[Lengkap] Cara Ternak Burung Kacer Kandang Kecil

Kata siapa ternak burung kacer kandang kecil tidak bisa dilakukan? Justru burung kacer adalah jenis burung yang bisa diternak dalam kondisi kandang apapun. Mau itu di dalam rumah, dengan kandang yang luas, ataupun dengan kandang yang kecil dan pas-pasan.

 

Bahkan ada beberapa keuntungan jika And ternak kacer dengan kandang minimalis. Yang pertama tentunya biaya tidak terlalu besar dan perawatan kandang tidak begitu memakan waktu. Sehingga tenaga dan waktu bisa difokuskan dalam mengurus produksi kacer.



 

Jika Anda penasaran bagaimana cara ternak burung kacer kandang kecil di dalam rumah, mari kita bahas lengkap dalam artikel berikut ini.

 

Berapa Ukuran Kandang Ternak Kacer?

Sebenarnya, kandang kacer yang perlu dibuat dengan ukura seperti ini.

  • Panjang 40 Cm
  • Lebar 20 Cm
  • Tinggi 20 Cm

Dengan kandang ukuran ini saja Anda sudah siap produksi kacer dari satu indukan betina.

 

Tapi kenapa peternak kacer lain membuat sangkar yang besar-besar?

 

Umumnya peternak kacer dengan ukuran sangkar yang besar ingin memproduksi dalam jumlah banyak sekaligus. Caranya dengan mengawinkan 1 jantan dengan banyak indukan betina kacer secara bergiliran. Sehingga butuh banyak tempat untuk merawat anakan kacer ketika sudah dilepas dari indukannya nanti.

 

Sedangkan jika ingin ternak kacer kandang kecil, Anda bisa berfokus untuk merawat tiap telur yang diproduksi.

 

Memang jumlah anakan kacer yang lahir lebih sedikit. Tapi karena dirawat dengan sungguh-sungguh, kualitas tiap anakan kacer jadi lebih tinggi. Yang mana membuat harganya jadi lebih tinggi pula.

 

Jika Anda punya lahan yang lebih luas dan ingin membuat sarang untuk ternak yang lebih besar, itu juga boleh. Tinggal ikuti saja ratio kandang kacer di atas agar ukurannya tetap proporsional.

 

Tips Ternak Burung Kacer Kandang Kecil agar Untung Besar

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jumlah anakan yang diproduksi tidak sebanyak yang kandangnya besar. Lalu bagimana cara agar Anda bisa tetap dapat untung yang banyak? Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu menjawap pertanyaan tersebut.

  • Pastikan kandang selalu bersih
  • Master tiap anakan kacer
  • Jangan dijual sebelum anakan kacer mulai bunyi
  • Jual sepasang siap kawin

 

1. Pastikan Kandang Selalu Bersih

Tips yang pertama dan paling penting adalah pastikan kandang selalu bersih. Kandang kacer yang ukurannya kecil biasanya lebih cepat kotor dan membuat burung lebih cepat terserang penyakit.

Jika indukan kacer sakit ketika sedang mengerami telur, kemungkinan besar produksi masa itu dianggap gagal. Sebab hanya sedikit telur yang bisa menetas. Ditetaskan dengan menggunalan inkubator pun sulit karena butuh alat khusus.

Oleh karena itu, pastikan selalu ada sirkulasi udara yang berputar di sekitar kandang, pastikan kandangnya selalu bersih, dan ganti wadah kotoran kandang setiap hari.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

2. Master Tiap Anakan Kacer

Karena kandangnya kecil, maka Anda hanya bisa beternak dengan sepasang indukan saja. Satu indukan kacer sendiri biasanya menghasilkan 4 sampai 5 butir telur tiap musim kawin.

Tapi tenang saja, Anda bisa tetap mendapatkan untung yang berlimpah dari sini.

Karena hanya perlu mengurus paling banyak 5 anakan kacer, itu artinya Anda bisa fokus memaster semua anakannya paling tidak sampai mulai bunyi dan punya isian-isian pendek. Hal ini akan meningkatkan harga jual burung kacer nantinya.

Memaster burung kacer sendiri tidak membutuhkan waktu lama. Biasanya kacer mulai bisa nembak isian di usia 4 sampai 6 bulan.

 

3. Jangan Dijual Sebelum Anakan Kacer Mulai Bunyi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, anakan kacer hasil ternak akan dijual ketika sudah mulai dewasa, tepatnya waktu kacer sudah mulai bunyi.

Harga anakan kacer biasanya sekitar 150 ribu sampai 200 ribu Rupiah. Sedangkan harga yang sudah siap bunyi bisa mencapai 400 ribu Rupiah per ekor, tergantung kualitas dari burung tersebut.

Memaster indukan jantan kacer juga bisa membantu meningkatkan kualitas kicauan anakan kacer.

 

4. Jual Sepasang Siap Kawin

Jika ada anakan kacer yang betina, Anda bisa siapkan satu ekor yang jantan untuk dijual sepasang. Sebab harga sepasang kacer siap kawin dan siap produksi juga cukup tinggi.

Meskipun begitu, Anda perlu menunggu agak lebih lama jika ingin menjual kacer sepasang. Karena burung kacer baru siap kawin waktu usia sekitar 8 sampai 10 bulan.

Tapi tenang saja, sepasang kacer siap kawin harganya bisa di atas 700 ribu bahkan sampai 1 juta Rupiah jika kualitasnya bagus. Jadi sabar-sabar sedikit jika ingin menjual kacer sepasang.

Orang-orang yang mencari kacer sepasang sendiri masih cukup banyak. Jadi Anda tidak perlu sampai jual rugi.

 

Akhir Kata

Jadi seperti itulah sedikit tips ternak burung kacer kandang kecil. Jangan lupa berikan Maxiplus setiap hari agar anakan dan indukan kacer selalu sehat. Jangan lupa juga berikan pakan yang bergizi sejak anakan kacer bisa makan sendiri sampai siap dijual.

Leave a Comment