Kacer Nyiblek? Begini Cara Mudah Mengatasinya (Cukup 1 Minggu)

Nyiblek sebenarnya adalah sifat alami dari kacer, alias dialam liarnya juga begitu. Pasti anda sudah tahu istilah kacer nyiblek kan? Perilaku ini menandakan burung kacer tidak dalam kondisi prima.

Kasus nyiblek juga hal yang paling di keluhkan para Kacer Mania, entah itu nyiblek waktu dirumah maupun nyiblek saat digantangan.

Apakah kacer nyiblek bisa diatasi? Dan apakah bisa membuat kacer nyiblek kembali ngotot buka ekor saat main? Tentu bisa dong.

Mari kita kupas sampai tuntas mengenai cara mengatasi kacer nyiblek, cekidot.

Penyebab Umum Kacer Nyiblek

Sebelum masuk dalam penanganannya, sebaiknya anda pahami dulu apa saja yang menyebabkan timbul perilaku nyiblek pada burung kacer. Oke, simak dibawah ini ya.

1. Burung Kacer Over Jinak

Untuk kacer yang terlalu jinak, mungkin hal ini biasa terjadi ketika didekati oleh manusia. Seringkali kacer nyiblek dengan nada ngeriwik sambil ngejar-ngejar.

Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah jika ia tampil maksimal ketika ketemu lawan. Bahkan salah satu kacer saya juga begini, kalo ketemu orang langsung nyiblek, tapi kalo ketemu lawan sikat semua dah lawan-lawannya.

2. Kacer Kurang Power alias Drop Fisik

Penyebab kacer nyiblek selanjutnya adalah kondisi kesehatan fisik yang kurang bagus. Bagi KM, hal ini biasa dikenal dengan istilah drop fisik. Sehingga kacer menjadi loyo dan tidak punya tenaga.

Ada banyak sekali penyebab kacer menjadi drop fisik, diantaranya adalah

  • Kelelahan karena terlalu sering diumbar
  • Porsi jemur yang berlebihan
  • Terlalu sering di ablak
  • Terlalu sering di adu atau bertemu dengan lawan.

Hal-hal diatas adalah pemicu utama kacer menjadi kelelahan sehingga timbul perilaku nyiblek.

3. Kondisi Birahi Kacer Tinggi

Sebenarnya kacer birahi tinggi itu bagus, tapi harus seimbang antara birahi, emosi dan tenaganya. Jika salah satu ini tidak terpenuhi, pasti ada aja kendala yang akan terjadi. Entah itu nyiblek, ngebagong, ngetem, dan lain sebagainya.

Tingginya birahi bisa dipengaruhi oleh perawatan harian, pola makan, dan kondisi lingkungan sekitarnya. Coba anda ingat-ingat dulu gimana rawatan harian dan setingan EF hari-hari sebelumnya.

Apakah memberi EF yang mendongkrak birahi secara berlebihan seperti over kroto, atau kurang memberi EF yang meningkatkan tenaga seperti jangkrik.

Tips Mengatasi Kacer Nyiblek

1. Kurangi Porsi Mandi Kacer

Mandi untuk mengatasi kacer nyiblek
Kurangi porsi mandi untuk sementara

Hal yang pertama untuk mengatasi kacer nyiblek adalah mengurangi porsi mandi harianya. Kalo sudah terbiasa mandi setiap hari, mulai besok mandikan kacer maksimal 2x dalam seminggu hingga kondisinya sudah pulih.

Mandi sangat bermanfaat utuk menyetabilkan birahi kacer, tapi jika terlalu sering dimandikan tapi tidak diimbangi dengan pemberian EF yang bagus, alhasil performa kacer justru akan semakin turun.

2. Tambah Pemberian Jangkrik Harian

Setelah mendapati kacer nyiblek, segera dongkrak kondisi fisiknya secara alami terlebih dahulu, yaitu menggunakan jangkrik. Saran saya berikan jangkrik alam setiap hari sebanyak 2x lipat dari porsi biasanya.

Kalo biasanya anda memberikan JK 4 pagi dan 4 sore, mulai besok berikan 8 pagi dan 8 sore. Atau boleh juga diberikan jangkrik 4 pagi, 4 siang, dan 4 sore.

Kenapa harus jangkrik alam? Karena jangkrik alam sangat bagus untuk menyuplai tenaga burung, terutama bagi kacer.

3. Berikan Ulat Hongkong 2x Seminggu

Sudah tidak asing lagi kalo ulat hongkong terbukti sangat ampuh untuk menaikan emosi burung. Salah satu penyebab kacer nyiblek adalah kurangnya kondisi emosi, sehingga anda perlu memberikan makanan ini.

Berikan saja UH 2x dalam seminggu, misal beri di hari senin dan jumat, setiap pemberian cukup 5 ekor saja. Akan lebih bagus lagi kalo ada UH yang sedang ganti kulit (warnanya putih).

