Langkah Tepat Mengatasi Kacer Mengembangkan Bulu

Mengatasi kacer mengembangkan bulu atau mbanggong sebenarnya sangat mudah. Sebab masalah ini adalah masalah paling umum dan paling sering terjadi pada hampir setiap burung kacer. Khususnya bila anda merawat burung kacer dan tinggal di daerah dingin.

Sebab di alam bebas, burung kacer lebih nyaman berada di tempat – tempat yang bersuhu hangat. Dan ketika musim dingin tiba, ia akan mengembangkan bulunya untuk mengunci udara hangat agar tetap berputar di sekeliling tubuh kacer. Tak heran bila kacer sangat senang ketika ia dijemur.

Namun bukan hanya karena udara dingin, ada pula beberapa penyebab kacer mbagong dan mengembangkan bulunya yang lain. Nah untuk lebih lengkapnya mari kita bahas penyebab dan cara mengatasi kacer mengembangkan bulu berikut ini.

 

Penyebab Kacer Sering Ngembangin Bulu

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penyebab utama kacer mengembangkan bulunya adalah karena suhu udara yang dingin. Tapi bila anda tinggal di daerah perkotaan yang panas dan kacer tetap mengembangkan bulu, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh faktor – faktor berikut ini.

 

Biasanya selain mengembangkan bulunya, suara kacer juga akan menjadi aneh dan ia menjadi hyperactive.

 

Cara Mengatasi Kacer Mengembangkan Bulu

Anda bisa langsung melakukan langkah untuk mengatasinya. Nah, berikut ini adalah hal yang perlu anda lakukan ketika kacer terlihat mengembangkan bulu.

 

1. Kurangi Pengembunan Dulu

Selama kacer masih mengembangkan bulunya, sebaiknya anda kurangi dulu proses pengembunan di waktu fajar. Sebab udara dingin dan embun yang akan menempel di tubuh kacer bisa membuatnya semakin dingin.

Biasanya hal seperti ini sering terjadi di musim hujan atau ketika banyak angin di waktu subuh.

 

2. Perbanyak Waktu Penjemuran

Sebagai gantinya, anda bisa memperlama proses penjemuran kacer. Sebab seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kacer sangat nyaman ketika terkena sinar matahari, khususnya di pagi hari.

Tapi jangan pernah menjemur kacer ketika sudah lewat dari jam 10 pagi. Sebab selain sinar mataharinya sudah tidak sehat, suhu dari sinar tersebut juga terlalu panas dan bisa membuat bulunya rusak bila terpapar dalam waktu yang lama.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

3. Mandikan Kacer Dengan Benar

Bila anda tidak menyediakan wadah air untuk kacer mandi sendiri, maka anda wajib memandikan kacer dengan benar dan rutin. Caranya adalah dengan mandi menggunakan keramba khusus untuk mandi. Kemudian langsung jemur kacer di pagi hari.

Jangan mandikan kacer ketika sudah sore atau lewat dari jam 12 siang. Sebab bila tidak langsung dijemur, air akan terperangkap di sela – sela bulu kacer dan membuat kacer tambah kedinginan.

 

4. Jangan Buru – Buru Bila Ingin Menyetting Kacer

Cara mengatasi kacer mengembangkan bulu yang berikutnya adalah dengan melakukan penyettingan secara perlahan. Jangan langsung kasih kacer EF dalam waktu yang bersamaan. Sebab birahinya akan naik secara tiba – tiba.

Ada baiknya penyettingan ini dilakukan secara perlahan. Misalnya di pagi hari anda beri 2 dulu, kemudian ditambah lagi ketika siang hari saat dijemur, dan sore hari setelah dilatih.

 

5. Pastikan Kacer Cocok dengan Voer harian

Dan yang terakhir, pastikan kacer anda suka atau cocok dengan voer yang diberikan. Pertanda jika kacer suka adalah tidak ada voer yang di acak-acak, maupun ia terlihat lahap memakan voer.

Normalnya, 1 cepuk voer kecil akan habis dalam waktu 2-3 hari. Jika lebih tapi belum habis juga, patut untuk dicurigai.

 

Seperti itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kacer mengembangkan bulu. Bila dalam seminggu masalah ini belum teratasi juga, anda bisa mencoba memberikan multivitamin seperti maxiplus agar tubub kacer sehat dan fit.

     

Leave a Comment