Kenari Tidak Bunyi Sama Sekali? Ini Cara Mengatasinya

Kadang, kenari tidak bunyi sama sekali adalah masalah normal yang dialami semua jenis burung kicau. Tapi jika kenari bisu sampai berhari-hari, barulah menjadi masalah yang harus cepat diselesaikan. Apalagi jika kenari Anda sudah gacor dan gampang bongkar isian sebelumnya.

 

Beberapa kicau mania ada yang berpendapat bahwa kenari, khususnya kenari putih, seringkali susah bunyi. Walaupun di waktu-waktu tertentu kadang kenari suka tidak mau bunyi, tapi burung ini tetap menjadi primadona di kalangan penghobi burung kicau Indonesia.



 

Untuk masalah susah bunyinya sendiri, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkannya. Nah, mari kita bahas satu per satu dalam artikel berikut ini.

 

Kenapa Burung Kenari Tidak Mau Bersuara?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kenari birahi macet bunyi adalah hal yang umum. Di waktu-waktu tertentu, burung ini kadang memasuk suka tiba-tiba bisu dan tidak mau bunyi sama sekali. Kadang, burung kenari hanya bunyi cuit saja.

 

Normalnya, kenari akan gacor lagi setelah 1 atau 2 hari walaupun tidak dikasih perawatan khusus apa-apa. Tapi jika sudah berhari-hari dan kenari belum bersuara juga, itulah salah satu ciri kenari macet bunyi.

 

Penyebab masalah ini pun beragam, baik karena faktor internal maupun eksternal. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

  • Kenari overbirahi setelah mabung
  • Stress karena sangkarnya pernah jatuh
  • Kenari sedang mabung
  • Burung lagi sakit atau tidak enak badan
  • Kurang birahi

Kadang, kenari jantan juga bisa macet bunyi karena overbirahi tapi tidak mau kawin dan malah berantem dengan betinanya. Ada beberapa penyebab kenari jantan tidak mau kawin seperti ini. Salah satunya karena betinanya terlalu galak atau karena memang tidak cocok.

 

Bagaimana Cara Membuat Kenari Tidak Bunyi Sama Sekali Jadi Gacor Lagi?

Untuk mengatasi kenari bisu yang tidak mau bunyi sama sekali, ada beberapa langkah super efektif yang bisa Anda lakukan. Di antaranya:

 

Berikan Ramuan Belimbing + Daun Saga

Cara yang pertama adalah dengan membuatkan rebusan daun saga ditambah air perasan belimbing. Ramuan ini sangat cocok untuk mengatasi kenari yang stress karena sangkarnya pernah jatuh atau pernah diterkam kucing.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan ini adalah:

  • Buah belimbing yang masih hijau
  • Air rebusan daun saga
  • Daun ginseng

Ramuan ini tidak akan diberikan secara persamaan. Jadi untuk memberikannya, ikuti langkah berikut ini.

  1. Peras buah belimbing dan berikan ke burung kenari secara langsung menggunakan pipet atau alat lolohan
  2. Kemudian taruh air rebusan daun saga yang sudah agak dingin ke tempat minum burung
  3. Terakhir, berikan daun ginseng yang dipotong-potong menjadi campuran pakan kenari

Berikan ramuan yang sama selama 2 sampai 3 hari dan lihat hasilnya.

 

Cek Apakah Ada Kutu Atau Tidak

Salah satu faktor eksternal yang membuat kenari bisu dan tidak mau bunyi adalah karena banyak kutu di bulunya. Masalah ini sangat sering terjadi, bahkan untuk burung yang sering dimandikan dan dibersihkan sangkarnya setiap hari.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Oleh karena itu jika tiba-tiba kenari Anda macet bunyi, segera cek apakah ada kutu di tubuhnya atau tidak.

Jika benar banyak kutu, segera atasi dengan memberikan obat kutu burung dan pisahkan ke ruangan yang berbeda dengan burung peliharaan lain. Perbanyak durasi jemur juga agar kutunya cepat mati.

 

Berikan Vitamin untuk Kenari Macet Bunyi

Pemberian vitamin juga bisa membantu membuat kenari bisu jadi gacor lagi. Jika Anda tidak tahu obat kenari bisu yang tepat sesuai dengan penyakitnya, memberi multivitamin bisa jadi langkah yang tepat.

Sebab vitamin-vitamin untuk kenari seperti Maxiplus dapat meningkatkan daya tahan tubuh burung agar tidak mudah sakit.

 

Pindahkan ke Sangkar yang Lebih Besar

Kenari yang terlalu lama tinggal di sangkar kecil biasanya akan mudah jadi obesitas alias keberatan berat badan. Kondisi ini sebenarnya merupakan masalah kesehatan untuk burung, yang mana membuat kenari jadi malas bunyi.

Dengan memindahkan ke sangkar yang lebih besar selama 1 atau 2 minggu, kenari jadi bisa bergerak lebih luas. Berat badannya memang tidak akan langsung turun, tapi kenari akan jadi lebih aktif dan mulai mau bunyi lagi. Jika Anda tidak punya sangkar besar untuk kenari, Anda bisa buat sendiri dari kayu atau bambu sisa dan ram kawat dengan mudah.

 

Kenapa Kenari Macet Bunyi Setelah Dijodohkan?

Dalam beberapa kasus, kenari juga sering jadi bisu setelah dijodohkan. Hal ini disebabkan karena birahinya jarang dipancing lagi setelah kawin.

 

Jadi masalah yang satu ini bisa diatasi dengan mudah menggunakan settingan birahi yang tepat. Anda juga bisa menaikan porsi EF-nya jika burung masih tidak mau bunyi juga.

 

Akhir Kata

Setelah paham bagaimana cara mengatasi kenari macet bunyi, sekarang Anda bisa langsung terapkan ke kenari masing-masing. Jangan lupa sering-sering dijemur dan dibersihkan sangkarnya agar burung tidak sering sakit dan birahinya setelah stabil.

Leave a Comment