Jenis Murai Batu Terpopuler di Dunia dari Indonesia

Indonesia memiliki banyak jenis murai batu terpopuler yang bukan hanya diincar oleh kicau mania dari dalam negeri namun juga dari berbagai negeri tetangga. Bahkan banyak pencinta burung kicau yang rela terbang ke Indonesia hanya demi mencari murai batu terbaik untuk dikembangkan di negara asalnya.

 

Sebagai negara yang dulunya memiliki banyak kawasan hutan, Indonesia memang punya berbagai macam jenis burung yang hanya bisa ditemukan di sini. Meskipun murai bukan menjadi salah satunya, namun tidak sedikit pula jenis – jenis murai batu terbaik yang hanya ada di Indonesia.



 

Bila Anda juga seorang kicau mania, mengetahui jenis – jenis murai batu terpopuler di dunia yang berasal dari Indonesia bisa menjadi modal ilmu ketika ingin memiliki burung murai sendiri.

 

5 Jenis Murai Batu Terpopuler dari Indonesia

Nah, untuk Anda yang punya rencana memelihara murai batu namun bingung ingin beli jenis yang mana, berikut ini kami akan merekomendasikan jenis – jenis murai batu paling populer di Indonesia.

1. Murai Batu Lampung

Saat ini, mungkin murai batu lampung agak sulit ditemukan. Namun jika Anda meluangkan sedikit waktu untuk mencari di kios toko burung, maka waktu yang Anda habiskan akan sepadan dengan hasil yang didapat. Sebab tidak bisa disangkal lagi, murai batu lampung adalah salah satu jenis murai terbaik yang ada di Indonesia.

Burung jenis ini selalu memiliki mental fighter yang tinggi dan tidak mudah takut. Sehingga sangat cocok untuk dibawa ke kontes atau perlombaan.

Meskipun begitu, bulu di tubuhnya tidak secantik murai jenis lain. Karena panjang ekornya hanya kurang lebih 12 cm dan bulu di area dadanya cenderung lebih gelap.

 

2. Murai Batu Nias

Berikutnya ada burung murai batu Nias yang punya daya tarik sendiri di mata para pencintanya. Salah satu ciri khas dari murai jenis ini adalah bulu ekor yang berwarna hitam selurunya, tanpa ada corak putih sama sekali. Hal inilah yang membuat murai batu Nias disebut murai blacktail.

Dibandingkan jenis murai lainnya, bisa dibilang murai batu Nias punya ukuran tubuh yang kecil. Namun panjang ekornya bisa mencapai ukuran 17 hingga 20 cm ketika sudah dewasa.

Murai batu Nias juga punya kemampuan menirukan suara burung lain dengan cepat. Sehingga bisa memiliki isian yang banyak.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

3. Murai Batu Kalimantan

Kebalikan dari murai batu Nias, jenis murai yang berikutnya ini punya warna ekor yang penuh dengan warna putih tanpa ada corak hitam sama sekali. Jenis ini disebut murai batu Kalimantan atau Borneo karena asalnya dari pulau Kalimantan.

Keunggulan dari murai batu Kalimantan selain corak putih di ekornya adalah warna dadanya yang cerah. Bahkan semakin cerah warna bulu oranye di dada murai batu Borneo, maka semakin mahal harga jualnya.

 

4. Murai Batu Lawo

Berikutnya ada burung murai batu terkenal karena punya harga paling terjangkau, yaitu murai batu lawo. Jenis murai ini berasal dari pulau Jawa dan paling mudah ditemukan di kios – kios maupun pasar burung.

Murai batu lawo punya body kecil dan ekor yang panjangnya hanya 10 cm. Namun jika dimaster, suara kicauannya tidak kalah gacor dengan murai yang lain.

 

5. Murai Batu Medan

Terakhir, ada burung murai batu yang bagus untuk kontes kecantikan yaitu murai batu Medan. Dianggap murai terbaik untuk kontes kecantikan karena warna bulunya yang hitam mengkilat bila terkena sinar matahari.

Bukan hanya itu, panjang ekornya juga bisa mencapai 30 cm ketika sudah dewasa dengan corak campuran putih dan hitam.

 

Demikianlah beberapa jenis burung murai batu terpopuler di dunia dari Indonesia. Bila Anda ingin murai punya bulu yang terawat serta suara yang gacor, selalu berikan Maxiplus sebagai vitamin tambahan.

Leave a Comment