Manfaat Batu Bata Merah untuk Lovebird Agar Bulunya Berkilau

Pernakah Anda mendengar manfaat batu bata merah untuk lovebird? Ternyata batu yang sering dijadikan bahan bangunan ini memiliki khasiat tersebunyi untuk burung kicau, khususnya burung lovebird. Oleh karena itu untuk Anda para kicau mania yang memelihara lb di rumah, Anda wajib tahu apa saja khasiat dari batu bata merah.

 

Memang saat ini masih jarang kicau mania yang menggunakan batu bata merah sebagai ekstra fooding burung. Bahkan banyak orang yang menganggap aneh, karena memberi makan lovebird dengan batu yang terbuat dari tanah lempung.



 

Padahal, batu bata merah ini bisa menjadi alternatif EF terbaik lovebird yaitu tulang sotong. Serta sebagai pencegah penyakit mematikan yang bisa menyerang burung.

 

4 Manfaat Batu Bata Merah Untuk Lovebird

Untuk Anda yang baru pertama kali mendengar pemberian batu bata sebagai EF lovebird, baiknya ketahui dulu apa saja manfaat EF ini untuk burung kicau.

 

1. Mencegah Penyakit Paruh Gajah

Paruh gajah merupakan masalah yang sangat sering ditemui di burung lovebird peliharaan, khususnnya ketika burung tidak diberi tangkringan di dalam sangkarnya. Dan bila dibiarkan, paruh gajah bisa membuat burung sulit makan dan minum hingga sulit dimaster.

Dengan memberikan batu bata merah di dalam sangkarnya, lb bisa mengasah paruh dengan mematuk – matuk batu tersebut. Hal ini akan mengikis paruh burung sehingga ukurannya tidak terlalu panjang dan mengganggu ketika makan.

Di alam liar sekalipun, lovebird melakukan kebiasaan yang sama. Baik itu menggunakan batu maupun kulit kayu di pohon yang besar.

 

2. Menjaga Kuku dan Paruhnya Tetap Tajam

Hampir mirip dengan manfaat yang sebelumnya, sering mengigit dan memakan batu bata merah juga bisa menjaga kuku maupun paruh lovebird tetap tajam. Kebanyakan dari Anda mungkin senang bila lb punya kuku yang tumpul agar tidak sakit ketika mencengkram.

Padahal kuku dan paruh yang tajam sangat dibutuhkan oleh burung. Sebab hal ini membantu mereka untuk bisa bertengger dengan seimbang serta mempermudah ketika harus makan EF berukuran besar seperti jangkrik.

 

3. Membuat Bulu Lovebird Lebih Cerah

Manfaat batu bata merah untuk lovebird yang berhubungan dengan badan atau fisiknya adalah sebagai pencerah bulu di tubuhnya. Hal ini terjadi karena tiap kali lb memakan batu bata merah, ia juga akan menggesekan tubuh dan bulunya ke pinggir batu.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Nantinya debu – debu dari batu bata tersebut akan membantu melunturkan kotoran di bulu lovebird ketika dimandikan. Tapi tentunya, Anda juga wajib memandikan burung secara rutin bila ingin bulunya cerah dan bersih.

 

4. Memperlancar Pencernaan Burung

Selain diberikan langsung dalam bentuk bongkahan, batu bata merah juga bisa diberikan kepada lovebird dalam bentuk campuran makanan. Namun Anda perlu menghaluskan batu ini menjadi serbuk agar mudah dicerna.

Dengan begitu, pencernaan burung akan menjadi lebih lancar. Namun jangan kaget bila kotorannya menjadi warna merah. Warna tersebut bukan berasal dari darah, melainkan dari apa yang burung tersebut makan.

 

Apakah Memberi Batu Bata Merah untuk Lovebird aman?

Bila Anda yang baru bertama kali mendengar cara ini, mungkin memberikan batu bata merah kepada burung lovebird terdengar kurang lazim. Padahal batu bata merah ini tidak benar – benar dimakan oleh lb agar ia kenyang. Melainkan hanya untuk mengasah paruh dan kukunya saja.

 

Batu bata merah sendiri tidak berbahaya bila termakan oleh lovebird. Namun seperti yang dikatakan tadi, feses burung hanya akan menjadi merah karena batu bata yang masuk ke perutnya.

 

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai manfaat batu bata merah untuk lovebird. Jangan berikan vitamin Bosch – Max agar lovebird Anda cepat gacor dan selalu sehat.

Leave a Comment