6 Makanan yang Bikin Kenari Betina Cepat Birahi

Ada banyak manfaat memberi makanan agar kenari betina cepat birahi. Walaupun kenari betina tidak bisa dimaster hingga segacor yang jantan, tapi burung betina tetap perlu disetting agar birahinya naik dalam kondisi-kondisi tertentu. Salah satu contohnya adalah ketika sedang ingin dikawinkan.

 

Banyak kasus dimana kenari betina jarang dipancing birahinya ketika mau dikawinkan dengan yang jantan. Sehingga dari proses perkenalan saja sudah sangat lama.

 

Padahal jika dipancing, proses kawin kenari paling hanya membutuhkan waktu 1 atau 2 minggu saja. Sehingga produksi telur kenari bisa berjalan dengan lebih cepat.

 

Oleh karena itu, dalam artkel kali ini kita akan membahas makanan apa saja yang bisa meningkatkan birahi kenari betina.

 

Apa Saja Makanan yang Bikin Kenari Betina Cepat Birahi?

Makanan untuk kenari betina biar cepat birahi sebenarnya bisa Anda temukan di pasar sehari-hari, contohnya:

  • Tulang sotong
  • Apel
  • Kangkung
  • Biji matahari
  • Telur rebus
  • Jangung muda

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah khasiat dan cara pemberian pakan kenari di atas.

 

1. Tulang Sotong

Bisa dibilang, tulang sotong adalah makanan khusus yang sangat banyak khasiatnya untuk kenari. Selain untuk meningkatkan birahi, tulang sotong juga bisa menjadi asupan kalsium dan mineral agar telur yang dihasilkan kenari betina jadi semakin kuat dan tidak mudah pecah.

Selain itu harganya murah dan mudah ditemukan, jadi tidak perlu jauh-jauh ke pusat kota untuk mencarinya.

Untuk memberikannya, Anda bisa menghancurkan tulang sotong sampai halus dan dicampur dengan voer. Atau bisa juga digantung utuh agar kenari bisa sekalian mengasah paruhnya.

 

2. Apel

Selanjutnya ada apel, makanan yang bisa membangkitkan birahi semua jenis burung kicau. Memberikan apel setiap hari selama proses kawin adalah cara cepat untuk meningkatkan birahinya sekaligus menjaga agar kacer tetap sehat.

Cara memberikan kacer bisa dilakukan dengan 2 teknik:

  • Dipotong panjang-panjang dan gantung di sangkar
  • Dipotong kecil-kecil dan diberikan di dalam mangkok

Yang penting, buang bagian sekitar biji apel. Karena bagian tersebut mengandung sianida yang bisa membunuh burung Anda.

 

3. Kangkung

Kangkung juga baik untuk meningkatkan birahi burung. Umumnya, memberikan kangkung untuk kenari perlu dicampur dengan voer, milet, atau pakan biji-bijian.

Satu hal yang wajib diingat ketika memberi kangkung adalah, langsung ganti pakan jika daun kangkung di tempat makannya sudah terlihat layu dan gelap. Sebab burung bisa sakit perut jika makan kangkung yang sudah mulai membusuk.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

4. Biji Matahari

Pakan biji matahari alias kwaci pastinya bisa ditemukan di segala toko burung. Ternyata selain untuk asupan pakan utama, biji matahari juga bisa membuat kenari betina cepat birahi ketika sedang mau dikawinkan.

Memang waktu dekat-dekat masa kawin, sebaiknya kenari Anda sering-sering diberikan pakan biji-bijian. Selain agar cepat birahi, pakan biji-bijian juga membuat kenari jadi lebih mudah isi, termasuk agar kenari yang jantan bisa ngisi yang betina.

Umumnya kenari yang sering diberi pakan biji-bijian lebih cepat proses produksinya dibandingkan yang tiap hari hanya diberi voer.

 

5. Telur rebus

Selanjutnya ada pakan pembangkit birahi kenari betina yang tidak perlu beli, yaitu telur rebus.

Ada 2 jenis telur yang biasanya diberikan untuk burung kenari, yaitu:

  • Telur ayam rebus
  • Telur puyuh

Keduanya sama-sama bagus karena sama-sama mengandung banyak protein. Apalagi kuning telur rebus, yang mana sering digunakan sebagai settingan kenari gacor agar makin cepat birahi.

Jika Anda tidak punya telur puyuh, berikan saja telur rebus dibagi 4 untuk kenari jantan dan betina. Berikan sehari 2 kali, jadi 1 telur akan habis dalam sehari. Dan jangan berikan telur rebus sisa kemarin jika cangkangnya sudah dibuka dan ditaruh luar.

Jika mau disimpan buat besok, masukan ke kotak tempat bekal atau taruh di mangkok dan ditutup. Atau jangan kupas dulu cangkang telur rebus jika belum mau diberikan ke burung.

 

6. Jangung Muda

Makanan untuk kenari betina agar cepat birahi yang terakhir adalah jagung muda yang sudah dikeringkan.

Jagung muda juga mengandung banyak protein dan vitamin agar burung betina cepat birahi serta asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk bertelur tetap terpenuhi. Sebab memberikan EF seperti jangkrik atau kroto memang bisa meningkatkan birahnya dengan cepat, tapi nutrisi yang dibutuhkan lainnya tidak ikut terpenuhi.

Jagung muda biasanya dijual dalam 2 kemasan. Ada yang masih dalam bentuk jangung yang sudah kering, ada juga yang bentuknya bubuk. Jika Anda hanya menemukan yang bentuknya bubuk, campur saja dengan voer atau biji matahari ketika mau diberikan ke kenari.

 

Akhir Kata

Nah, seperti itulah kumpulan makanan kenari betina biar cepat birahi. Jangan lupa, kenari betina juga butuh multivitamin biar cepat panas dan telur-telurnya bisa cepat diproduksi. Oleh karena itu berikan Maxiplus setiap hari selama masa-masa kawin ke kenari yang jantan dan betina.

Leave a Comment