Secepat Kilat, Atasi Kenari Macet Mabung dengan Cara Ini

Kenari macet mabung jadi masalah yang dialami oleh hampir semua pencinta burung kenari dan jenis finch lainnya. Bukan hanya membuat burung jadi tidak bisa gacor lagi, masalah ini juga membuat kenari tidak enak dipandang karena bulunya brondol dan setiap hari terlihat lemas.

 

Untuk burung kenari sendiri, mabung merupakan hal yang alami. Kondisi ini merupakan tanda bahwa burung sudah beralih dari anak-anak ke dewasa. Pada burung kicau lainnya pun kondisi mabung adalah kondisi yang tidak bisa dihindari.



 

Tapi jika mabung tidak selesai-selesai, bahkan sudah lewat 1 bulan tanpa ada progress yang signifikan, artinya kenari macet mabung. Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasinya.

 

Apa itu Macet Mabung?

Macet mabung adalah kondisi dimana burung kenari yang sedang molting (mabung) tapi tidak selesai-selesai. Pada umumnya, kenari mabung selama sekitar 1 bulan atau paling lama 2 bulan.

 

Meskipun burung mabung sampai 2 bulan, Anda bisa melihat prosesnya yang terus berubah dari hari ke hari, minggu ke minggu, hingga sampai 1 bulan. Mulai dari awalnya bulunya rontok, kemudian tumbuh bulu jarum, kemudian tumbuh bulu pendek, hingga bulu barunya sudah tumbuh panjang dan lebih mengkilap.

 

Selama sedang mabung, kondisi fisik burung kenari akan lemas dan seperti sedang sakit. Hal ini juga normal karena memang kenari butuh banyak tenaga untuk merontokan bulu-bulunya.

 

Jika selama lebih dari 2 bulan kondisi mabungnya tak kunjung selesai, burung akan terus-terusan lemas dan seperti tersiksa. Sebagai orang yang ingin menikmati kicauannya, Anda pasti juga akan merasa bosan oleh kondisi seperti ini.

 

Oleh karena itu merawat kenari macet mabung ini harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Anda harus memastikan sangkarnya berada di tempat yang paling nyaman, burung tidak stress, dan tidak ada gangguan apapun dari luar.

 

Walaupun, penyebab kenari mabung terlalu lama juga bisa disebabkan oleh faktor internal, alias dari dalam fisiknya. Kita akan bahas lebih lanjut masalah ini di bagian berikutnya.

 

Penyebab Kenari Mabung Terlalu Lama

Jadi yang menyebabkan kenari macet mabung ada 2, yaitu penyebab dari dalam tubuhnya dan penyebab dari luar atau lingkungan.

 

Untuk penyebab internal alias dari dalam, berikut ini adalah beberapa contohnya.

  • Perubahan hormon
  • Mabung palsu
  • Kenari sedang sakit
  • Burung kurang gizi

 

Sedangkan penyebab dari diluar contohnya:

  • Cuaca ekstreme, khususnya ketika sedang terlalu panas
  • Kenari sering terkena angin panas dari blower atau kipas AC
  • Stress karena lingkungannya banyak kucing

Ketika sedang mabung, tubuh kenari memang menjadi lebih sensitif. Burung juga jadi mudah sakit dan merasa tidak nyaman dengan perubahan suasana sekecil apapun. Kondisi seperti ini jugalah yang bisa menjadi penyebab kenari mabung terlalu lama.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kenari Macet Mabung?

Setelah tahu apa saja penyebabnya, sekarang waktunya Anda pelajari bagaimana cara mengatasinya. Jika terlihat tanda-tanda kenari tak kunjung selesai mabung, segera ikuti langkah berikut ini.

 

Berikan Kroto Kapsul

Beberapa toko burung menjual kroto dalam bentuk kapsul. Telur semut ini dipercaya dapat membantu mempercepat proses perontokan bulu kenari ketika sedang mabung.

Anda perlu memberikan 2 sampai 4 kroto kapsul setiap 2 hari sekali sambil dipantau terus apakan bulunya sudah pada rontok semua atau belum. Ketika sudah rontok semua, pemberikan kapsul kroto ini boleh dihentikan dulu.

 

Mandikan Hingga Basah Kuyup

Selanjutnya, Anda juga bisa memandikan kenari sampai basah kuyup untuk membantu membuatnya turun bulu. Kono hal ini berhubungan dengan suhu tubuh burung yang menjadi netral waktu sudah dimandikan.

Tapi kami sarankan hanya mandikan kenari kalau memang cuacanya cerah dan sedang tidak banyak angin.

 

Ganti Makannya dengan Sayuran, Biji-bijan, dan Buah Dulu

Selama mabung, kenari membutuhkan banyak asupan vitamin dan mineral. seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, salah satu penyebab kenari macet mabung adalah karena kurang gizi, yang mana membuat burung jadi terserang penyakit waktu lagi mabung.

Oleh karena itu, kurangi dulu pemberian milet dan ganti menggunakan buah-buahan atau sayuran segar. Jangan lupa, selalu ganti minum dan pakannya setiap hari habis maupun tidak habis. Biasanya selama mabung, kenari tidak akan banyak makan.

 

Berikan Multivitamin

Untuk memenuhi gizinya, Anda juga memberikan vitamin untuk butung kenari mabung. Ada banyak pilihan vitamin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan memenuhi kebutuhan vitamin mineral kenari. Salah satu contohnya adalah Maxiplus.

Pemberian multivitamin selama kenari sedang macet mabung bisa mencegah penyakit datang yang akan membuat proses mabung makin lama.

 

Akhir Kata

Jadi sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara merawat kenari macet mabung atau nyulam. Jangan lupa, kerodong terus sangkarnya selama masih mabung dan kalau bisa pindahkan sangkarnya ke tempat yang sejuk dengan sirkulasi udara yang baik.

Leave a Comment