7 Kesalahan Merawat Konin yang Mungkin Sering Anda Lakukan

Konin merupakan jenis burung kecil yang paling banyak dipelihara oleh kalangan kicau mania. Memelihara konin ternyata gampang-gampang susah, anda harus telaten saat merawat burung ini.

Agar konin tetap sehat dan gacor
Kacer.co.id

Namun banyak juga yang belum begitu paham mengenai perawatan konin yang benar, sehingga konin menjadi nyilet, macet bunyi, botak, bahkan sampai mati.

Banyak kasus yang membeli konin ombyokan lalu dirawat beberapa minggu sudah nyilet dan mati. Ada juga yang membeli konin gacor, kemudian setelah dirawat malah macet.

Oleh karena itu, anda harus mengetahui mengenai cara merawat konin yang benar dan menghindari beberapa hal dibawah ini agar konin tetap gacor dan sehat.

Kesalahan Umum Merawat Konin yang Sering Dilakukan

  1. Memberikan pakan racikan nektar yang kurang tepat, atau kualitasnya kurang bagus untuk konin. Silahkan baca mengenai nektar yang bagus untuk konin
  2. Membiarkan nectar selama berhari-hari. Walau mungkin nectar yang anda berikan tidak mudah basi, namun jika dibiarkan nectar semakin lama akan semakin mengental sehingga sulit dicerna oleh burung.
  3. Tidak menyediakan air tawar. Walaupun makanan utama konin adalah nectar, namun tetap saja burung ini sangat membutuhkan air tawar yang bersih untuk mandi dan minum.
  4. Tidak mengganti air tawar secara rutin. saat konin minum, air tawar akan tercampur nectar yang menempel di paruh konin. Sehingga air akan menjadi lengket dan bahaya jika digunakan untuk mandi.
  5. Jarang memberikan kroto segar, walaupun sudah makan nektar namun tetap saja kroto merupakan pakan wajib bagi semua jenis kolibri.
  6. Membiarkan nectar terkena sinar matahari, biasanya dilakukan saat konin dijemur.
  7. Kebersihan sangkar tidak terjaga.

Tips Menjaga Agar Konin Tetap Sehat dan Gacor

Agar kondisi kesehatan konin tetap terjaga tentunya anda harus menerapkan perawatan harian yang baik. Sudah anda ketahui bahwa syarat utama agar konin bisa gacor adalah sehat, bugar dan nyaman.

Perawatan konin yang bagus dimulai dari pengembunan, penjemuran, pemberikan nektar, kroto dan kebersihan sangkarnya.

Untuk pembahasan yang lebih lengkap, silahkan baca artikel saya kemaren mengenai rawatan harian konin ya om.

Itulah beberapa kesalahan ketika merawat konin yang sering dilakukan oleh KN mania. Mungkin hal yang saya sebutkan diatas juga pernah anda lakukan tanpa sadar.

Semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan KN mania nusantara ya. Terimakasih

Categories Kolibri

Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment