Mengatasi Burung Katarak dengan Mudah Cepat dan Aman

Katarak menjadi penyakit mata pada burung yang tiba tiba timbul tanpa kita sadari. Semua burung bisa terkena resiko penyakit  katarak, namun burung yang sering terkena katarak adalah anis, murai batu, kacer, dan cucak ijo.

Katarak biasanya timbul di salah satu mata burung, kalo tidak di bagian kanan ya kiri, namun bisa saja timbul dikedua matanya.

Cara mengobati burung katarak

Burung yang terkena katarak harus segera diobati agar tidak menular di mata yang satunya. Sehingga kita harus melakukan pengobatan dan perawatan khusus untuk mengobati burung katarak.

Ciri-ciri Burung Katarak

Pertanda burung terkena katarak dapat dengan mudah kita lihat. Perhatikan saja apakah terdapat bintik putih pada mata burung, atau tidak.

Jika anda mendapati bintik putih yang ada di mata burung,  berarti dapat dipastikan bahwa burung tersebut terkena katarak.

Selain itu, respon penglihatan juga semakin berkurang jika mata burung sudah terkena katarak.

Kasus katarak paling parah adalah jika kedua mata sudah terkena katarak, sehingga burung  akan mengalami kebutaan, dan susah melakukan aktivitas termasuk makan dan minum.

Penyebab Burung Katarak

Apa sih penyebab burung katarak?

Menurut rekan-rekan kicau mania dan pada ulasan di banyak media, terdapat banyak faktor yang menyebabkan burung terkena katarak. Diantaranya adalah terkena sinar matahari langsung yang terlalu lama, terlalu banyak UH, dan kebersihan kandang yang tidak terjaga.

Lovebird Anda Nyilet? Baca ini biar sembuh

Namun setelah saya bertanya kepada dokter hewan, penyebab katarak pada burung adalah faktor genetik, sangat kecil kemungkinanya jika faktor yang disebutkan diatas dapat menyebabkan katarak.

Belum tentu burung jarang dijemur lama, jarang diberikan Ulat hongkong, dan selalu dibersihkan kandangnya tidak akan terkena katarak. Karena katarak merupakan penyakit yang timbul karena faktor genetika bukan faktor perawatan.

Cara Mengobati Burung Katarak

Langsung saja mari kita bahas cara paling jitu dan ampuh mengatasi burung katarak. Yuk simak

 

1. Menggunakan Bunga Kitolot

Kitolot merupakan tamanan yang biasa tumbuh liar di sekitar kebun, ternyata tanaman ini sangat bermanfaat sekali bagi kita, salah satunya untuk mengobati katarak pada burung.

Manfaat kitolot untuk burung katarak

 

Tanaman ini sebenarnya sudah dimanfaatkan secara turun temurun oleh nenek moyang pada jaman dahulu. Namun banyak dari kita yang belum tau mengenai tanaman kitolot yang bermanfaat ini.

Bunga kitolot mempunyai kandungan adalah Alkaloid, Flavonoid, Saponin, dan tanin. Alkaloid adalah zat yang mempunyai kecendrungan menghambat laju pertumbuhan bakteri.

Flavonoid berperan sebagai antioksidan dan antibakteri. Saponin adalah zat yang dapat meningkatkan permeabilitas sehingga terjadi hemolisis sel. Dan Tanin adalah antibakteri.

Sehingga kita bisa menggunakan bunga inu untuk mengobati katarak pada burung.

Cara Menggunakan Bunga Kitolot

Petik bunga kitolot, kemudian siapkan air yang bersih didalam gelas kecil.
Rendam bunga kitolot selama 5 menit,
Kemudian teteskan kepada mata burung yang terkena katarak.

Lakukan cara ini sampai katarak benar benar sembuh, biasanya membutuhkan waktu 2-3 minggu.

2. Mengobati Katarak dengan Daun Sirih

 

  • Rebus daun sirih dengan air, pastikan panci untuk merebus air daun sirih benar benar bersih agar tidak ada kotoran yang masuk pada mata burung.
  • Takaran untuk membuatnya adalah 5 daun sirih untuk 1 gelas air, tujuanya agar air rebusan tidak terlalu kental agar cepat meresap ke mata burung.
  • Jika air rebusan daun sirih masih terlalu kental, anda bisa menambahkan air yang bersih agar lebih encer.
  • Kemudian endapkan sebentar, dan air rebusan siap untuk digunakan sebagai tetes mata burung.

Anda bisa mengombinasikan kedua bahan ini, caranya buat dahulu air rebusan daun sirih, kemudian campurkan dengan air rendaman bunga kitolot. Dan obat alami untuk mengatasi katarak sudah siap untuk diberikan.

3. Mengobati dengan tetes madu asli

Obat alami burung katarak selanjutnya adalah tetes madu asli. Seperti namanya, obat ini mengandung madu yang 100% asli, dan dipercaya mampu menyembuhkan katarak (termasuk katarak pada burung).

