Cara Melihat Perbedaan Kenari Anakan Jantan dan Betina

Melihat perbedaan kenari anakan jantan dan betina merupakan langkah paling penting baik bila anda ingin memiliki satu kenari masteran maupun bila anda ingin ternak burung kenari. Sebab bila anda ingin punya kenari masteran, jenis kelamin sangat menentukan kualitas kicauannya.

 

Sedangkan bila anda ingin membuat ternak burung kenari, sudah pasti anda membutuhkan sepasang kenari jantan dan betina sebagai indukan. Dan bila anda merawatnya sejak anakan, hasil telur yang dihasilkan bisa lebih berkualitasn dan nantinya, anakan burung kenari bisa lebih mudah dilatihnya.

 

Tapi bagaimana cara melihat perbedaan kenari anakan jantan dan betina? Apalagi jika kenari masih anakan dan tubuhnya masih kecil. Nah, mari kita ulas bagaimana caranya dalam artikel berikut ini.

 

Ciri Kenari Anakan Jantan

Siapa bilang perbedaan kenari jantan dan betina hanya bisa dilihat ketika burung sudah berusia dewasa saja. Sebab meskipun burung ini tergolong berukuran kecil, tapi kita sudah bisa melihat perbedaan kenari anakan jantan dan betina sejak.

 

Untuk melihat kenari jantan sejak masih anakan, anda semua bisa melihat ciri – cirinya di bawah ini.

1. Pembuluh Darah

Salah satu cara paling tepat untuk mengetahui ciri kenari anakan jantan adalah dengan melihat jalur pembuluh darah vena atau pembuluh darah besar. sebab di usia kurang dari seminggu pun, ciri yang satu ini sudah bisa dilihat. Justru, ciri yang satu ini harus dilihat secepat mungkin setelah burung lahir.

Cirinya adalah ada garis pembuluh darah yang membentang dari bagian bawah perut hingga ke dubur burung. Garis pembuluh ini juga hanya bisa dilihat selama burung belum ditutupi bulu.

 

2. Bentuk Kepala

Bila anda semua perhatikan ketika kepala burung kenari anakan jantan sudah ditutupi mulai ditutupi bulu, bentuk kepalanya akan menjadi seperti cepak atau lebih besar dan tidak bulat sempurna. Sedangkan bila anda bandingkan dengan kepala yang betina, bentuknya lebih bulat nyaris sempurna.

 

3. Posisi Paruh

Cara melihat ciri kenari anakan jantan yang berikutnya adalah dari posisi paruh dan matanya. Bila anda semua lihat dengan teliti, paruh dan mata burung kenari yang jantan posisinya sejajar. Coba saja bayangkan ada garis ke belakang yang di mulai dari ujung paruh burung kenari.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

4. Perilaku dan Keaktifannya

Dan ciri kenari jantan anakan yang terakhir adalah dari perilakunya. Di umur sekitar 2 minggu kurang saja, kenari jantan sudah aktif bersuara meskipun belum jelas. Kemudian di umur 3 minggu ke atas, ia mulai bisa lompat – lompat dan sudah siap untuk mulai dilatih kicauannya.

Setiap dekat – dekat waktu makan, suara kenari jantan anakan akan semakin nyaring seperti memanggil – manggil.

 

Ciri Kenari Betina Anakan

Untuk mengetahui perbedaan kenari anakan jantan dan betina yang berikutnya anda semua perlu mengerti apa saja ciri kenari betina yang masih anakan. Nah, berikut ini adalah ciri – ciri lengkapnya.

  1. Tidak ada pembuluh vena yang muncul di bagian perutnya ketika baru lahir dan belum ditutupi bulu
  2. Ukuran kepalanya lebih kecil dan bentuknya bulat hampir sempurna
  3. Burung kenari betina anakan jauh lebih pendiam dan perkembangan perilakuknya lebih lambat
  4. Posisi paruh kenari betina berada agak lebih di bawah matanya, tidak sejajar seperti yang jantan
  5. Kaki kenari anakan yang betina ukurannya lebih panjang daripada yang jantan

 

Sebenarnya ada 1 cara lagi yang paling akurat untuk mengetahui ciri kenari betina anakan. Yaitu dengan meraba kloaka atau tulang duburnya. Kloaka milik kenari betina bentuknya rata namun agak melebar.

 

Perbedaan Kenari Aanakan Jantan dan Betina

Bila anda ingin membandingkan secara langsung antara kenari jantan dan betina, anda juga bisa menggunakan kumpulan perbedaan yang ada di bawah ini.

  • Kenari jantan punya jalur pembuluh vena yang terlihat di tubuhnya ketika masih anak, sedangkan kenari betina tidak ada
  • Kenari betina posisi paruhnya berada di bawah mata, sedangkan yang jantan sejajar
  • Suara kicauan kenari jantan lebih nyaring meskipun masih kecil, suara yang betina jauh lebih lemah
  • Kenari betina cenderung pendiam dan hanya aktif ketika lapar, sedangkan yang jantan bisa aktif setiap saat
  • Tubuh kenari jantan lebih kecil namun terlihat gagah, kenari betina anakan tubuhnya lebih bulat dan lebar
  • Bentuk selangkangan kenari betina anakan agak lebar dan kenari yang jantan bentuknya lebih rapat
  • Kloaka kenari jantan bentuknya vertikal dan rapat, sedangkan yang betina lebar dan lebih rata.

 

Nah, seperti itulah semua perbedaan kenari anakan jantan dan betina yang wajib anda semua mengerti. Dari kumpulan perbedaan ini saja pastinya anda sudah tahu bahwa kenari jantan punya kicauan yang lebih nyaring.

Sedangkan kenari betina biasanya dibeli sebagai indukan. Memelihara keduanya dari kecil akan mempermudah proses penjodohan bila anda ingin membuat ternak burung kenari.

Categories Kenari
     

Leave a Comment