Cara Ampuh Mengatasi Kacer Mbagong Ala Om Agus KMI

Beberapa dari anda yang memelihara burung kacer, mungkin pernah melihat burung kacer menunjukan perilaku yang aneh dan tidak enak dipandang. Seperti contohnya mengembungkan bulu seperti balon, menekuk buntutnya ke dalam tubuh, atau mengeluarkan suara yang kurang bagus.

Semua perliaku ini, disebut juga dengan nama mbagong. Mbagong atau ngebagong adalah sebutan ketika burung kacer mendadak jadi kuda laut dengan tingkah seperti mendongakan kepala, menekuk ekor, mengeluarkan suara yang mengganggu, dan mengembungkan bulu hingga seperti balon.

Bagi kacer mania, mbagong dibedakan menjadi 2, yaitu mbagong jalan dan mbagong ngunci. Kedua kasus tersebut sangat sering terjadi ketika kacer diadu, baik dirumah maupun saat di arena lomba.

Perlu anda ketahui, mengatasi kacer mbagong itu berbeda-beda dan harus melihat kasusnya terlebih dahulu. Oleh karena itu jangan melakukan tips sembarangan.

 

Penyebab Umum Kacer Mbagong

 

Birahi, Emosi, Tenaga tidak sinkron

Nah ini merupakan penyebab yang paling utama, kalo ketiga hal ini tidak sinkron alias salah satu diantaranya terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka perilaku mbagong pada kacer akan terjadi. Entah itu birahi kurang, kurang tenaga, maupun kelebihan birahi (OB).

Kurang sehat

Kacer yang kondisinya kurang fit pasti tidak akan tampil maksimal saat di lombakan. Di arena lomba kacer benar benar di adu mental dan fisiknya, walaupun mental sudah kuat namum fisiknya kurang alias tidak fit, tentu kacer akan kecapean dan akhirnya jadi bagong karena overbirahi

 

Burung kacer merasa tidak nyaman

Sangkar yang nyaman menjadi kunci utama tampil mewahnya kacer. Jika ia kurang nyaman di dalam sangkar pasti tidak akan tampil maksimal saat di gantangkan.

 

Stress

Kacer yang sedang stress pasti malas bunyi, penyebab kacer stres juga bermacam-macam sehingga jika kita ingin mengatasi kacer yang stres harus tahu dulu penyebabnya agar kita bisa memastikan perawatan yang pas untuk gacoan kita.

Mental kurang bagus

Berlawanan dengan tadi, kacer yang siap fisik namun tidak siap mental hasilnya pasti kurang maksimal. Sehingga burung jadi drop mental dan akhirnya cuma bisa mbagong atau mbedesi saat ketemu lawan yang lebih gacor dan lebih tua.

Melihat lawan burung kacer yang lebih tangguh

Gejala ini merupakan salahsatu tanda bahwa kacer kurang bagus mentalnya. Mentalnya tempe atau tidak petarung pasti akan kurang tarungnya dan hasilnya pasti mbagong di arena lomba.

Bila burung kacer anda sudah menunjukan perlikau mbagong, berikut ini adalah langkah – langkah untuk mengtasainya.

 

Cara Mengatasi Kacer Mbagong

 

Kacer Mbagong Jalan

Masalah ini sudah biasa terjadi di gantangan, bahkan saya juga sering punya kacer tipe ini. Pastinya anda sudah tahu kan sebutan mbagong jalan pada kacer, kalo belum tau baik deh saya jelaskan sedikit.

Mbagong jalan pada kacer saat lomba adalah kondisi dimana kacer bunyi sebentar kemudian mbagong, dan kemudian ia mau bunyi lagi. Nah kondisi ini terus menerus hingga akhir pelombaan.

Apa penyebabnya? Penyebab umum kacer Mbagong jalan adalah kondisi birahi yang rendah dan emosinya juga rendah. Terus gimana cara ngatasinnya? Simak tips berikut ini ya!

