Kenari Birahi dan Macet Bunyi? Ini 6 Cara Mengatasinya!

Pernahkah Anda mengalami momen ketika mudah membuat kenari birahi dan macet bunyi? Walaupun cepat panas, burung tidak mau bongkar isian sama sekali. Jika ia, berarti kita punya masalah yang sama. Jadi mari cari tahu cara mengatasinya dalam artikel ini.

 

Kenari memang tergolong sebagai burung kicau yang lumayan cepat birahi. Karena tubuhnya relatif kecil, pancingan dengan 3 atau 4 ekor jangkrik saja sudah cepat membuat birahinya naik.



 

Saking mudahnya, burung ini juga sangat mudah overbirahi. Yang mana berakhir dengan kenari hanya bunyi cuit tanpa terdengar isian panjang yang sudah pernah Anda latih. Jika Anda mengalami masalah yang sama, silahkan simak artikel ini untuk tahu cara mengatasinya.

 

Penyebab Kenari Birahi dan Macet Bunyi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penyebab utama kenapa kenari birahi tangan dan jadi malas bunyi adalah karena birahinya terlalu tinggi. Semua burung kicau akan mengalami kondisi yang sama jika dia sedang overbirahi.

 

Overbirahi sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya:

  • Settingan tidak pas, tepatnya terlalu tinggi
  • Kebanyakan diberikan EF
  • Kebanyakan diberi pakan berprotein tinggi
  • Kebanyakan diberi kuning telur
  • Sering dijemur tapi jarang dimandikan
  • Jarang diterapi umbaran

Sering menjemur kenari sebenarnya cara perawatan yang bagus. Sebab matahari merupakan vitamin untuk kenari macet bunyi yang paling alami. Tapi jika tidak dibarengi dengan mandi air dingin yang rutin, burung akan jadi cepat overbirahi dan tidak mau berkicau sama sekali.

 

Selain itu, kurangnya latihan fisik untuk kenari juga bisa membuatnya cepat overbirahi. Bahkan banyak kasus kenari malas bunyi makan melulu karena jarang dilatih fisiknya.

 

Salah satu latihan fisik yang paling mudah untuk burung kicau sendiri adalah dengan terapi umbaran. Ukuran sangkar yang lebih luas membuat burung bisa terbang lebih jauh dan melatih pernapasan, melatih otot-otot, dan membakar lemak yang menganggu kualitas suaranya.

 

Cara Mencegah Burung Kenari Macet Bunyi

Cara mengatasi kenari birahi dan macet bunyi sebenarnya relatif mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

 

1. Ketahui Ciri Kenari Birahi Stabil

Yang pertama, pahami bagaimana ciri-ciri kenari yang birahinya sudah tinggi. Yaitu:

  • Mulai aktif tapi tidak loncat kesana kemari
  • Mulai terdengar ngeriwik-ngeriwik
  • Jika dipancing burung lain, kenari langsung respon
  • Ketika mau diberikan jangkrik lagi, burung sudah tidak langsung datang

 

2. Stop EF Waktu Kenari Sudah Panas

Ketika ciri-ciri kenari birahi sudah terlihat, segera stop memberikan EF dalam bentuk apapun. Jangan berikan makanan peningkat birahi yang lain juga seperti kuning telur, kroto, apel, dan sebagainya.

Justru, langsung pancing terus dengan suara betina atau suara masteran agar kenari makin cepat emosi dan bongkar isian. Jika mental fighter-nya sudah dilatih, Anda juga bisa memancing dengan suara burung asli apapun jenisnya.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

3. Sering-sering Dimandikan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, memandikan kenari bisa menjadi cara ampuh untuk mencegah overbirahi. Ketika kenari sudah overbirahi, Anda juga bisa langsung memandikannya dengan air dingin agar stabil lagi.

Untuk para kicau mania yang sering sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk memandikan kenari setiap hari, berikan saja mangkok berisi air agar burung bisa mandi sendiri.

Asalkan air tersebut diganti setiap hari, tempat mandinya tidak akan menjadi sarang penyakit.

 

4. Latih di Sangkar Umbaran

Selanjtunya jika Anda punya sangkar umbaran, melatih burung di sangkar tersebut juga bisa mencegah overbirahi hingga macet bunyi. Bukan berarti burung jadi sulit naik birahinya, tapi kenari justru jadi tidak over birahi walaupun sudah super panas.

Melatih di sangkar umbaran ini juga menjadi cara yang tepat untuk membuat durasi kicauan kenari jadi makin panjang. Sebab setiap latihan, staminanya akan meningkat dan durasi bongkar isiannya jadi makin panjang.

5. Sering-sering Dikasih Sayur

Ada banyak sayuran yang baik untuk mencegah kenari overbirahi, contohnya:

  • Buncis
  • Wortel
  • Brokoli
  • Sawi
  • Bayam

Agar tidak terus-terusan diberi pakan yang meningkatkan birahi seperti jemawut dan biji-bijian, kasih selingan antara pakan biasa dengan sayur-sayuran. Hal ini sangat membantu untuk mencegah kenari overbirahi waktu baru dikasih 2 atau 3 ekor jangkrik.

 

6. Cari Settingan yang Tepat

Yang terakhir dan paling penting adalah mencari settingan yang tepat untuk kenari. Untuk masalah yang satu ini, Anda harus coba-coba settingan yang ada di internet dan disesuaikan sendiri dengan kenari di rumah.

Sebab settingan yang cocok di burung satu belum tentu cocok juga di kenari Anda. Oleh karena itu, silahkan bereksperimen mengenai settingan burung kenari agar gacor sendiri sampai menemukan yang terbaik.

 

Akhir Kata

Jadi sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara mencegah kenari birahi dan macet bunyi. Jangan lupa, memberikan multivitamin secara teratur juga bisa membantu kenari agar makin gacor dan gak malas bunyi. Oleh karena itu rutin berikan Maxiplus setiap hari untuk memancing kicauan gacornya.

Leave a Comment