Kacer Cuma Ngeriwik? Begini Cara Mengatasinya Agar Cepat Ngeplong

Kacer yang terus – terusan ngeriwik meskipun sudah dilatih dengan berbagai cara terkadang membuat anda merasa kesal. Gak kesal gimana coba, udah nerapin berbagai perawatan, terapi-terapi, bahkan sudah memberikan banyak multivitamin tapi hasilnya zonk.

Kondisi kacer yang hanya bisa ngeriwik dan suaranya tidak plong juga bukan hanya disebabkan oleh satu hal. Ada banyak faktor lain baik dari luar maupun dari dalam tubuh burung yang membuat kicauannya tidak bisa panjang.

Oleh karena itu, anda harus menggunakan cara yang paling efektif untuk mengatasi kacer ngeriwik agar bisa ngeplong. Jangan menggunakan tips sembarang untuk mengatasi masalah ini, karena hanya akan membuang-buang waktu anda saja.

Terus seperti apa cara yang paling tepat dan terbukti mengatasi kacer cuma ngeriwik? Yok kita bahas tips jitu yang di bagikan oleh Mr. Agus Kacer Mania Indonesia (Sragen) yang tentunya sudah ahli dalam dunia kacer.

 

Penyebab Kacer Ngeriwik Tidak Ngeplong

Seperti yang sudah disebut tadi, ada banyak faktor dan penyebab kacer ngeriwik. Mulai dari faktor masalah dari dalam tubuhnya seperti ngeriwik setelah mabung, sakit, atau kutu ataupun faktor dari luar seperti sangkar tidak nyaman dan lain – lain.

Tapi untuk lebih lengkapnya, anda perlu tahu penyebab suara kacer tidak ngeplong dan putus – putus yang paling umum berikut ini.

  • Kurang birahi
  • Overbirahi
  • Kacer mau mabung
  • Kacer setelah mabung
  • Kurang nutrisi karena voer jelek
  • Jarang diberikan EF
  • Kurang multivitamin
  • Ada masalah pernafasan
  • Burung sedang serak
  • Jarang dilatih
  • Kacer sedang sakit
  • Masih giras dan takut dengan orang
  • Tidak ada mental petarung
  • Terganggu dengan hewan atau burung lain di sekitarnya
  • Drop mental
  • Burung kacer stress

 

Bisa jadi, penyebab kacer ngeriwik yang sedang anda alami ada di antara beberapa faktor umum diatas.

 

Cara Mengatasi Kacer Ngeriwik Agar Suaranya Ngeplong

Bila anda melihat tanda – tanda kacer mulai jarang bunyi atau suaranya mulai pelan, segera lakukan langkah – langkah untuk mengatasi kacer ngeriwik berikut ini.

 

1.  Lakukan Terapi Mandi Hujan Bila Kacer Overbirahi

Cara mengatasi kacer ngeriwik karena overbirahi yang paling efektif adalah dengan terapi mandi hujan. Tanda dari kacer overbirahi sendiri biasanya tidak bisa diam, mendadak jadi galak, mengembangkan bulu, kacer sering nyiblek, dan pastinya suaranya jadi tidak ngeplong.

Untuk melakukan terapi mandi hujan, anda bisa langsung menempatkan sangkar kacer di luar ketika sedang hujan gerimis atau sedang. Jangan lakukan terapi ini ketika hujan deras atau ketika kacer baru selesai mabung.

 

2. Perlama Penjemuran Bila Kacer Kurang Birahi

Bila kacer terlihat kurang birahi, maka langkah yang perlu anda lakukan adalah memperlama durasi penjemuran di pagi hingga siang hari. Umumnya kacer yang birahinya terlalu rendah akan sering melamun, tidak punya semangat tarung, tubuhnya seperti lemas, hingga kacer jadi macet bunyi.

Lakukan penjemuran pada burung kacer dari sekitar jam 7 pagi hingga jam 10 pagi. Jangan lupa berikan EF dahulu berupa jangkrik atau ulat hongkong.

Untuk menaikan birahinya dengan cepat, anda bisa memberikan EF tambahan berupa kelabang, atau ekor cicak setiap 2x dalam seminggu.

 

3. Lakukan Pengembunan Setiap Hari

Pengembunan ini dilakukan untuk menstabilkan birahi burung kacer agar tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Proses pengembunan ini dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terbit. Seperti dari jam 4.30 hingga jam 5.30 pagi.

Gantung saja sangkar kacer di pinggir pintu atau di dahan pohon sambil diawasi. Jangan lakukan pengembunan dengan menggantung sangkar di bawah genteng yang menutupi bagian atas sangar seluruhnya.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

4. Latih Dengan Burung Kacer Lain Yang Sudah Ngeplong

Cara mengatasi kacer ngeriwik yang berikutnya adalah dengan melatih burung bersama dengan burung kacer lain yang sudah ngeplong dan gacor. Hal ini dilakukan untuk melatih mentalnya agar makin terbentuk sebagai burung petarung.

Tetapi bila anda tidak punya teman atau burung kacer lain yang sudah ngeplong, anda bisa menggunakan cara alternatif dengan menggunakan rekaman audio saja dari smartphone.

 

5. Pancing Dengan Suara Kacer Betina

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kacer cuma ngeriwik ala om Agus adalah memancing dengan suara kacer betina. Kalo mendengar suara kacer betina, otomatis naluri memanggilnya akan muncul.

Sehingga, mau tidak mau ia pasti akan mengeluarkan suara ngepongnya yang keras untuk memancing perhatian sang betina. Anda bisa menggunakan cara ini ketika kacer sedang di jemur.

Silahkan download suara kacer betina

 

6. Rutin Beri EF dan Multivitamin

Dan yang terakhir, anda perlu rutin memberi vitamin tambahan serta EF untuk burung kacer. Selain membuat kicauannya makin ngeplong, cara ini juga bisa dilakukan untuk menjinakan burung agar tidak giras.

Usahakan berikan EF dengan cara disuapi baik menggunakan pinset atau dari tangan langsung. Hal ini agar kacer terbiasa dan familiar dengan interaksi manusia.

Rekomendasi vitamin terbaik untuk burung kacer adalah Maxiplus, dengan Maxiplus kacer akan semakin ngotot dan full power.

 

Itulah cara mengatasi kacer ngeriwik agar bisa kembali ngeplong. Terus lakukan cara – cara ini agar suaranya tidak kembali menurun ketika sudah normal dan gacor.

Kalo ada pertanyaan silahkan tanyakan saja ya! Terimakasih.

Leave a Comment