Apakah Kenari Macet Bunyi Bisa Kawin? Coba Pakai 4Cara Ini

Apakah kenari macet bunyi bisa kawin? Pertanyaan seperti ini mungkin banyak dipikirkan oleh para kicau mania yang burung kenarinya sudah tidak bisa bunyi lagi. Daripada terus dikasih makan tapi tidak bisa memberi apa-apa, lebih baik dikawinkan saja dan jual anaknya.

 

Walaupun burung kicau, kenari memang sering mengalami masa-masa macet bunyi. Kadang burung tidak mau bunyi selama sehari, kadang seminggu, kadang sampai setahun.



 

Singkatnya, kenari macet bunyi bisa dikawinkan. Justru bisa jadi setelah kawin burung jadi gacor dan rajin pecah suara lagi. Bagaimana bisa begitu? Mari kita bahas dalam artikel berikut ini.

 

Kenapa Kenari Macet Bunyi?

Ada banyak penyebab kenapa burung kenari bisa macet bunyi. Beberapa penyebab yang paling umum adalah:

  • Burung sedang sakit
  • Kenari stress karena sangkarnya pernah jatuh
  • Salah makan atau kurang gizi
  • Sangkarnya tidak pernah dibersihkan
  • Kenari sedang overbirahi

Khusus untuk penyebab yang terakhir, yaitu karena overbirahi, cara mengatasinya justru dengan mengawinkan kenari Anda dengan burung kenari betina.

 

Untuk lebih lengkap masalah kenari overbirahi hingga macet bunyi dan mengawinkan kenari, mari kita bahas lebih dalam di bagian berikutnya.

 

Apakah Kenari Macet Bunyi Bisa Kawin?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kenari macet bunyi bisa dikawinkan seperti biasa. Bahkan kadang mengawinkan kenari yang sedang macet bunyi bisa memancing birainya agar naik lagi sehingga dia bisa berkicau lagi.

 

Dalam kasus kenari yang sedang overbirahi, mengawinkan burung bisa membuat birahinya turun dan stabil lagi. Kenari overbirahi yang dikawinkan juga cenderung lebih cepat.

 

Biasanya, kenari overbirahi yang sudah dikawinkan akan langsung bertelur dalam hitungan hari atau minggu.

 

Bagaimana Cara Bikin Kenari Macet Bunyi Kawin?

Cara mengawinkan kenari macet bunyi sebenarnya tidak berbeda jauh dengan kenari pada umumnya. Tentunya yang pertama, Anda perlu siapkan burung kenari betinanya dulu.

 

Kenari betina umumnya punya ciri-ciri sebagai berikut.

  • Jarang berkicau
  • Bagian dubur atau kloaka tidak menonjol
  • Tubuhnya lebih pendek
  • Posturnya lebih bulat

Sebaiknya, usia kenari betina yang mau dikawinkan sudah di atas 5 atau 6 bulan. Anda juga bisa melihat ciri lain seperti burung sering mengepakan sayap di sangkar atau mematuk-matuk tanda birahi.

 

Jika betinanya sudah siap, sekarang kita masuk ke proses mengawinkan burung kenari.

 

Siapkan Kandang yang Agak Besar

Pertama, siapkan sangkar yang agak lebar agar 2 burung kenari bisa tinggal dengan nyaman. Anda bisa membuat sangkar ini dari potongan bambu dan kayu yang ditambah ram kawat, atau membeli yang sudah jadi.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Jangan lupa berikan juga rumah-rumahan atau tempat sarang burung di dalam sangkar yang terbuat dari serabut kayu halus, daun pinus, atau potong-potongan kain.

 

Masukan Kenari ke Dalam Sangkar

Setelah sangkar siap, sekarang masukan pasangan burung kenari ke dalam sangkar. Jika kenari belum pernah bertemu sama sekali, lakukan perkenalan dulu dengan menyimpan 2 sangkar kenari berdekatan selama beberapa hari atau jam.

Jika kenari terlihat masih terlihat tidak akur, Anda bisa ganti betinanya atau melihat apakah ada beberapa penyebab kenari betina tidak mau kawin.

Selama sedang dikawinkan, Anda bisa berikan telur rebus sebagai pakan utama burung. Telur rebus sangat baik untuk meningkatkan protein yang membuat kenari jadi birahi.

 

Proses Kawin

Jika kenari sudah terlihat kawin, segera pindahkan sangkar ke tempat yang tidak sering dilewati orang. Di jam-jam awal Anda harus mengawasi kedua kenari ini sampai terlihat benar-benar akur.

Jika sudah yakin kenari tidak akan berantem, baru Anda boleh tinggalkan mereka semalaman.

 

Langsung Pisahkan Kenari Jantan di Pagi Hari

Sekarang kenari sudah selesai kawin. Oleh karena itu, Anda bisa langsung memisahkan kenari jantan dari sangkar yang betina. Sebab jika dibiarkan sampai telur burung keluar, bisa-bisa burung yang jantan merusak telur tersebut.

Jika sudah lebih dari seminggu belum kelihatan ada telur juga, Anda perlu mengulang proses ini beberapa kali sampai kenari betina dibuahi oleh kenari yang jantan. Cepat atau lamanya proses pembuahan ini ditentukan dari seberapa sehat kenari jantan. Itulah mengapa Anda harus sering-sering memberi telur rebus selama masa kawin.

 

Berapa Lama Kenari Bertelur?

Umumnya, kenari betina akan mengerami telur selama 14 hari alias 2 minggu. Pastikan burung tidak stress selama sedang mengerami telur.

 

Anakan yang lahir dari hasil kenari macet bunyi kawin tidak akan terpengaruh oleh kualitas kicauan indukannya. Artinya, anakan burung kenari akan tetap memiliki kualitas kicauan yang sama seperti burung pada umumnya.

 

Akhir Kata

Seperti itulah pembahasan singkat untuk menjawab pertanyaan “apakah burung kenari macet bunyi bisa kawin?”. Agar kenari tidak sering macet bunyi, berikan multivitamin seperti Maxiplus setiap hari. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan sangkarnya dan rajib dijemur agar burung makin gacor.

Leave a Comment