Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat 100%

Hal yang paling sulit dalam memelihara lovebird adalah membedakan jenis kelaminnya. Karena bentuk fisik lovebird jantan dan betina sangat mirip, bahkan nyaris sama. Lovebird merupakan jenis burung monoformik yaitu tipe burung yang sulit dibedakan jenis kelamin nya.

Namun tenang saja, dengan sedikit pengalaman mengenai dunia lovebird sehingga saya bisa memperoleh perbedaan lovebird jantan dan betina. Karena tahu sendiri, setingan lovebird jantan dan betina juga berbeda.

Sehingga sebelum menerapkan setingan yang pas, saya harus mencari tahu jenis kelaminnya terlebih dahulu agar tidak salah setingan. Baik, mari kita bahas ciri fisik lovebird jantan yang akurat sesuai dengan pengalaman saya.

Ciri Lovebird Jantan Secara Jelas

 

1. Pangkal Paruh Lancip

Pangkal paruh lovebird jantan lancip

Ciri lovebird jantan yang pertama anda bisa melihat pada bagian paruhnya. Untuk lovebird jantan, maka akan terdapat lancip pada bagian pangkal paruh, yaitu tepatnya pada kulit putih perbatasan paruh dengan bulu.

Selain itu, bentuk paruh lovebird jantan juga terlihat ramping sehingga jika dilihat dari agak kejauhan, bentuk paruhnya kecil.

Ciri tersebut bisa anda lihat secara jelas dari dekat, nah kalo lovebird masih agak takut dengan orang kan masih susah dilihat. Caranya pegang saja langsung dengan tangan, kemudian lihat pada bagian pangkal paruhnya.

2. Kepala Lovebird Jantan Pipih

Selanjutnya anda bisa melihat pada bagian kepalanya. Menurut penelitian, lovebird jantan mempunyai bentuk kepala bagian yang agak pipih. Selain itu, ukuran lehernya juga terlihat panjang.

Sebaiknya anda memperhatikan ciri ini dari agak kejauhan saja, apalagi kalo ada banyak lovebird lain, sehingga bentuk kepalanya lebih mudah untuk dibedakan.

3. Klep Lovebird Jantan Tipis dan Oval

Ciri lovebird jantan selanjutnya adalah terletak pada bagian klep atau biasa dikenal dengan kacamata. Lovebird jantan mempunyai ukuran klep yang tipis dan bentuknya agak oval atau lonjong.

Anda bisa melihat dengan jelas apabila lovebird dipegang langsung dengan tangan, tapi ati-ati kalo digigit ya hehe. Soalnya kalo gigit sakit banget, lebih sakit dari cubitan istri pas marah.

4. Lubang Hitung LB Jantan Berbentuk Oval

Masih pada bagian kepalanya, ciri lb jantan selanjutnya bisa dilihat pada bagian lubang hidung. Untuk melihat ciri ini anda harus memegang langsung ya, karena kalo dari kejauhan pasti tidak keliatan.

Kalo bentuk lubang hidungnya oval, kemungkinan besar lovebird tersebut merupakan pejantan tangguh.

5. Posisi Ujung Sayap Lovebird Jantan Rapat

Sayap Lovebird jantan rapat

Ciri selanjutnya bisa melihat pada bagian sayap, yaitu ketika lovebird sedang merambat atau menempel pada jeruji sangkar. Lovebird jantan mempunyai ciri khas ujung sayap yang rapat bahkan sampai menyilang ketika bertengger.

Dalam catatan lovebird sedang tidak fight alias dalam keadaan santai, ataupun keadaan setelah ia terbang.

6. Bentuk Tubuh Cenderung Kecil

Berbeda dengan jenis burung lain, pada spesies lovebird si jantan malah mempunyai tubuh yang cenderung kecil dan agak panjang. Namun hal ini tidak bisa di vonis secara sembarang, karena harus ada beberapa lovebird lain sebagai bahan perbandingan.

Terutama jika ada banyak koloni lovebird, hal ini akan memudahkan anda dalam menentukan postur tubuhnya.

7. Ekor Rapat dan Tampak Runcing

Selanjutnya anda bisa melihat bagian ekor untuk memilih lovebird jantan. Ini karena lovebird jantan mempunyai bentuk ekor yang rapat (menyatu) sehingga terlihat ramping serta runcing alias ekornya lancip.

Ciri ini dapat dilihat secara jelas ketika lovebird sedang bertengger di tangkringan, langsung intip saja kalo ekornya menyatu berarti LB tersebut jantan.

