Jangan Dimaster, Ketahui Tanda Kenari Selesai Mabung Dulu!

Mengetahui tanda kenari selesai mabung sangat penting jika Anda ingin memastikan kualitas suaranya tetap gacor setelah mabung. Sebab jika burung diganggu waktu masih mabung, bisa-bisa proses nyulam atau mabungnya tidak selesai dengan sempurna. Hal ini bisa mengakibatkan burung jadi tidak gacor lagi sampai macet bunyi.

 

Umumnya proses mabung pada burung kenari berlangsung selama 3 minggu hingga 2 bulan. Dalam beberapa kasus, proses ini bisa lebih lama karena fisik burung lemah atau suasananya membuat burung sering stress.



 

Selama mabung ini, kenari akan terlihat lemas, malas bunyi, jarang makan, dan pastinya semua bulu di tubuhnya akan rontok. Lalu, bagaimana tandanya waktu burung kenari sudah selesai mabung?

 

4 Tanda Kenari Selesai Mabung

Jika dilihat secara sekilas, burung kenari mabung akan terlihat seperti burung sakit ditambah bulunya rontok. Ketika burung sudah aktif lagi, artinya proses mabung sudah selesai dan kenari siap dimaster lagi.

 

Nah untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah ciri bahwa burung kenari Anda sudah selesai mabung.

 

1. Bulunya Sudah Tumbuh Panjang Lagi

Banyak kicau mania yang salah paham dan menganggap kenari yang bulunya masih pendek sudah selesai nyulam. Padahal, tanda mabung sudah selesai adalah waktu bulunya sudah tumbuh panjang dan seperti normal lagi.

Jika kenari sudah sering dijemur dan dimandikan waktu bulunya masih pendek, hasil akhirnya akan membuat bulu burung jadi kusam dan rusak. Bahkan tidak sedikit kasus burung yang jadi botak di bagian-bagian tertentu karena gagal mabung.

 

2. Kenari Mulai Aktif dan Banyak Makan

Selama mabung, pakan yang Anda berikan tidak akan habis dimakan oleh kenari. Pasti selalu ada sisa baik sedikit maupun banyak.

Hal ini dikarenakan burung tidak punya selera makan ketika mabung. Tapi waktu dia sudah selesai mabung, nafsu makannya akan naik lagi. Jadi Anda bisa lihat sudah atau belum selesai kenari mabung dari pakan sehari-hari.

 

3. Kenari Mulai Ngiriwik Lagi

Ketika mabung, kenari tidak akan banyak berkicau, bahkan ngeriwik-ngeriwik pun jarang. Tapi, bukan berarti burung akan seperti ini selamanya.

Waktu sudah selesai mabung, birahi kenari akan mulai meningkat lagi. Sehingga Anda mulai mendengar suara ngeriwik dari dalam sangkar. Ini artinya kenari sudah siap dimaster dan disetting agar bisa bongkar isian seperti dulu lagi.

 

4. Sudah Lewat dari 2 Bulan

Jika sudah lewat dari 2 bulan hingga 3 bulan, tapi belum terlihat tanda-tanda di atas, sebenarnya Anda sudah boleh memberi perawatan kenari seperti biasa. Sebab dalam beberapa kasus, ada burung kenari mabung yang malas bunyi bahkan sampai waktu nyulamnya sudah selesai.

Tapi kalau Anda mau memastikan apakah kenari sudah siap diberi perawatan seperti biasa atau belum, coba pancing dengan suara betina untuk menaikan birahinya.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Racikan Pakan Kenari Mabung

Untuk memastikan kenari bisa tetap gacor setelah mabung, ada 2 jenis racikan pakan yang perlu diberikan. Yang pertama adalah pakan ketika sedang mabung, dan yang kedua adalah racikan pakan pasca mabung.

 

Nah, berikut ini adalah pakan yang perlu Anda siapkan setiap hari untuk menjaga kualitas suara kenari.

 

Racikan Pakan Kenari Selama Mabung

Selama mabung, kenari tidak boleh diberikan pakan yang mengandung protein tinggi. Jadi stop dulu pemberian EF seperti jangkrik dan kroto.

Sebagai gantinya, berikan racikap pakan tradisional seperti berikut:

  • Biji-bijian 1 kg
  • Jahe 1 ruas
  • Kunyit 3 ruas
  • Madu 4 sendok teh
  • Minyak ikan

Campur semuanya dengan perbandingan seperti di atas. Tapi, jangan diamkan racikan pakan ini lebih dari 1 malam, sebab madu akan membuat pakannya cepat lengket dan mengundang semut.

Selain itu, sering-sering berikan multivitamin selama burung mabung. Maxiplus bisa jadi salah satu multivitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh kenari selama proses mabung ini.

 

Racikan Pakan Kenari Pasca Mabung

Setelah mabung selesai, barulah Anda bisa memberikan pakan peningkat birahi agar burung gacor lagi. Nah, berikut ini kami juga punya racikan pakan untuk kenari pasca mabung yang punya kandungan protein tinggi.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah:

  • Fumayin
  • Kroto
  • Apel yang bijinya sudah dibuang
  • Telur puyuh

Anda bisa mencampurkan keempat bahan ini dan memberikan langsung ke burung kenari. Kroto, apel, dan telur puyuh adalah salah satu sumber protein peningkat birahi yang paling disukai burung kenari. Sedangkan fumayin merupakan pakan sumber karbohidrat untuk mengisi kembali energi kenari setelah hampir 3 bulan merasa lemas.

Di luar dari racikan ini, Anda masih bisa memberikan EF seperti jangkrik untuk meningkatkan birahinya agar makin gacor. Tapi saran kami, jangan langsung berikan banyak EF sesuai settingan biasa waktu kenari baru selesai mabung.

 

Akhir Kata

Jadi setelah tahu berapa lama kenari selesai mabung dan apa tanda-tandanya, sekarang Anda jadi tahu kapan waktu yang tepat untuk mulai memaster burung lagi. Pastikan selama mabung ini kenari tidak stress dan jangan sering diintip.

Leave a Comment