Bagaimana Ciri Kenari Jantan Siap Kawin?

Untuk Anda para peternak kenari, sebaiknya pelajari ciri kenari jantan siap kawin. Dengan begitu proses produksi telur jadi jauh lebih cepat, sebab Anda sudah tahu kapan perkiraan kenari siap dikawinkan dengan yang betina dan kapan bisa langsung eksekusi.

 

Sebenarnya mengetahui ciri kenari jantan siap kawin bukan hanya perlu dipelajari oleh peternak burung. Para kicau mania yang fokus memaster kenari sampai pecah suara juga perlu tahu ciri kalau kenarinya sedang mau kawin.



 

Sebab kenari jantan yang mau kawin tapi tidak ada pasangannya biasanya akan sangat sering overbirahi. Jika tidak diatasi, tentu akhirnya burung jadi tidak mau bunyi.

 

Oleh karena itu dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengetahui kenari jantan siap kawin.

 

Bagaimana Ciri-ciri Kenari Jantan Siap Kawin?

Ada banyak ciri kenari yang sudah siap kawin, di antaranya:

  • Makin sering mancing-mancing betina
  • Sering mendekati sangkar betina
  • Terlihat sering lompat-lompat di tenggeran
  • Sudah ada respon dari betina

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kami jelaskan detail cirinya satu per satu.

 

1. Makin Sering Mancing Betina

Pada dasarnya, burung kenari berkicau untuk memancing perhatian betina. Artinya jika kenari jantan jadi makin sering berikicau, atau bahkan bongkar isian di depan betina, aitu artinya dia sudah siap untuk kawin.

Sebelumnya perlu diingatkan dulu bahwa sebelum dikawinkan, kenari jantan dan betina harus dikenalkan dulu. Caranya adalah dengan menggantung sangkar yang betina dan jantan bersebelahan selama beberapa minggu.

 

2. Sering Mendekati Sangkar Betina

Setelah beberapa minggu dikenalkan, kenari yang jantan akan sering mendekati sangkar yang betina. Hal ini juga merupakan ciri kenari sudah mau kawin.

Bila ternyata tidak cocok, kenari jantan akan menyerang kenari yang betina dari sangkarnya. Kenari yang betina kadang juga melakukan hal yang sama jika mereka berdua tidak cocok.

 

3. Terlihat Sering Lompat-lompat di Tenggeran

Semakin tinggi birahi kenari jantan, maka dia akan semakin aktif. Salah satu cirinya adalah sering lompat-lompat di tenggeran sambil nembak-nembak.

Ciri ini juga terjadi hanya setelah kenari jantan dan betina dikenalkan. Jika dipancing terus menggunakan EF dan kroto, biasanya perlu waktu 1 atau 2 minggu sampai ciri ini terlihat.

 

4. Sudah Ada Respon dari Betina

Agar bisa kawin, tentunya kenari jantan harus dapat respon dari yang betina. Respon ini bisa terlihat dalam beberapa ciri, misalnya:

  • Kenari betina mau mendekati sangkar jantan
  • Bisanya kenari betina akan ngapal sambil melihat ke sangkar yang jantan ketika sedang berkicau
  • Tiap kicauan yang jantan akan direspon oleh kenari betina
  • Kenari betina mulai mengumpulkan bulu dan membuat sarang untuk telur

Jika ciri ini sudah terlihat, artinya pasangan kenari Anda sudah 95% siap kawin dan produksi telur.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Berapa Umur Kenari Jantan Siap Kawin?

Umur kenari jantan dan betina siap kawin cenderung sama. Biasanya kenari jantan harus berusia minimal 8 bulan untuk kawin. Kenari yang betina pun usianya kurang lebih sama.

 

Kenari jantan bisa dikawinkan dengan kenari yang lebih muda maupun yang lebih tua. Begitupun sebaliknya, kenari betina bisa dikawinkan dengan jantan yang lebih tua.

 

Jika Anda ingin ternak kenari, biasanya kenari jantan usianya sekitar 1 tahun, dan disiapkan beberapa betina. Ketika sudah selesai kawin dengan betina yang satu, jantan bisa langsung dipindah dan dikawinkan ke indukan betina yang berikutnya agar proses produksi lebih cepat.

 

Bagaimana Ciri-ciri Kenari Kawin?

Setelah disatukan ke dalam sangkar kawin, kadang kita bingung apakah kenari sudah kawin atau belum. Oleh karena itu, silahkan lihat ciri-ciri kenari kawin berikut ini.

  • Pastinya tidak terlihat kenari jantan dan betina bertengkar di dalam sangkar
  • Kenari jantan dan betina sudah sering berdekatan di dalam sangkar
  • Biasanya, kenari yang jantan dan betina akan bertengger di kayu yang sama
  • Kenari jantan sering terbang di atas kenari betina
  • Kenari yang jantan sudah tidak terlalu aktif seperti waktu belum dikawinkan

Cara paling mudah memastikan kenari jantan dan betina sudah kawin atau belum adalah dengan dikawinkan malam hari.

 

Jadi, campurkan kenari yang jantan ke sangkar kawin sekitar jam 6 atau 7 malam, kemudian Anda perhatikan dulu. Pisahkan lagi jika ternyata mereka berantem. Jika tidak, Anda bisa tinggal tidur dan dicek lagi esok paginya.

 

Waktu sudah pagi, kemungkinan besar kenari sudah selesai kawin. Jadi Anda bisa pisahkan dan berikan perawatan kenari selesai kawin.

 

Sampai bisa ngisi, biasanya proses ini perlu diulangi 2 atau 3 kali. Kadang kenari jantan tidak ngisi kalau hanya dikawinkan sekali saja.

 

Akhir Kata

Nah, seperti itulah ciri kenari jantan siap kawin dan tips untuk mengawinkan kedua burung ini. Jangan lupa berikan vitamin agar kenari jantan ngisi seperti Maxiplus setiap hari dengan rutin.

Leave a Comment