Dijamin Bikin Kenari Pecah Suara Pakai Cara Ini!

Punya kenari pecah suara pastinya jadi impian semua kicau mania. Meskipun masih muda, kenari yang suaranya keras bisa dijual dengan harga 3 sampai 4 kali lipat dari harga umumnya. Jadi siapa yang tidak tertarik? Semua orang pasti mau punya kenari seperti ini.

 

Tapi masalahnya, tidak semua orang mau melatihnya setiap hari agar kicauannya bagus. Kadang ada yang punya waktu luang untuk melatih tiap hari, tapi tidak tahu bagaimana caranya.



 

Jadi tak heran jika kenari yang suaranya keras harganya bisa mahal. Karena jumlahnya langka dan selalu jadi incaran para kicau mania yang punya uang.

 

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas tips mudah membuat kenari suaranya pecah dalam 7 langkah.

 

Bagaimana Cara Bikin Kenari Pecah Suara?

Agar kenari mudah pecahkan suara, yang perlu Anda lakukan menerapkan 7 langkah ini setiap hari.

  1. Melatih di kandang umbaran
  2. Rajin dijemur lebih lama
  3. Memberi makanan burung kenari khusus
  4. Mengurangi asupan lemak yang bikin kenari obesitas
  5. Memastikan birahinya stabil
  6. Pemberian multivitamin kenari
  7. Rajin dimaster

Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas tiap langkah satu per satu.

 

1. Melatih di Kandang Umbaran

Jika Anda ingin kenari di rumah bisa pecah suara, maka hal yang pertama kali wajib dimiliki adalah kandang umbaran. Boleh kandang umbaran yang hasil bikin sendiri dari bambu dan kayu, atau beli yang sudah jadi.

Sebab kenari akan banyak dilatih di kandang umbaran agar fisiknya kuat. Maksimal 2 kali seminggu, jika cuacanya sedang baik. Dan dalam latihan ini, bukan hanya kenari yang akan dilatih fisiknya, Anda pasti juga akan capek ketika melatih fisik kenari.

Yang perlu Anda lakukan ketika melatih kenari di kandang umbaran adalah mengambil 1 ekor jangkrik. Kemudian pegang jangkrik itu di ujung sangkar sampai kenari menghampiri. Kemudian Anda jalan ke ujung sangkar yang satunya, sampai kenari menghampiri, lalu ulangi lagi seharian.

 

2. Dijemur Lebih Lama

Menjemur burung pada umumnya dilakukan 1 atau 1,5 jam saja. Dari jam 9 sampai maksimal jam 10 pagi. Tapi jika ingin punya kenari pecah suara, Anda perlu menjemurnya selama kurang lebih 3 sampai 4 jam.

Kenari tetap diangkat ketika sudah jam 10, karena di atas jam 10 mataharinya sudah tidak sehat. Jadi jika mau suara kenari lebih keras, bangun pagi-pagi sebelum matahari terbit, mandikan dan embun-embun sampai jam 7, lalu dijemur sampai jam 10. Lakukan hal ini setiap hari kalau mau hasil yang maksimal.

 

3. Memberi Makanan Khusus

Banyak dari Anda yang bertanya, “Makanan burung kenari apa yang bagus agar cepat pecah suara?”

Sebenarnya yang penting bukanlah jenis makanannya, tapi jumlah nutrisinya. daun untuk burung kenari seperti sawi, daun saga, dan daun mengkudu itu lebih bagus. Di sisi lain, Anda juga tidak boleh mengabaikan asupan protein dari EF, karbohidrat dari voer atau milet, dan asupan lainnya.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

4. Memerhatikan Asupan Lemak agar Kenari Tidak Obesitas

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi kenari dengan benar. Termasuk juga asupan lemaknya setiap hari.

Terlalu sering memberi EF seperti jangkrik, kroto, atau makanan mengandung lemak tinggi seperti telur rebus, bisa membuat kenari jadi obesitas. Apalagi jika tidak ikuti dengan rajin melatih di kandang umbaran.

 

5. Pastikan Birahinya Selalu Stabil

Ada banyak cara memastikan birahi kenari tinggi, tapi over birahi juga tidak baik dan membuat burung Anda tidak mau bunyi. Oleh karena itu yang perlu dilakukan adalah membuat birahinya stabil.

Rajin menjemur dan dimandikan adalah cara paling mudah untuk membuat kenari birahi stabil. Sebab menjemur bisa meningkatkan birahinya di siang hari, sedangkan mandi di malam atau pagi hari bisa membuat birahinya turun lagi.

 

6. Pemberian Multivitamin Kenari

Multivitamin bisa membantu menjaga stamina dan kualitas suara burung kenari agar cepat pecah. Biasanya multivitamin diberikan sebelum latihan umbaran atau sebelum dijemur dan dimaster jika sedang tidak diumbar.

Sebenarnya ada banyak vitamin untuk kenari paud dan kenari dewasa yang bisa Anda berikan, salah satu contohnya seperti Maxiplus. Dengan rutin diberi vitamin, kenari juga jadi tidak sering sakit karena daya tahan tubuhnya makin kuat.

 

7. Rajin Dimaster

Langkah yang terakhir adalah dengan rajin-rajin dimaster, kalau perlu setiap hari.

Jika Anda mau sekalian melatih mentalnya, pinjam kenari teman sekomunitas untuk latber agar mentalnya ga loyo waktu dibawa ke gantangan. Atau, Anda juga bisa beli burung kicau lain, mau itu kenari lagi atau jenis lain, untuk latihan di rumah setiap hari.

Memancing kenari pakai betina juga jadi cara mudah membuatnya cepat pecah suara.

 

Penutup

Nah, jadi sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara membuat kenari pecah suara dengan mudah. Pastikan lakukan semua langkah ini setiap hari jika mau hasilnya maksimal dan cepat terasa.

Leave a Comment