Cara Membedakan Kacer Trotol Jantan dan Betina 100% Akurat

Dalam ternak burung kacer, tentunya anda perlu tahu cara membedakan anakan kacer jantan & betina. Sebab keduanya memiliki harga yang berbeda dan tidak semua pelanggan ingin membeli sepasang anakan kacer.

Cara membedakan Kacer Trotol Jantan dan betina
Omkicau.com

Jika anda telah membaca panduan ternak kacer, pasti anda sudah tahu jika ada banyak cara membedakan kacer jantan dan betina masih anakan. Mulai dari paruh, bulu, kepala, dan bagian – bagian fisik lainnya.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas satu per satu perbedaan anakan kacer jantan dan betina dalam berbagai cara.

 

Ciri Kacer Trotolan Jantan

Berikut adalah beberapa ciri umum anakan kacer jantan, anda bisa menggunakan ciri ini sebagai patokan ketika ingin membeli trotolan kacer. Yuk simak baik-baik

1. Warna Paruh Hitam Pekat

Ciri pertama adalah dengan melihat bentuk paruhnya. Atau lebih tepatnya dengan melihat warna pola “Λ”  yang ada di bawah paruh kacer.

Pada kacer anakan jantan, pola paruh tersebut berwarna hitam pekat. Anda harus melihat secara dekat agar bagian ini terlihat dengan jelas.

Selain itu, paruh kacer jantan memiliki bentuk yang lebih kecil dan pendek serta cenderung tumpul di bagian ujungnya

 

2. Tubuh Tampak Gagah

Cara berikutnya dalam mencari perbedaan anakan kacer jantan dan betina adalah melalui ukuran tubuhnya. Jika diperhatikan ukuran tubuh kacer jantan dan betina jelas berbeda.

Membedakan anakan kacer jantan dan betina
Kacer Trotol Jantan

Anakan kacer jantan memiliki tubuh yang lebih besar dan lebih aktif. Selain itu,  tubuh kacer trotolan jantan tampak lebih langsing, dada lebih bidang, dan saat berdiri terlihat sangat tegap.

Ciri ini anda bisa gunakan sebagai patokan jika kacer sudah berumur 2 bulan keatas. Karena kalo masih dibawah 2 bulan, biasanya tubuh kacer terlihat gemuk semua.

3. Warna Bulu Lebih Tegas

Selain dari ukuran tubuhnya, anda juga bisa melihat warna bulunya. Bulu kacer trotolan jantan memiliki warna hitam legam dan terlihat tegas, khususnya pada bagian punggung dan sayapnya.

Cara untuk melihat bagain ini juga tidak boleh sembarangan agar tidak keliru, anda bisa mengeluarkan anakan kacer di tempat yang cerah (luar rumah).

Namun saat malam hari, warna bulunya nyaris sama dan sangat susah untuk dibedakan.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

4. Kepala Besar dan Pipih

Kacer trotol jantan mempunyai bentuk kepala yang agak kotak atau biasa dikenal dengan sebutan papak/pipih. Anda dapat dengan jelas melihat ciri ini, bahkan hingga dewasa bentuk kepalanya tidak berubah.

Sehingga hal ini sangatlah mudah bagi kita untuk memilih anakan kacer jantan di peternak. Kalo udah biasa meliara kacer, melihat sekilas saja udah keliatan banget.

 

5. Mata Terlihat Besar Melotot

Ciri selanjutnya adalah ukuran mata yang lebih besar dan lebar. Jika ada beberapa anakan kacer, anda bisa membandingkan satu sama lain. Perhatikan baik-baik ya, jangan sampe lengah hehe.

 

6. Agresif dan Sering Ngeriwik

Jika dilihat secara teliti, anakan kacer jantan memiliki sifat yang lebih aktif meskipun masih diusia 1,5 bulan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kacer jantan ngeriwik dari pagi bahkan hingga malam.

Selain itu, ketika memasuki usia 2 bulan, kacer jantan sudah mulai rajin ngeriwik setiap harinya.

 

Ciri Trotolan Kacer Betina

Berikut adalah ciri fisik secara umum untuk anakan kacer betina, beberapa ciri ini sudah terbukti dan bisa anda gunakan sebagai patokan ketika membeli kacer trotolan.

  • Bentuk kepala anakan kacer betina tampak bulat dan terlihat kecil.
  •  Paruh bagian bawah berwarna abu-abu kecoklatan
  • Warna bulu lebih kusam kecoklatan atau terlihat pudar, terutama pada bagian punggung dan bulu sayap.
  • Ukuran tubuh tampak kecil dan tidak ada gagah gagahnya.
  • Sudah berumur 2 bulan lebih tapi belum rajin ngeriwik.

Nah, seperti itulah beberapa cara mengetahui perbedaan anakan kacer jantan & betina. Pastikan anda semua mengetahui jenis kelamin kacer agar bisa menentukan harganya dengan pasti.

Apakah anda punya masukan atau pengalaman tentang trotolan kacer jantan dan betina? Yuk diskusi di kolom komentar.
     

Leave a Comment