Kacer Sering Ngetem Saat Lomba? Begini Cara Ampuh Mengatasinya!

Bila anda ingin mendaftarkan kacer anda ke kontes atau lomba, sebaiknya pahami dulu cara mengatasi kacer sering ngetem. Sebab masalah ngetem pada burung kacer ini sering kali terjadi ketika lomba dan hasilnya bisa membuat para juri memberi nilai rendah.

Untuk anda yang belum tahu, ngetem ini adalah kondisi dimana burung kacer berhenti sejenak ketika tengah mengeluarkan isiannya. Jika hanya dilakukan di rumah saja, masalah ini mungkin tidak terlalu mengganggu kualitas kicauan kacer.

Tetapi bila terjadi ketika sedang lomba, kacer yang ngetem bisa dikurangi nilainya atau tidak mendapat nilai dari juri.

Oleh karena itu, sebaiknya ketahui cara mengatasi kacer sering ngetem ketika lomba sebagai langkah persiapan.

 

Penyebab Kacer Ngetem Saat Lomba

Pada kebanyakan kasus, kacer sering ngetem ketika lomba atau ketika sudah naik ke gantangan karena ada banyak distraksi di dalam sangkarnya. Misalnya karena masih ada tempat pakan dan minum di dalamnya. Sehingga ketika ia tidak merasa nyaman, kacer lebih memilih melakukan kegiatan lain seperti makan atau minum.

Tetapi tidak sedikit pula kasus dimana kacer sudah mulai ngetem sejak di bawa ke arena lomba. Bila hal ini yang anda alami, bisa jadi penyebab kacer ngetem adalah faktor – faktor di bawah ini.

  • Kaget dan belum beradaptasi dengan arena lomba
  • Overbirahi
  • Kurang Stamina
  • Obesitas atau terlalu gemuk
  • Baru pertama kali ikut loma
  • Kalah mental
  • Demam panggung
  • Kacer kepanasan

 

Faktor – faktor penyebab kacer sering ngetem ini juga saling mempengaruhi satu dan lainnya. Misalnya kacer yang terlalu gemuk akan lebih cepat lelah dan kekurangan stamina. Atau kacer akan kaget dan sulit beradaptasi dengan lapangan lomba karena baru pertama kali ikut kontes.

 

Cara Mengatasi Kacer Sering Ngetem Saat Lomba

Agar tidak mengecewakan ketika lomba, sebaiknya anda persiapkan dulu kacer anda baik – baik sebelum naik ke gantangan. Bagaimana caranya? Silahkan ikuti tips – tips mengatasi kacer sering ngetem yang sudah kami siapkan berikut ini.

 

1. Cari Pola Setelan Yang Paling Cocok

Tiap burung kacer punya pola rawatan dan setelan yang berbeda – beda. Hal ini biasanya hanya bisa diketahui oleh anda, orang yang merawat kacer setiap hari. Dan pola rawatan kacer milik orang lain belum tentu cocok dengan yang anda miliki.

Oleh karena itu, cari pola setelan yang paling cocok. Caranya adalah dengan bereksperimen sendiri. Misalnya hari ini memberi 5 ekor jangkrik, besok 7 ulat hongkong, dan besoknya lagi dikombinasikan keduanya. Porsi jemur berapa jam, mandi dulu apa jemur dulu, dan kacer suka embun atau tidak.

Terus lakukan eksperimen hingga anda temukan setelan harian yang paling cocok.

 

2. Jangan Buka Krodong Kacer Sejak H-1

Di hari – hari dekat perlombaan, kacer harus menjaga staminanya agar tetap penuh. Oleh karena itu, jangan buka krodong kacer ketika sudah mendekati hari H.

Usahakan juga untuk menaruh sangkar kacer di tempat yang tenang agar ia bisa beristirahat dan mengembalikan tenaganya dengan maksimal.

 

3. Beri Tambahan EF Ketika Sudah Mau Naik ke Gantangan

Nah, tips mengatasi kacer sering ngetem saat lomba yang berikutnya adalah dengan memberi tambahan EF ketika sudah dekat giliran tampil. EF ini fungsinya hanya sebagai persiapan saja agar birahinya tetap tinggi dan agar ia tidak terlalu lapar ketika naik di gantangan.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Tetapi hati – hati juga, jangan sampai kacer kekenyangan karena terlalu banyak EF, hal ini juga bisa membuat kacer jadi ngetem saat main.

 

4. Cabut Tempat Pakan dan Minum Saat Kacer akan Tampil

Tips yang terakhir, langsung cabut saja tempat pakan dan minum kacer ketika sudah dekat waktu tampil. Jangan dikosongkan dan membiarkan wadahnya tetap di sangkar.

Sebab seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, nantinya kacer malah akan sibuk mencari pakan di wadahnya daripada mengeluarkan isiannya.

 

5. Berikan Ekor Cicak Pada H-1

Banyak yang belum tahu kalo ekor cicak sangat bermanfaat untuk kacer, terutama untuk kacer lapangan. Salah satu manfaat luar biasa dari ekor cicak adalah bisa membuat kacer tampil ngotot tanpa jeda saat lomba.

Tapi agak susah mendapatkan ekor cicak, karena ya tahu sendiri nyari cicak itu gak gampang.

Caranya adalah berikan 1 buah ekor cicak pada H-1 kacer mau main. Berikan di sore hari ya dan rasakan efeknya keesokan harinya.

 

6. Berikan Multivitamin Tambahan

Selain dengan beberapa setingan diatas, kacer juga membutuhkan suplemen tambahan untuk menunjang powernya di arena lomba.

Anda bisa bisa memberikan vitamin khusus lomba yang dijual di kios-kios burung terdekat. Atau kalo mau lebih bagus dan sudah benar-benar terbukti khasiatnya berikan saja vitamin Maxiplus.

 

Seperti itulah beberapa cara mengatasi kacer sering ngetem yang sudah kami siapkan. Bila kacer anda juga sering ngetem namun karena kurang pengalaman, maka satu – satunya cara adalah dengan rutin mengikuti lomba lokal agar mental burung terlatih.

     

Leave a Comment