Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Ngekek sambil Ngepak sayap

Saat ini lovebird menjadi kelas utama dalam setiap even perlombaan. Namun masalah yang paling sering terjadi saat menggantang lovebird adalah ngekek sambil mengepakan sayap.

Pasti anda sering melihat lovebird yang ngekek sambil ngepak sayap saat di gantangan. Atau justru malah terjadi pada gacoan lovebird anda. Tenang jangan khawatir kasus ngekek nyayap adalah kondisi umum pada lovebird.

Nah pada kali ini pamankicau akan membahas penyebab dan cara mengatasi lovebird ngekek sambil mengepakan sayap.

Sebelum kita membahas cara mengatasinya, mari kita bahas terlebih dahulu beberapa penyebabnya.

Penyebab Lovebird Ngekek Ngepak Sayap.

Sebenarnya penyebab lovebird ngekek sambil mengepakan sayapnya itu ada banyak, namun secara umum saya sudah menyimpulakan sebagai sebagai berikut.

Baca juga : Cara seting konslet lovebird jantan

1. Kondisi Birahi Yang Terlalu Tinggi (OB)

Penyebab lovebird ngekek nyayap yang pertama adalah karena kondisi birahi yang over. Ciri lovebird sedang OB adalah terlalu gelisah ketika mendengae suara lovebird lain.

Bisa jadi lovebird anda OB karena kesalahan rawatan harian seperti jarang di embun, jarang dimandikan, memberikan pakan racikan yang berlebih, maupun menggunakan vitamin yang kurang bagus.

 

2. Lovebird Over Emosi

Penyebab yang kedua adalah lb mengalami over emosi. Saat di gantangan, emosi lb sangat mudah untuk naik. Apalagi anda menerapkan setingan yang tinggi, pasti mendengar suara lb lain aja sudah gak bisa anteng.

Ciri lovebird over emosi saat lomba adalah ngekek sambil ngepak sayap yang disertai dengan loncat sana loncat sini. Kalo LB anda bertingkah seperti itu, kemungkinan besar ia mengalami over emosi.

 

3. Faktor Genetik Lovebird

Penyebab yang terakhir adalah faktor genetik atau keturunan lovebird itu sendiri. Tidak semua lovebird bisa ngekek dengan anteng, ada juga lovebird yang selalu ngekek dengan ngepakin sayapnya.

Kalo anda sama sekali tidak pernah melihat ia ngekek dengan anteng, dengklek maupun gaya lain, alias kalo ngekek selalu ngepal sayap, bisa jadi itu dikarenakan faktor genetik yang tidak bisa dihilangkan.

Kalo untuk Lb paud sih tidak masalah karena akan tetap dinilai, tapi kalo untuk lb dewasa sama aja boong wong tidak masuk penilaian.

Percuma dong ngekek panjang tapi ngepak sayap, nilainya nol.

4. Setingan Terlalu Tinggi

5. Down Mental

 

Penyebab LB ngekek nyapap diatas merupakan hasil diskusi saya dengan om Andri LBF Solo minggu lalu. Selain itu saya juga mengamati salah satu LB dirumah yang kondisinya sekarang juga ngekek sambil nyayap.

Jika anda sudah mengetahui penyebab dari kasus diatas selanjutnya langsung saja mari kita bahas cara mengatasinya.

 

Mengatasi Lovebird Ngekek Ngepak Sayap

 

1. Terapi Mandi Malam 1 Minggu

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan terapi mandi malam kurang lebih selama 1 minggu. Mandi malam sangat ampuh untuk menurunkan birahi lovebird secara signifikan.

Selain menurunkan birahi, mandi malam juga bisa membuat karakter lovebird menjadi lebih tenang alias menjadi tidak mudah emosi.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Mandi malam terbaik adalah sekitar jam 7 hingga jam 8 malam.

Cara Mandi Malam :

  • Siapkan Gacoan Lovebird anda
  • Semprot dengan menggunakan bantuan sprayer
  • Semprot hingga setengah basah
  • Angin-anginkan di teras hingga kering
  • Kalo sudah kering kembali masukan ke rumah

 

2. Lakukan Terapi Embun Pagi

Sudah bukan rahasia lagi kalo pengembunan sangat bagus untuk lovebird. Terutama untuk penyetabilan birahi dan emosinya. Silahkan anda lakukan terapi ini untuk mengurangi kebiasaan buruknya, yaitu ngekek ngepak sayap.

Pengembunan lovebird terbaik adalah antara jam 3 sampai jam 6 pagi. Tapi kalo merasa terlalu pagi ya cukup diembunin jam 5 aja tidak masalah.

Lakukan pengembunan setiap hari secara rutin, walaupun sudah pulih,pengembunan tetap harus dilakukan setiap hari.

3. Lakukan Terapi Glodok

Ini adalah terapi paling simpel yang saya lakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu menggunakan glodok. Anda bisa menggunakan glodok bambu ataupun glodok biasa. Pengalaman saya menggunakan glodok ini selama 7-9 hari dan hasilnya Lovebird sudah ngekek seperti biasa lagi.

Glodok berfungsi untuk menenangkan dan mengembalikan sifat fighter yang telah ia miliki sebelumnya.

Sebagai referensi, silahkan baca :

1. Metode Seting Glodok Rahasia Stabilkan Birahi Lovebird

2. Manfaat Glodok Bambu untuk Lovebird Dewasa dan Paud

 

4. Koloni dengan Lovebird Lain

Jika anda punya banyak lovebird dirumah, ini menjadi alternatif yang bagus dan mudah dilakukan. Langsung masukan saja lovebird gacoan anda bersama dengan koloni lovebird lain dirumah.

Biarkan ia menikmati hidup bersama teman-temannya hingga 2-3 minggu. Kalo sudah kembali ambil dan taruh ke sangkar harian untuk di seting ulang agar ia bisa ngekek panjang.

Itulah penyebab dan cara mengatasi lovebird ngekek sambil ngepak sayap versi pamankicau, semoga gacoan anda cepat on fire kembali. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa bagikan jika artikel ini bermanfaat ya, Terimakasih.

     

Leave a Comment