1. Tingkatkan EF

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mbagong jalan pada kacer adalah meningkatkan pemberian EF harian. Kalo biasanya anda memberikan jangkrik 5 pagi 5 sore, kini tingkatkan menjadi 5 pagi, 3 siang, dan 5 sore setiap harinya.

Berikan juga kroto seminggu 1x sebanyak 1 sendok makan. Terapkan setingan EF seperti ini selama 2 minggu. Amati juga tingkah birahinya setiap hari. Saat mau main berikan UH 3 ekor sekitar 3 sesi sebelum lomba dimulai.

2. Tambah porsi jemur

✓ Bikin Lovebird Makin Gacor dengan Bosch-Max ®✓ Vit Rahasia Burung Jawara itu Maxiplus ®

Selain menambah porsi EF, anda juga harus meningkatkan porsi jemur harian kacer. Kalo biasanya menjemur selama 1 jam , kini tingkatkan 30-60 menit setiap hari. Mulai penjemuran dari jam 6.30 hingga jam 8.00 sampe jam 9.00 setiap hari.

Setelah itu, burung bisa diangin-anginkan, lanjut kerodong dan masukan kedalam rumah.

Kacer Mbagong ngunci

Selanjutnya ada yang namanya mbagong ngunci, sudah tahu apa belum? Saya jelaskan sedikit ya. Mbagong ngunci adalah dimana kacer bunyi sebentar kemudian mbagong ketika bertemu lawan.

Biasanya kalo di gantangan, baru bunyi sebentar (bunyinya keren ngotot) eh baru 2 menit langsung mbagong sampe lomba selesai. Apa penyebabnya? Birahi tinggi, emosi tinggi, dan tenaga kurang.

Berikut cara mengatasinya

1. Tingkatkan Jangkrik

Terapi pertama yang perlu anda lakukan adalah meningkatkan pemberian EF berupa jangkrik. Dengan catatan “hanya jangkrik saja” ya, untuk EF lainnya tidak perlu ada perubahan.

Jangkrik sangat bagus untuk mendongkrak tenaga kacer, lebih bagus lagi anda coba berikan jangkrik alam setiap harinya dengan porsi seperti diatas.

2. Embunkan setiap hari

Embun pagi sangat bagus untuk penyetabilan birahi dan pendongkrak birahi kacer. Lakukan pengembunan mulai jam 4.30 setiap harinya.

3. Jemur secukupnya saja

Kalo kacer anda mbagong ngunci, porsi jemur diubah menjadi tingkat sedang. Yaitu sekitar 1 jam saja dimulai dari jam 6.30 pagi.

4. Umbar 2x dalam seminggu

Tujuan mengumbar kacer adalah mencetak fisik dan tenaga yang kuat. Mengatasi kacer yang mbagong ngunci kira-kira membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu lamanya. Pada saat proses ini, burung wajib diumbar setidaknya 2x dalam seminggu.

5. Berikan suplemen khusus

Perawatan harian memang sangatlah penting, tapi memberikan vitamin atau suplemen ketika mau lomba juga tidak kalah pentingnya. Sejak H-2 kacer mau lomba, berikan 3 tetes “Maxiplus” pada air minum kacer anda.

Dengan begitu, tenaga kacer akan semakin super power dan tidak ngebagong lagi saat main.

Pahami juga mengenai tipe kacer anda, apakah itu tipe panas atau tipe dingin. Nah setelah itu bisa sesuaikan dengan rawatan harian yang bagus.

Demikianlah beberapa cara mengatasi kacer mbagong yang dibagikan oleh Om Agus. Segera lakukan hal – hal di atas ketika melihat burung kacer menunjukan perilaku mbagong.

Semoga tips untuk mengatasi kacer kali ini bisa bermanfaat untuk rekan rekan yang membutuhkan. Jika ada masukan silahkan tambahkan di kolom komentar saja ya.

Categories Kacer
   

Leave a Comment