Kenari Macet Bunyi Pasca Mabung? Ini Cara Biar Gacor Lagi

Jika Anda punya masalah kenari macet bunyi pasca mabung, di sini kami punya solusi yang paling cepat untuk mengatasinya. Sebab masalah ini bisa berakhir jadi permanen jika tidak segera diselesaikan secepatnya.

 

Burung kenari memang akan mengalami masa mabung selama 2 mingguan. Kejadian ini sangat normal dan pasti terjadi di hampir semua burung, khususnya burung kicau. Tapi setelah mabung selesai, banyak kasus dimana susah membuat kenari birahi setelah mabung.



 

Oleh karena itu untuk Anda para pemilik kenari yang sekarang sedang mabung atau sudah selesai mabung dan belum terdengar kicauannya, berikut ini kami akan bahas bagaimana cara mengatasinya.

 

Penyebab Kenari Macet Bunyi Pasca Mabung

Tidak semua kenari yang sudah mabung jadi macet bunyi. Beberapa di antaranya justru ada yang jadi makin gacor dan makin cepat bongkar isian. Tapi, kenapa kenari Anda justru jadi tidak mau bunyi setelah mabung?

 

Ada beberapa alasan yang mungkin jadi penyebab kenari macet bunyi, di antaranya:

  • Stres waktu mabung
  • Mabung tidak selesai sempurna
  • Kenari masih terlalu muda waktu mabung
  • Kenari terkena penyakit waktu mabung
  • Kandangnya kotor dan jarang dibersihkan waktu sedang mabung

Dalam masa-masa mabung, semua burung pasti akan jadi 5 kali lebih sensitif dari biasanya. Kenari jadi lebih mudah stress, daya tahan tubuhnya menurun, tidak banyak makan, dan tentunya lebih mudah terkena penyakit.

 

Oleh karena itu perawatan ketika mabung harus dilakukan dengan sangat tekun dan hati-hati untuk memastikan burung bisa mabung dengan sempurna.

 

Sebab ada juga kasus dimana mabung tidak selesai dengan sempurna. Sehingga beberapa bagian dari bulu burung jadi ada yang botak. Selain tidak enak dilihat, kenari juga jadi tersiksa dan fisiknya bisa jadi semakin lemah.

 

Cara Mengatasi Kenari Macet dan Stress Setelah Mabung

Kunci dari mengatasi sulit membuat kenari birahi setelah mabung adalah dengan memancing terus dan memastikan pakannya tepat.

 

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini akan kami jelaskan apa saja yang perlu Anda lakukan.

 

1. Bersihkan Sangkar Kenarii

Langkah pertama dan yang paling wajib adalah membersihkan sangkar kenari. Bersihkan wadah kotorannya sampai bersih serta jeruji di bagian bawah yang terkena kotoran burung.

Jika kenari sudah benar-benar selesai mabung, Anda boleh memandikan menggunakan sprayer atau dengan mangkok air. Tapi jika kenari tidak selesai mabung, sebaiknya jangan.

 

2. Berikan Pakan yang Benar

Selanjutnya, berikan pakan yang tepat untuk burung. Sebenarnya ada beberapa pilihan pakan kenari macet bunyi yang bisa Anda coba. Tapi jika ada, berikan pakan di bawah ini.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"
  • Biji sawi
  • Milet merah
  • Biji canary

Biji boleh diberikan secara terpisah atau dicampur sesuka hati. Tapi, selalu ganti pakannya setiap hari walaupun belum habis.

 

3. Berikan Vitamin untuk Kenari

Sekarang berikan vitamin untuk kenari macet bunyi. Jika Anda belum pernah memberi multivitamin apapun ke burung atau vitamin yang biasa diberikan tidak memberi efek apapun, coba berikan Maxiplus.

Multivitamin sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menyembuhkan penyakit pada kenari. Jika badannya sehat lagi, maka burung kenari akan cerewet dan rajin bunyi lagi.

 

4. Dipancing Menggunakan Suara Kenari Betina

Selanjutnya, pancing burung menggunakan suara kenari betina gacor. Cara ini adalah metode yang paling efektif untuk memancing birahi kenari setelah mabung.

Anda mungkin perlu meminjam kenari teman atau beli satu ekor lagi yang betina dan sudah agak besar. Meskipun agak repot, tapi tenaga dan uang yang dikeluarkan akan sepadan dengan hasilnya yang didapat nanti.

 

5. Dipancing Menggunakan Suara Burung Betina Jenis Lain

Jika tidak ada orang lain yang punya kenari di dekat rumah Anda, maka satu-satunya jalan adalah dengan dipancing suara burung betina jenis lain. Tapi pastikan burung yang digunakan mirip dengan kenari, atau setidaknya tidak lebih besar.

Yang paling mudah adalah dengan dipancing menggunakan lovebird betina yang belum pernah kawin.

 

6. Dipancing Menggunakan Suara Kenari MP3

Jika tidak ada juga yang punya burung kicau betina dan Anda sedang tidak ada uang untuk beli betina yang baru, maka satu-satunya cara adalah dengan dipancing menggunakan suara kenari betina mp3.

File MP3 pancingan berisi suara burung kenari betina ini bisa Anda dapatkan di internet, Google, Youtube, grup Facebook, atau media sosial manapun dan semuanya gratis. Cara menggunakannya, cukup putarkan suara MP3 di hp dan dekatkan ke samping sangkar burung biar bisa didengar oleh kenari.

 

Akhir Kata

Jika dilakukan dengan tekun, setidaknya butuh waktu 1 minggu hingga 1 bulan untuk membuat kenari macet bunyi pasca mabung jadi gacor lagi. Pastikan juga burung tidak stress, sangkarnya tidak pernah jatuh atau terbentur, tidak ada hewan seperti kucing, tikus, dan anjing di sekitarnya, serta selalu mendapatkan matahari yang cukup.

Leave a Comment