4. Kurangi atau Tambah Porsi Jemur

Menurut om didik, ada 2 karakter kacer nyiblek, yang pertama karena kelelahan akibat dijemur terlalu lama.

Yang kedua, kurang fighter karena kurang jemur.

Jika kemaren-kemaren anda merasa menjemur kacer terlalu lama hingga ngos-ngosan, bisa jadi ia kelelahan akibat over jemur. Jika seperti ini kurangi dulu porsi jemur hariannya.

Tapi jika kacer anda dijemur sebentar sudah mangap (tidak ngos-ngosan) tapi langsung anda teduhkan, bisa jadi kacer tersebut menjadi kurang fighter.

Kalo cuma mangap aja, jangan keburu di ademin, hajar sampai dia merasa ingin kabur dari sangkar hingga ngos-ngosan.

5. Lakukan Terapi Embun Pagi

Sudah bukan hal yang asing lagi kalo pengembunan sangat bagus untuk burung, terutama bagi kacer lomba. Embun pagi bermanfaat untuk kesehatan nafas dan kesehatan tubuh burung.

Selain itu, birahi kacer akan mudah stabil jika rajin diembunkan setiap hari. Oleh karena itu, embunkan kacer nyiblek anda setiap hari. Lakukan pengembunan sekitar jam 5 hingga jam 6 pagi.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Jadi mulai sekarang anda harus rajin bangun pagi untuk melakukan terapi embun hehe.

6. Berikan Vitamin Pendongkrak Tenaga

Selain dengan pakan harian, berikan juga suplemen khusus untuk meningkatkan tenaga burung. Sangat banyak vitamin di kios-kios burung yang bagus untuk mendongkrak stamina burung lomba.

Ada rekomendasi nih, bagi rekan-rekan yang mencari vitamin pendongkrak tenaga terbaik, saya biasa menggunakan maxiplus. Hasilnya juga bagus, buat harian maupun buat lomba.

Ini hanya untuk mempercepat prosesnya saja, alias tidak diberikan vitamin juga tidak masalah, asal anda bisa sabar dan telaten hehe.

Untuk perawatan harian kacer nyiblek silahkan terapkan seperti yang saya jelaskan diatas ya. Insyaallah cukup seminggu saja untuk mengembalikan performa burung kacer.

Masalah Umum Kacer Nyiblek Dirumah dan Di Lapangan

Sebagai tambahan, saya akan memberikan pengalaman kacer nyiblek yang disertai dengan perilaku lain, ini biasanya sering terjadi saat dirumah maupun di lapangan. Simak baik-baik

1. Kacer nyiblek sambil ngeriwik

Solusinya : lakukan terapi kacer nyiblek diatas dan tambah pemberian jangkriknya. Sementara kurangi kroto dan kurangi porsi mandi.

2. Kacer nyiblek di lanjut berkicau monoton

Solusi : Tambah porsi jemur dan berikan ulat hongkong pada H-2 lomba dan hari H lomba.

3. Kacer nyiblek di lanjut mbagong

Solusi : terapkan perawatan kacer nyiblek diatas, porsi jangkrik diberi lebih banyak dan berikan vitamin pendongkrak tenaga.

Setingan Kacer Main Ngotot Buka Ekor

Membuat kacer tampil maksimal itu sebenarnya sangat mudah, kita hanya membutuhkan 2 kunci utama, yaitu mengenali karakter kacer dan yang kedua adalah kesabaran.

Indahnya nyeting kacer ya begini, teka-teki yang harus kita selesaikan sendiri. Karena karakter kacer hanya sang pemilik yang tau.

Secara teori, ada 2 jenis setingan yang bisa anda terapkan sesuai tipe kacer. Silahkan baca :

1. 7 Perawatan Harian Kacer tipe Dingin agar bisa Juara
2. 10 Tips Jitu Perawatan Kacer tipe panas untuk Lomba

Ituah pembahasan lengkap saya pada postingan kali ini mengenai kacer nyiblek, baik dirumah maupun dilapangan. Semoga rekan-rekan KM bisa mendapatkan solusi yang tepat setelah membaca artikel ini.

Jika masih ada yang bingung atau pengen bertanya, silahkan tanyakan saja pada kolom komentar dibawah ini ya. Jangan lupa berbagi, karena berbagi itu indah! Salam KMI

1 thought on “Kacer Nyiblek? Begini Cara Mudah Mengatasinya (Cukup 1 Minggu)”

  1. Maaf om mau bertanya
    Kacer saya nyiblek sering ngeriwik dan moonton. Jangkrik 10 P/S UH 4. KROTO tiap hari setengah sendok makan mandi tiap hari pagi dan sore.
    Solusi penanganan tuk kedepan nya biar ngplong dan ngotot bagaimana ya om.
    Maaf om baru pemula.

    Reply

Leave a Comment