Cara Efektif Mengatasi Kacer Serak Dengan Cepat Ala Pamankicau

Memahami cara mengatasi kacer serak bisa membantu anda dalam menjaga kualitas suara burung kacer agar tetap maksimal. Apalagi mendekati musim lomba, tentunya anda ingin burung kacer selalu dalam kondisi yang fit agar bisa menampilkan performa kicauan terbaik.

Serak pada kacer sebenarnya masalah yang umum dan banyak terjadi. Bahkan semua jenis burung kicaupun sering mengalami gangguan suara dan pernapasan yang membuat kicauannya terdengar seperti lebih kasar. Selain itu ada banyak pula cara mengobati serak dengan cepat pada burung kacer.

Jadi anda tidak perlu panik ketika burung kacer anda serak. Baca dan terapkan saja langkah – langkah yang akan kami bagikan ini agar suara burung bisa cepat normal kembali.

 

Penyebab Suara Kacer Serak

Layaknya pada manusia, penyebab kacer serak umumnya karena ada masalah pada pernapasan burung. Umumnya ada lendir pada tenggorokan burung kacer yang dipicu karena faktor – faktor berikut ini.

  • Udara berpolusi
  • Lingkungan di sekitar sangkar tidak punya sirkulasi udara yang baik
  • Terlalu sering dimandikan sampai basah kuyup
  • Dimandikan saat sedang sakit atau mabung
  • Kehujanan dengan durasi lama
  • Membawa burung di malam hari
  • Setelah perjalanan jauh
  • Terlalu lama dijemur
  • Tinggal di dekat kawasan pabrik
  • Overtrain atau terlalu dipaksakan ketika dilatih kicauannya
  • Terserang bakteri
  • Terdapat parasit pada pernafasan kacer
  • Tenggorokan kacer terluka

 

Selain itu, penyebab kacer serak juga bisa diawali karena salah memberi pakan. Misalnya memberi EF berupa kroto yang sudah jamuran, jangkrik mati yang mulai membusuk, atau memberi pakan utama seperti voer yang sudah pucat dan mulai berjamur.

 

Cara Mengatasi Kacer Serak Agar Kembali Ngeplong

Setelah tahu apa saja penyebab kacer serak, kini waktunya untuk mengetahui cara mengatasi kacer serak agar suaranya kembali ngeplong.

 

1. Terapi Embun Pagi

Terapi pertama untuk mengobati kacer serak yang bisa anda lakukan dirumah adalah dengan embun pagi. Sudah bukan rahasia lagi kalo embun pagi sangat bagus untuk pernafasan, baik untuk manusia maupun untuk burung.

Embunkanlah kacer anda yang serak setiap hari untuk mempercepat pemulihannya. Pengembunan terbaik adalah pada saat subuh hari atau sekitar jam 4.30 WIB.

 

2. Terapi Daun Sirih

Cara mengobati sakit tenggorokan pada kacer yang pertama adalah dengan melakukan terapi daun sirih. Caranya, rebus 3 helai daun sirih dalam 1 liter air, kemudian diamkan dan buang ampasnya. Taruh air daun sirih ini ke semprotan untuk kacer mandi, kemudian semprotkan secara perlahan.

Lakukan terapi daun sirih ini tiap kali burung kacer mau mandi. Cirinya adalah burung seperti berusaha masuk ke wadah tempat minumnya.

 

3. Berikan Madu

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi kacer pilek maupun serak adalah dengan memberikan madu secara berkala. Layaknya pada manusia, madu untuk burung kicau, khususnya burung kacer, juga sangat bermanfaat.

Cara pemberiannya bisa langsung menggunakan sendok plastik atau dengan buah. Tapi, jangan biarkan madu ini terlalu lama di sangkar karena bisa mengundang semut dan serangga kecil lainnya.

Atau lebih mudahnya, campurkan saja 3 tetes madu ke dalam air minumnya. Lakukan setiap hari dan jangan lupa untuk mengganti air madu baru 2x dalam sehari. Kalo penasaran tentang madu untuk burung, silahkan baca Ragam Manfaat Madu Untuk Burung yang Ternyata Luarbiasa

 

4. Ganti Air Minum Dengan Larutan

Jika anda tidak punya madu asli dirumah, berhubung sangat susah mendapatkan maupun harganya yang mahal. Bisa juga untuk mengganti air minum hariannya dengan air Larutan.

Selain untuk mengobati masalah tenggorokan manusia, larutan juga sangat bagus untuk diberikan pada burung kacer.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Cara memberikannya juga mudah kok, tinggal tuangkan saja air larutan pada cepuk minum. Yang terpentinh ganti air tersebut dalam waktu 12 jam setiap harinya (setiap pagi dan sore diganti dengan larutan baru).

 

5. Jangan Dijemur dan Dimandikan Selama Masih Serak

Berhenti menjemur juga bisa menjadi cara menghilangkan lendir pada burung kacer agar kondisinya tidak makin menurun. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terlalu lama dijemur juga bisa menjadi penyebab kacer serak.

Selain itu, jangan mandikan kacer kecuali dengan cara terapi daun sirih seperti yang dijelaskan tadi. Anda juga hanya boleh memandikan kacer ketika ia mau saja.

 

6. Berikan Obat Silamex

Silamex merupakan salah satu contoh obat untuk kacer serak yang paling mudah ditemukan. Anda bisa mencari obat ini di kios toko burung atau di pasar burung terdekat.

Cara pemakaiannya adalah dengan meneteskan 1 sampai 3 kali Silamex ke dalam air minum burung kacer anda. Tetapi karena Silamex ini adalah obat kimia, anda perlu membaca cara pemakaiannya dengan teliti di kemasan obat. Sebab pemakaiannya bisa berbeda sesuai tingkat keparahan kacer.

 

7. Pastikan Pakan dan Minuman Bersih

Cara mengatasi kacer serak yang berikutnya adalah dengan memastikan semua pakan dan minuman baik EF, voer, buah, ataupun minuman kacer dalam keadaan bersih. Pastikan tidak ada kotoran dan hewan – hewan kecil di sekitar pakan dan minuman burung.

Jangan lupa, rutin bersihkan kotoran pada sangkar burung. Sebab sangkar yang kotor juga bisa memicu penyakit pernapasan pada burung kacer.

 

Perawatan Harian Kacer Serak

Bukan hanya dengan terapi saja, kacer serak juga harus mendapatkan perawatan khusus agar bisa cepat pulih. Saya bilang khusus karena memang agak berbeda dengan merawat kacer seperti biasanya. Baiklah silahkan terapkan rawatan harian kacer serak di bawah ini.

  • Keluarkan kacer di pagi hari untuk melakukan terapi embun pagi.
  • Berikan air putih hangat
  • Setelah diembunkan, berikan EF berupa jangkrik, kroto, maupun cacing.
  • Selanjutnya, bersihkan kandang kacer dari kotoran-kotoran yang ada.
  • Ganti air minum dengan air khusus terapi seperti diatas, baik larutan maupun air madu.
  • Sementara ini, hentikan dulu pemandian dan penjemuran hingga kondisinya membaik.
  • Kalo kondisinya mulai membaik, anda bisa memandikannya dengan air daun sirih seperti diatas.
  • Angin-anginkan kacer ditempat yang sejuk

 

Demikianlah cara mengatasi kacer serak agar suaranya kembali ngeplong. Segera terapkan langkah – langkah di atas dan lakukan dengan konsisten agar kacer bisa cepat sembuh.

     

Leave a Comment