Anda bisa menggunakan obat ini, caranya juga cukup mudah.

  • Siapkan botol tetes atau media lain (seperti tempat obat tetes mata) agar lebih mudah saat memberikan pada burung.
  • Kemudian, masukan 1 tetes madu asli tersebut pada wadah.
  • Campurkan sedikit air bersih, kira-kira 1:5 dengan tetesan madu asli.
  • Larutkan kedua campuran tadi hingga benar-benar menyatu.
  • Setelah itu, anda bisa langsung meneteskan pada mata burung yang terkena katarak sebanyak 1 tetes setiap pagi dan sore.
  • Simpan ramuan madu tetes tadi ke dalam kulkas, karena masih bisa digunakan pada esok hari sampai habis.

 

4. Menggunakan Bunga Melati

Siapa sangka, ternyata bunga melati mempunyai berjuta manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk pengobatan burung katarak.

Cara membuatnya juga sangat mudah, anda bisa mencampur dengan air bunga kitolod, atau mencampur dengan air rebusan daun sirih.

Sebelum dicampur, bunga melati harua direbus dulu dengan air bersih. Lalu air rebusan inilah yang bisa anda gunakan untuk mengobati mata burung katarak.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

5. Menggunakan daun pegagan

Apakah anda masih asing dengan daun ini? Daun pegagan merupakan ramuan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit mata selain bunga kitolod.

Secara ilmiah, ternyata daun pegagan mempunyai banyak kandungan yang luar biasa, diantaranya thankunside, isothankunside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, madasiatic acid, Asiatocoside, dan vitamin B.

Proses pembuatan ramuan daun ini juga sangat mudah, hampir sama dengan bunga kitolod. Celupkan daun pegagan segar yang baru dipetik kedalam gelas yang berisi air bersih.

Tunggu hingga 15 menit, dan kemudian air ini bisa untuk diberikan pada burung katarak. Jika takut untuk memegang, anda bisa menggunakan bantuan sprayer (alat semprot).

Masukan saja ramuan daun pegagan ini kedalam sprayer, kemudian semprotkan pada burung yang terkena katarak. Pastikan bagian matanya terkena ya, kalo tidak kena ya sama aja boong, hehe.

6. Menggunakan biji bunga Boroco

Biji bunga boroco untuk mengobati burung katarak
Jengger ayam

Apakah nama bunga ini asing bagi anda? Yahh keliatan banget kalo kurang gaul nih. Nama Belanda bunga boroco ini adalah jengger ayam atau kembang jawer hayam.

Ambil beberapa butir biji dari bunga ini, kemudian rebua dengan segelas air bersih selama 10 menit.

Setelah itu, air rebusan biji bunga boroco siap untuk digunakan terapi rimbang pada mata burung yang katarak.

7. Menggunakan Kembang Talang

Kembang talang untuk mengatasi katarak pada burung
Kembang Talang

Ramuan herbal tradisional selanjutnya adalah kembang talang, anda pasti sudah sering melihat bunga ini kan. Bunga ini tumbuh liar disekitar Kebun dan biasanya digunakan untuk mainan anak-anak.

Siapa sangka kalo bunga ini bermanfaat untuk enyembuhan katarak secara alami. Cara pemberiannya juga sangat mudah kok, hampir sama dengan daun pegagan.

Rendam 1 helai bunga talang pada segelas air bersih selama 15 menit. Setelah itu, air rendaman ini bisa langsung anda gunakan untuk merimbang mata burung katarak.

Cukup dirimbang 5x saja setiap pagi dan sore hari.

 

8. Mengobati Katarak Secara Medis

Jika mengobati katarak secara alami tidak kunjung sembuh, anda harus melakukan langkah ini yaitu membawa burung anda ke dokter hewan terdekat.

Dengan cara ini dapat saya pastikan burung akan mendapatkan penanganan yang sangat tepat. Dulu saya pernah membawa anis merah katarak ke dokter hewan, dan hasilnya anis merah saya sembuh.

Untuk biaya pengobatan katarak di dokter hewan bervariasi, tergantung tingkat keparahan katarak burung anda. Selain itu, setiap daerah saya yakin pasti patokan harganya akan berbeda.

Kalo di Semarang, berkisar antara 700-900rb (saat itu tahun 2016) kalo sekarang entah deh, sepertinya lebih mahal.

Itulah pembahasan saya mengenai cara mengobati katarak pada burung, semoga postingan yang saya buat ini bisa bermanfaat bagi rekan rekan yang burungnya sedang mengalami penyakit katarak.

Jangan lupa untuk share postingan ini jika dirasa artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi rekan lain yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan, masukan, atau tambahan silahkan tulis argumen anda di kolom komentar ya.

6 thoughts on “Mengatasi Burung Katarak dengan Mudah Cepat dan Aman”

Leave a Comment