8. Tulang Supit Rapat

Lagi-lagi anda harus memegang lovebird secara langsung untuk mengetahui jenis kelamin nya. Baiklah gapapa, lovebird jantan mempunyai tulang supit (pubis) yang agak rapat.

Saat dipegang dan diraba, jarak antara kedua tulang supitnya akan terasa rapat, keras dan sedikit lancip. Namun, cara ini hanya akurat jika umur lovebird sudah lebih dari 8 bulan.

9. Saat Nangkring Kakinya Rapat

Ciri lovebird jantan yang selanjutnya adalah melihat pada bagian kaki saat bertengger atau nangkring. Lovebird jantan cenderung nangkring dengan kaki yang rapat. Selain itu, ia sering berdiri dengan tegap sehingga tubuhnya terlihat panjang.

Nah coba amati lovebird anda saat nangkring, apakah kakinya membuka/melebar atau rapat. Kalo rapat ya kemungkinan besar lovebird itu jantan.

Ciri-Ciri Akurat Lovebird Betina

Nah setelah kita membahas berbagai ciri akurat lovebird jantan, selanjutnya kita bahas mengenai ciri-ciri lovebird betina. Pastinya juga akurat dan bisa anda gunakan sebagai patokan dalam memilih lovebird.

Ujung sayap lovebird betina

Supit udang lb betina membuka

  1. Lovebird betina mempunyai bentuk pangkal paruh yang tumpul dan paruhnya melebar.
  2. Kepala lovebird betina berbentuk bulat dan cenderung agak besar.
  3. Bentuk klep atau kacamata lovebird betina tebal dan bentuknya bulat (bukan oval).
  4. Bentuk lubang hidung pada lovebird betina berbentuk bulat, anda bisa lihat dari dekat ya.
  5. Kalo sedang merambat atau menempel di jeruji, ujung sayap lovebird betina cenderung renggang alias tidak rapat.
  6. Lovebird betina mempunyai bentuk tubuh yang besar dan cenderung lebar, kalo bahasa jawanya “ndrebobok”.
  7. Selanjutnya pada bagian ekor, LB betina bentuk ekornya melebar atau membuka.
  8. Kalo anda pegang, bentuk supit udang LB betina terasa longgar alias tidak rapat.
  9. Ketika nangkring atau bertengger di tangkringan, maka gaya nangkringnya sering membuka.

 

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina

Nah setelah sudah jelas mengenai ciri masing-masing lovebird, selanjutnya bisa kita simpulkan untuk cara membedakan jenis kelamin keduanya. Mari kita simak,

  1. Lovebird jantan mempunyai pangkal paruh lancip, sedangkan lovebird betina pangkal paruhnya tumpul.
  2. Bentuk kepala lovebird jantan agak kotak atau pipih pada bagian atas, kalo lovebird betina bentuknya bulat.
  3. Bentuk klep mata lovebird jantan tipis dan oval, sedangkan lovebird betina bentuknya tebal dan bulat.
  4. Lubang hidung lovebird jantan berbentuk oval, sedangkan lovebird betina lubang hidungnya bulat.
  5. Posisi ujung sayap lovebird jantan selalu rapat, sedangkan betina sering renggang.
  6. Bentuk tubuh Lb jantan cenderung kecil, sedangkan betina cenderung besar dan lebar.
  7. Ekor lovebird jantan berbentuk rapat dan lancip, sedangkan betina tampak lebar alias membuka.
  8. Jarak antara kedua supit udang pada LB jantan agak rapat (lancip), dan keras. Sedangkan lovebird betina supit udangnya lunak dan membuka.
  9. Posisi kaki saat lovebird jantan nangkring sering rapat, sedangkan betina kakinya sering membuka.

 

Gimana sudah jelas banget kan mengenai perbedaan lovebird jantan dengan betina? Agar lebih jelas lagi perhatikan tabel perbandingan dibawah ini.

Ciri FisikLovebird JantanLovebird Betina
Pangkal paruhAda lancipnyaTumpul
Bentuk paruhTipis rampingTebal melebar
Bentuk klepTipis ovalTebal bulat
Bentuk kepalaPipih, cepakCenderung bulat
Lubang hidungOvalBulat
Posisi ujung sayapRapatMembuka atau renggang
Ukuran tubuhKecilBesar
EkorLancip & rapatMembuka alias melebar.
Posisi nangkringRapatMembuka
Supit udangRapat dan kerasLunak dan membuka
GestangYaYa
MbebekYaYa
Mangut-mangutYaTidak
Sering meletYaTidak
Suka menggigitJarangSering

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Saat Birahi

Diatas hanyalah perbedaan antara lovebird jantan dan betina secara fisik, untuk lebih mantap agar anda bisa yakin mari kita bahas juga perbedaannya dari tingkah laku ketika birahi.

