sebenarnya baik jalak suren betina maupun yang jantan sama – sama memiliki suara kicauan yang merdu. Tetapi bila ditanya “jalak suren betina dan jantan bagus mana?”, jawabannya tetap burung yang pejantan.

Selain karena burung jantan lebih mudah mengingat isian, suara kicauannya juga lebih nyaring dan gacor.

6. Perilaku Jambul Ketika Berkicau atau Mompa

Dan ciri yang terakhir pada burung jantan adalah perilakunya ketika sedang berkicau. Burung ini akan mengeluarkan ciri khasnya yaitu mengembangkan jambul ketika sedang mengeluarkan isiannya.

Perilaku ini biasa dikenal dengan istilah mompa, karena gaya nya yang ngotot dan mangut layaknya orang mompa.

Ciri Burung Jalak Suren Betina

Bisa dibilang ciri burung jalak suren betina adalah kebalikannya dari yang jantan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ciri untuk burung yang betina.

  • Bentuk kepalanya lebih kecil dan paruhnya lebih pendek
  • Ukuran tubuh yang betina juga lebih kecil dan kakinya lebih pendek
  • Dibandingkan yang pejantan, ekor burung yang betina juga lebih pendek dan bulunya kurang rapat
  • Warna bulu jalak suren yang betina lebih kusam dan untuk bagian yang berwarna putih, warnanya lebih kotor
  • Seperti yang dijelaskan sebelumnya, suara kicauan yang betina sama – sama gacor tetapi isiannya lebih monoton
  • Dan yang terakhir, burung betina tidak mengembangkan jambulnya ketika sedang berkicau

Perbedaan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina Paling Akurat

Perbedaan dari jalak suren pejantan dan betina yang paling akurat adalah dengan melihat DNA nya. Sebab terdapat perbedaan DNA antara burung jantan dan betina.
Tetapi, cara ini hanya bisa dilakukan di laboratorium atau yang bisa disebut dengan nama metode DNA Sexing. Dan cara membedakan jenis kelamin jalak suren yang satu ini 100% akurat karena dilakukan oleh professional.

Kesimpulan

Jadi setelah mengetahui perbedaan jalak suren jantan dan betina, anda jadi bisa mengetahui burung dengan jenis kelamin mana yang ingin anda beli. Bila hanya untuk dimaster, mungkin yang jantan saja sudah cukup. Tetapi bila untuk diternak, tentunya anda harus beli sepasang burung.


Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment