Begini Cara Atasi Kacer Kurang Fighter Ala Om Agus KMI

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kacer kurang fighter. Bahkan sebenarnya, mental fighter kacer akan terbentuk secara alami dengan sendirinya.

Tetapi tidak semua kacer punya tingkat mental dan keberanian yang sama. Oleh karena itu yang perlu anda lakukan adalah melatih mental fighter burung agar tidak gampang stress ketika bertemu burung lain.

Apalagi bila kacer yang anda loloh sejak kecil sudah disiapkan untuk kontes atau lomba. Tanpa mental fighter yang kuat, burung kacer tersebut akan langsung stress dan hanya diam selama lomba karena terlalu banyak kacer di satu tempat yang sama.

Nah bila anda belum mengerti bagaimana cara melatih mental kacer, berikut ini kami akan berikan tips dari Om Agus agar kacer bisa tambah fighter.

 

Penyebab Mental Kacer Sulit Terbentuk

Meskipun mental fighter pada burung kacer bisa terbentuk dengan sendirinya, namun ada beberapa faktor eksternal yang menyebabkan mental tersebut tak kunjung terbentuk dan kacer tetap menjadi penakut. Salah satunya adalah karena perawatan yang anda berikan kurang tepat. Seperti contohnya :

  • Terlalu sering mengkrodong sangkar kacer
  • Terlalu sering diadu sehingga hasrat tarungnya hilang.
  • Jarang diberi EF
  • Jarang membawa kacer ke luar rumah atau ke halaman terbuka
  • Tidak pernah latber
  • Jarang diberikan multivitamin
  • Jarang memandikan kacer
  • Perawatan yang tidak konsisten
  • Stress
  • Trauma karena pernah diserang binatang dari luar sangkar
  • Jarang dijemur
  • Burung kacer mau mabung

 

Nah sebelum terlambat, sebaiknya anda hindari dulu faktor – faktor penyebab di atas agar pembentukan mental fighter bisa lebih cepat.

 

Cara Mengatasi Kacer Kurang Fighter

Bila jadwal lomba sudah mulai dekat dan kacer anda belum terlihat mental fighter yang kuat, sebaiknya anda lakukan langkah perawatan di bawah ini untuk mengatasinya.

 

1. Lakukan Latber Dengan Rutin

Latber atau latihan bersama sangat penting untuk membiasakan burung kacer agar tidak stress dan takut ketika melihat burung lain. Mengingat kacer ini adalah hewan teritorial dan akan mengeluarkan sifat petarungnya bila ada burung jenis lain yang mendekat.

Bila memungkinkan, lakukan latber dengan burung yang berbeda – beda. Tidak perlu setiap hari, yang penting latihannya dilakukan secara rutin dan konsisten.

Jadwal terbaik untuk membawa kacer ke arena lomba atau latber adalah maksimal seminggu sekali. Jangan terlalu sering dan terlalu lama tidak melihat lama agar performa kacer tetap stabil.

 

2. Hanya Gunakan Krodong di Malam Hari

Kacer yang terlalu sering dikrodong akan menganggap teritorinya sebatas sangkar saja. Untuk menghindari hal ini, anda perlu membuka krodong sangkar di siang hari kecuali bila kacer sedang sakit atau mabung.

Bahkan bila perlu, taruh kacer di sangkar umbaran dari pagi hingga siang hari. Selama di umbaran, anda juga bisa melatihnya dengan audioterapi suara kacer.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

3. Gunakan Waktu Untuk Istirahat Total

Agar kacer tidak overtrain dan terlalu lelah, anda perlu memanfaatkan waktu malam untuk istirahat total. Hal ini juga menjadi langkah mengatasi kacer kurang fighter, sebab bila overtrain kacer bisa lemas dan tidak punya stamina saat lomba.

Gunakan krodong pada sangkar kacer di malam hari dan tempatkan kacer di tempat yang tidak terganggu oleh manusia ataupun hewan lain.

Akan lebih bagus lagi kalo lampu di matikan pada malam hari, dengan begitu kacer akan benar-benar istirahat total.

 

4. Tingkatkan Pemberian EF

Anda bisa memberikan Ef dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya. Selain itu tambahkan juga EF yang bisa memancing fighter kacer seperti kelabang dan ekor cicak.

Berikan kedua EF tersebut seminggu sekali secara bervariasi, misal senin dikasih tambahan ekor cicak, kemudian jumat dikasih kelabang.

Pengalaman Om Agus, kelabang dan ekor cicak sangat bagus untuk mendongkrak jiwa fighter kacer.

 

5. Berikan Vitamin Terbaik

Selain dengan perawatan diatas, akan lebih bagus lagi kalo di dongkrak dengan multivitamin. Berikan multivitamin terbaik seperti Maxiplus, cukup teteskan vitamin Maxiplus setiap pagi untuk mendongkrak tenaga dan jiwa fighter kacer.

 

Seperti itulah beberapa cara mengatasi kacer kurang fighter dan faktor penyebab yang wajib anda hindari. Jangan lupa memberikan multivitamin tambahan untuk menjaga kondisi kacer agar tidak sakit meskipun dilatih setiap hari.

     

Leave a Comment