1. Perlaku Birahi Lovebird Jantan

Sering garuk-garuk kepala : Ciri khas lovebird jantan adalah sering menggaruk kepalanya ketika ia sedang birahi. Kebiasaan ini bisa kita lihat saat ia mendengar suara lovebird lain, ataupun ketika ingin minta kawin.

Sering berputar-putar : saat sedang birahi, biasanya LB jantan akan berputar-putar sambil mengeluarkan suara kik-kik berulang. Perilaku ini sering terjadi ketika lovebird jantan sedang merayu betina saat di sangkar ternak (minta kawin).

Sering melet dan buka paruh : Perilaku khas lovebird jantan yang ketiga ketika ia birahi adalah melet dan membuka paruhnya. Banyak orang bilang ini adalah karakter konslet, memang benar lovebird konslet berawal dari birahi tinggi.

Mangut-mangut dan Memuntahkan Makanan : Perilaku ini juga sering terjadi ketika lovebird ingin kawin. Biasanya, sebelum kawin lovebird akan saling meloloh (#sensor# ciuman) terlebih dahulu.

Gestang : Namun ini belum bisa saya pastikan keakuratannya, karena ternyata lovebird betina juga bisa gestang. Sehingga jangan di jadikan sebagai patokan.

2. Perilaku Birahi Khas Lovebird Betina

 

Ngetik dengan jeda rapat : Apakah anda pernah mendengar lovebird yang ngetik dengan nada rapat? Kira-kira bunyinya “trititik trititik” dan berulang.

Biasanya lovebird betina akan bunyi seperti itu ketika mendengar suara lovebird lain dikarenakan kondisi birahinya sedang tinggi.

Sering Menggigit (Galak) : Ciri khas lovebird betina saat birahi selanjutnya adalah sering menggigit tangan ketika didekati. Selain menggigit tangan, ia juga sering menggigit jeruji sangkar, maupun tangkringan yang berasal dari kayu.

Mbebek atau Mesawat : Ciri ini belum bisa dipastikan keakuratannya, karena saya sendiri juga punya lovebird jantan yang bisa mesawat atau mbebek.

Kalo ada yang tanya, “apakah lovebird jantan bisa mesawat?” Jawabannya bisa!

Sehingga jangan menggunakan perilaku ini untuk menentukan apakah itu lovebird betina ataupun jantan.

Kelebihan Kekurangan Lovebird Jantan dan Betina

1. Lovebird Jantan

 

Kelebihan : Pasti anda sudah tahu kalo semua lovebird konslet berjenis kelamin jantan. Nah ini adalah keunggulan mutlak lovebird jantan, kalo udah konslet wahh pasti dihabisin semua musuh-musuh digantangan.

Kekurangan : Lovebird jantan sangat mudah naik birahi ketika di arena lomba, sehingga kalo ingin main lovebird jantan anda harus melakukan jebol birahi terlebih dahulu. Setelah itu kunci birahinya dengan metode untulan agar ia bisa konslet.

2. Lovebird Betina

Kelebihan : Lovebird betina mempunyai karakter yang tidak mudah naik birahi, walaupun ketemu banyak lovebird lain di lapangan ia akan tetap mengeluarkan sifat fighter yang dimilikinya. Sehingga ia akan top perform hingga akhir perlombaan.

Kekurangan : Kalo birahinya naik atau bahkan sampai OB, Lovebird betina sangat susah untuk diseting. Efek lain kalo sudah OB adalah durasinya berkurang bahkan sampai tidak mau ngekek sama sekali.

Oleh karena itu, menjaga birahi lovebird betina sangatlah penting, bahkan saya pun harus melakukan terapi penurunan birahi lovebird betina setiap 2 minggu sekali, soalnya saya gantang setiap seminggu sekali. Kalo tidak begini, maka bisa-bisa lovebird bisa rusak.

Baiklah rekan-rekan itulah cara paling akurat untuk membedakan lovebird jantan dan betina. Gimana pasti sudah jelas banget kan? Wong artikelnya lengkap banget hingga panjangnya kaya rel kereta gini hehe.

Semoga bermanfaat ya, jangan lupa bagikan jika artikel ini bisa berguna untuk teman-teman lovebird mania yang lain.

Salam Lovebird Mania Indonesia dari pamankicau team Sragen.

     

Leave a Comment