Kacer Cuma Diam Saat Lomba? Segera Atasi Dengan Cara ini

Agar burung kacer tidak drop saat lomba sedang berlangsung, anda perlu mempersiapkan langkah mengatasi kacer diam saat lomba. Sebab pastinya, kacer yang tiba – tiba drop dan tidak mau berkicau saat lomba bisa membuat malu dengan peserta lain. Jadi baiknya anda persiapkan matang – matang semua rencana anda, termasuk rencana cadangan jika kacer cuma diam saja.

Perlu anda ketahui, perawatan kacer sebelum lomba bukan hanya sebatas sampai H-1 saja. Tapi anda tetap perlu memberikan perawatan sampai hari H lomba untuk menjaga stamina dan birahinya. Karena seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak jarang kacer tiba – tiba diam saat lomba.

Agar anda tidak mengalami masalah yang sama, sebaiknya anda pelajari dulu beberapa hal ini.

 

Penyebab Kacer Drop Atau Hanya Diam

Faktor utama yang menyebabkan kacer cuma diam atau ngedrop saat lomba adalah kurang mental fighter. Burung yang belum biasa melihat kacer lain dalam satu tempat yang sama bisa membuat mentalnya drop dan takut.

Tapi, terdapat beberapa faktor pendukung lainnya yang membuat kacer anda diam ketika dilombakan. Di antaranya adalah :

  • Kacer demam panggung karena baru pertama atau beberapa kali digantang.
  • Minder karena burung masih muda.
  • Takut dengan keramaian orang.
  • Overbirahi biasanya mbagong saat bertemu lawan.
  • Kurang birahi biasanya ngoech sedikit-sedikit lalu diam.
  • Kacer lapar atau haus.
  • Settingan tidak cocok alias kurang pas
  • Stamina kacer habis karena sudah berkicau ngotot sebelum naik gantangan.
  • Stress.
  • Kacer kelelahan di perjalanan

 

Gimana Cara Mengatasi Kacer Diam Saat Lomba

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, kini anda perlu paham langkah yang harus dilakukan untuk mengtasi kacer diiam saat lomba. Berikut ini adalah langkah – langkahnya.

 

1. Pastikan Mental Kacer Sudah Siap Untuk Lomba

Sebelum anda melombakan kacer pastikan gacoan kacer yang akan dilombakan sudah siap, baik dari segi umur, mental, maupun kesiapan fisiknya.

Umur ideal kacer yang sudah siap lomba adalah minimal 2x mabung atau sekitar 1,5 tahun. Pastikan juga ia punya mental yang bagus, atau anda coba dulu untuk di trek dirumah dan nilai sendiri kemampuannya.

Ini adalah syarat utama agar kacer tampil maksimal dan tidak mengecewakan saat main. Kalo sudah terpenuhi, mari kita lanjut ke cara berikutnya.

 

2. Benahi Perawatan Harian Kacer Anda

Setiap kacer mempunyai karakteristik yang berbeda, oleh karena itu perawatan kacer tentunya berbeda satu sama lain. Sebelum menerapkan perawatan yang tepat, ketahui dulu kacer anda merupakan kacer tipe panas atau tipe dingin.

Setelah itu berikan perawatan yang sesuai dengan karakter atau tipe kacer anda.

Dengan perawatan harian yang bagus, performa kacer semakin lama akan semakin membaik dan akan tampil maksimal di arena lomba.

 

3. Berikan EF Sesuai Settingan Meskipun Sudah di Tempat Lomba

Kebanyakan orang tidak memberi EF lagi sesuai jadwal ketika sudah hari H. Hal ini menyebabkan birahi kacer kurang tinggi dan dia tidak mau berkicau. Jadi, beri saja EF sesuai settingan harian yang anda gunakan.

Tapi hati – hati juga jangan terlalu banyak memberi EF. Sebab nanti kacer bisa over birahi dan berujung ke masalah yang sama.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

4. Datang Lebih Awal Agar Kacer Bisa Adaptasi

Adaptasi dengan lingkungan lomba sangat penting agar kacer tidak stress. Salah satu caranya adalah dengan membuka sedikit krodong sangkarnya agar kacer bisa lihat suasana di luar.

Nah, bila kacer anda baru pertama kali ikut lomba, kami sarankan anda datang lebih awal. Sebab nantinya kacer bisa beradaptasi dengan lebih lama tanpa terburu – buru.

 

5. Jemur Bila Sempat

Proses penjemuran juga bisa mempengaruhi performa burung kacer ketika lomba. Jadi bila sempat, jemur dulu kacer minimal selama 15 menit. Atau bila ada sinar matahari di tempat lomba, anda bisa menjemurnya on the spot sembari beradaptasi.

 

6. Pastikan Sangkar Bersih

Sebelum berangkat, pastikan dulu sangkar kacer sudah dibersihkan dan sudah ada makanan seperti biasa. Hal ini bisa membuat kacer lebih nyaman di perjalanan. Ketika sudah mau naik ke gantangan, barulah anda bisa mengambil wadah pakannya.

 

7. Beri Tambahan Suplemen

Selain dengan beberapa tips diatas, anda juga perlu memberikan suplemen atau vitamin tambahan. Kenapa harus menggunakan suplemen? Karena kacer membutuhkan banyak tenaga untuk berkicau di arena lomba.

Suplemen sangat membantu untuk mendongkrak tenaga kacer, pastikan juga anda memberikan vitamin yang terbaik untuk kacer. Gunakanlah Maxiplus sebagai suplemen pendongkrak kacer anda agar tampil maksimal di arena lomba.

 

Demikianlah beberapa cara mengatasi kacer diam saat lomba dan faktor penyebabnya. Yang terpenting adalah anda harus terus konsisten dalam pemberian EF dan perawatan sampai hari H. Dan pastikan pula kacer tidak mengeluarkan isiannya dulu sebelum giliran lomba.

Leave a Comment